Ternyata Ini Obat Mujarab COVID19 Ala Hadi Pranoto, Ramuan Berwarna Coklat Dalam Bentuk Toples Kecil

Ternyata Ini Obat Mujarab COVID19 Ala Hadi Pranoto, Ramuan Berwarna Coklat Dalam Bentuk Toples Kecil

Ternyata Ini Obat Mujarab COVID19 Ala Hadi Pranoto, Ramuan Berwarna Coklat Dalam Bentuk Toples Kecil

Obat Mujarab Covid-19 (Foto: dok. Istimewa)


Kali ini Hadi Pranoto memperkenal kan obat mujarab Covid-19 gaes. Terlihat ramuannya tersebut ditaruh di dalam botol kecil dan berwarna coklat.

Seperti yang kita ketahui jika Hadi Pranoto mengklaim punya obat Corona. Hadi Pranoto sudah menunjukkan 'obat Corona' di Bogor.

BACA JUGA: Fakta Dibalik Dihapusnya Video Anji - Hadi Pranoto oleh YouTube, Heboh Sebut Obat COVID19

Hadi mengatakan jika dalam botol kecil tersebut terdapat antibodi pencegah COVID-19. Botol kecil tersebut berisikan cairan ramuan herbal.

Lalu bagaimana ramuan tersebut bisa beredar? Yuk kita simak dibawah ini kisah dari obat mujarab Covid-19

Sudah ada BPOM 

Obat Mujarab dari Hadi memang sudah menyebar di mana-mana. Bahkan sudah ada nomor BPOM nya juga gaes. Ramuan herbal ini diketahui telah didaftarkan ke Balai POM RI serta sudah mendapat Surat Izin Edar Nomor POM TR203636031 tanggal 14 April 2020. Nama produk Bio Nuswa didaftarkan PT Saraka Mandiri Semesta dari Kabupaten Bogor. Namun tidak ada keterangan bahwa obat ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan gejala virus corona.

BACA JUGA: Cerita Dokter Selalu Pakai APD Namun Tertular Corona, Gak Bisa Cium Bau sampai Bercak Paru-paru

Produk tersebut masuk kategori Bio Nuswa

Nah, Kemenristek menyebut obat itu sebagai Bio Nuswa. Hal ini terlihat juga dari nomor BPOM yang dipasang di e-commerce merujuk ke Bio Nuswa dalam situs Cek Produk BPOM.

"Kemenristek/BRIN melalui Konsorsium Riset dan Inovasi Untuk Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) dalam hal ini tidak pernah memberikan dukungan uji klinis obat herbal produksi Bio Nuswa yang diakui oleh Hadi Pranoto telah diberikan kepada pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet," kata Kemenristek dalam pernyataan resminya.

Klarifikasi Hadi

Ketika diminta untuk klarifikasi, Hadi membenarkan kalau produknya adalah Bio Nuswa dan diperkenalkan pertama kali oleh Laskma TNI Dr Suradi AS. 

"Iya memang satu tim. Saya kepala risetnya, Pak Suradi salah satu timnya. Risetnya sudah lama, bukan cuma satu item saja. Kalau didaftarkannya baru 2020," kata Hadi. 

Klarifikasi TNI AL

Terkait hal ini, sebelumnya pihak TNI AL pun enggan dikaitkan dengan Laksma Suradi terkait ramuan anti Corona ini. Menurut mereka itu adalah urusan pribadi yang bersangkutan.

"Dalam hal ini bahwa berita tersebut tidak dirilis resmi oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), melainkan murni atas nama pribadi. Dengan demikian apa yang disampaikan oleh yang bersangkutan dalam pemberitaan tersebut, sama sekali tidak ada hubungannya dengan kedinasan TNI AL dan tidak berkaitan dengan Dinas Kesehatan TNI AL," jelas Kadispenal Laksma Mohamad Zaenal. 

BACA JUGA: Cerita Azka Corbuzier Pernah Pacaran 7 Tahun, Kasih Bunga ke Cewek Malah Lari




obat mujarab covid-19hadi penemu obat covid-19BPOM obat covid-19 hadi

Share to: