Inallilahi, Sastrawan & Budayawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Inallilahi, Sastrawan & Budayawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Inallilahi, Sastrawan & Budayawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Ajip Rosidi (Foto: Instagram)


Kabar duka datang dari Sastrawan sekaligus budayawan, Ajip Rosidi. Ajip meninggal dunia pada, Rabu 29 Juli 2020 malam dalam usia 82 tahun.

Kabar duka ini diketahui lewat unggahan Butet Kertaradjasa yang mengenang sosok Ajip Rosidi sebagai orang yang berjasa di hidupnya

"Mengenang pak Ajip Rosidi yang malam ini meninggalkan kita, saya share dongeng beliau yang jenaka. Selamat jalan pak Ajip. Terima kasih telah menyebabkan saya mencintai seni sastra, melalui bacaan buku-buku terbitan Pustaka Jaya tahun 1970an," tulis Butet Kertaradjasa di akun Facebooknya, Kamis 30 Juli 2020.

Sekadar diketahui, Ajip Rosidi meninggal sekira pukul 22.30 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

Ajip menghembuskan nafas terakhirnya dalam perawatan pascaoperasi setelah terjatuh di rumah dan mengalami pendarahan otak.

Selama hidup, Ajip Rosidi sempat menjabat sebagai Ketua Dewan Kesenian Jakarta tahun 1972-1981. Ia adalah salah satu tokoh yang mengawal berdirinya Taman Ismail Marzuki.

Ia juga mendedikasikan hidupnya terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda dan telah menghasilkan banyak karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan.




Ajip RosidiButet Kertaradjasa

Share to: