5 Cara Mudah Bedakan Helm Palsu Vs Helm Original, Biar Kamu Gak Salah Pilih

5 Cara Mudah Bedakan Helm Palsu Vs Helm Original, Biar Kamu Gak Salah Pilih

5 Cara Mudah Bedakan Helm Palsu Vs Helm Original, Biar Kamu Gak Salah Pilih

Helm (Foto: dok. Istimewa


Banyak sekali helm palsu yang beredar di Indonesia. Hal ini dikarenakan harga helm asli yang mahal. Nah, berikut ini akan dibahas mengenai cara untuk membedakan mana helm asli dan mana yang palsu, agar kamu tidak salah pilih gaes. 

Tidak hanya di Indonesia, diluar pun juga banyak orang yang menjual helm palsu. Selain harga lebih murah, alasan karena 'yang penting ada' menjadi alasan utama kenapa orang-orang mau membeli yang palsu. 

Padahal helm yang palsu tersebut belum tentu dapat melindungi kepala kita. Hal ini dikarenakan bahan yang dimiliki tidak sesuai standar keamanan. 

Nah, langsung saja gaes, berikut cara agar kamu tidak salah beli helm.

1. Bahan dari helm

Nah, kalau helm palsu biasanya terbuat dari plastik yang mudah pecah jika terjatuh. Namun kalau helm asli akan dibuat dari plastik yang kuat. Cara mengetahuinya adalah kamu ketuk helm tersebut, jika bunyinya nyaring maka dipastikan helm tersebut palsu. Cek juga ketebalannya karena yang asli tidak terlalu tipis maupun tidak terlalu tebal.

2. Bagian Panel Kaca Atau Visor

Tak hanya dari bahan, kamu juga bisa lihat dari kaca helm tersebut. Kaca helm asli akan menggunakana visor yang terbuat dari bahan polycarbonat dimana bahan ini anti pecah gaes, sedangkan yang asli terbuat dari akrilik yang rentan pecah. 

3. Busa dari helm

Kalau yang satu ini sudah jelas, busa dari helm mahal akan membuat kamu nyaman untuk dipakai. Sedangkan jika kamu menggunakan busa dari helm palsu akan longgar dan tidak pas. Bahkan sangat keras dan tidak empuk. 

4. Nomor Seri

Pabrik pembuatan helm pada umumnya melabeli produknya dengan nomor seri. Nomor serinya pun pasti berbeda-beda. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi pembelinya untuk dapat membedakan mana helm yang asli dan mana helm yang palsu Jika kamu menemukan nomor seri yang sama pada beberapa helm di toko tempat sobat bikers membeli, maka bisa dipastikan helm tersebut palsu alias KW.

5. Logo Standar Keselamatan

Di Indonesia telah berlaku standar keamanan helm yang disebut SNI (Standar Nasional Indonesia) yang mengacu kepada ketentuan Economic Community of Europe (ECE). Logo tersebut biasanya terdapat di bagian belakang helm. Tiap negara mempunyai logo standar keselamatan yang berbeda-beda. 




helm palsu vs aslihelm kw dan originalbeda helm kw dan originalhelm asli

Share to: