Biografi Gombloh Semasa Hidup, Pencipta Lagu Kebyar - Kebyar yang Selalu Diputar Kemerdekaan

Biografi Gombloh Semasa Hidup, Pencipta Lagu Kebyar - Kebyar yang Selalu Diputar Kemerdekaan

Biografi Gombloh Semasa Hidup, Pencipta Lagu Kebyar - Kebyar yang Selalu Diputar Kemerdekaan

Biografi Gombloh Semasa Hidup (Foto: Istimewa)


Gombloh adalah seorang musisi lagendaris Indonesia, yang selama hidupnya menghabiskan waktu sebagai seniman. Ia juga merupakan pencipta lagu Kebyar-kebyar, yang hingga kini lagunya selalu diputar setiap memperingati hari kemerdekaan.

Gombloh memiliki nama asli Soedjarwoto yang lahir di Jombang pada 12 Juli 1948 dari pasangan Slamet dan Patukha. Ia meninggal pada 9 Januari 1988 di Surabaya karena penyakit paru-paru yang dideritanya.

BACA JUGA: Daftar Lagu Cover Shanna Shannon Bertema Kemerdekaan Indonesia, Bikin Terenyuh di 17 Agustus!

Ia dijuluki 'Gombloh' karena 'Nggomblohi' atau berpura-pura bodoh, namun membawa hoki dalam karier bermusiknya. 

Gombloh pernah bersekolah di SMA Negeri 5 Surabaya dan sempat berkuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, (ITS) Surabaya mengambil Jurusan Arsitektur. Naun sayang ia tak menyelesaikan kuliahnya dan memilih menjadi musisi.

Karena sejak awal tak berniat berkulih di ITS, Gombloh pun sering membolos hingga akhinya sang ayah mendapat surat dari ITS dan mengetahui kelakuan anaknya.

Gombloh pun melarikan diri ke Bali demi mencegah perdebatan dengan sang ayah dan menekuni jiwa seninya hingga berhasil membentuk band bernama 'Lemon Tree's anno '69' yang membuatnya sangat populer.

Selama hidupnya Gombloh dipandang sebagai sosok yang memiliki jiwa kemanusiaan, dan nasionalis oleh para mahasiswa alumnus ITS Surabaya hingga kini.

BACA JUGA: Kisah Konflik Soekarno-Hatta Mengejar Kemerdekaan, Musuh Politik Dibalik Bubarnya Dwitunggal

Bahkan para seniman Surabaya pun membentuk Solidaritas Seniman Surabaya membuat patung Gombloh pada 1996 yang di tempatkan di halaman Taman Hiburan Rakyat Surabaya yang merupakan pusat kesenian di kota itu. Hal ini dilakukan karena Gombloh dianggap sebagai pahlawan seniman kota itu.




Biografi Gombloh Semasa HidupBiografi Gombloh Pencipta Lagu Kebyar - KebyarLagu Kebyar - Kebyar yang Selalu Diputar KemerdekaanBiodata Gombloh

Share to: