Foto Lengkap Uang Baru Rp 75.000, Hoaks atau Fakta? Cek Disini Gaes

Foto Lengkap Uang Baru Rp 75.000, Hoaks atau Fakta? Cek Disini Gaes

Foto Lengkap Uang Baru Rp 75.000, Hoaks atau Fakta? Cek Disini Gaes

Uang baru pecahan 75 ribu (Foto; Twitter)


Baru-baru ini dunia Twitter dihebohkan dengan cuitan yang menampilkan foto lengkap uang baru senilai RP 75.000. Cuitan itu diunggah oleh pemilik akun bernama @anak_ayam6, lantas kabar tersebut hoaks atau fakta gaes?

BACA JUGA: Jarang Tahu, 7 Artis Ini Keturunan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia, Salah Satunya Dian Sastro

Dalam cuitannya,  @anak_ayam6 mengatakan bahwa BI bakal mengeluarkan pecahan uang kertas senilai Rp 75.000. Ia juga mengungkap kekagumannya pada uang baru yang diluncurkan Bank Indonesia ini.

"Jadi ini uang baru yg mau diluncurkan BI. Pecahan 75 ribu. Cantik ya guise," ujar @anak_ayam6 pada Minggu, 16 Agustus 2020.

Foto uang baru ini juga diunggah oleh akun Twitter @debrisimule. Cuitan itu pun kini sudah diretweet oleh lebih dari 1,2 ribu dan dikomentari oleh 347 orang.

Pada bagian muka uang baru tersebut, nampak gambar utama Pahlawan Nasional DR. (H.C) Ir. Soekarno - DR. (H.C) Drs. Mohammad Hatta. Terdapat gambar bunga anggrek bulan yang didalamnya berisi logo Bank Indonesia yang akan berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

BACA  JUGA: 5 Potret Indah Pasar Jatinegara yang Nampak Seperti Karnaval 17-an Menjelang HUT RI ke 75

Melihat hal itu, banyak netizen yang mengungkap kekagumannya pada tampilan uang baru yang sangat eyecathcy ini. Gak sedikit juga netizen yang menanyakan kebenaran kabar soal uang baru ini.

"iyaaa, itu lucu bgttt," ucap @ailofyu.

"itu launchingnya besok?? lucu bngettt... gemess..." ujar @avocapoop.

Eits, sayangnya uang ini hanyalah uang rupiah khusus yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI). Jadi, uang ini merupakan uang yang dikeluarkan BI dalam rangka memperingari peristiwa atau tujuan tertentu. Biasanya, uang seperti ini disebut dengan Commemorative Money.

Nah, uang pecahan Rp75.000 ini dibuat untuk memperingati HUT Ri ke 75. Uang ini juga bakal diluncurkan tepat di HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun dan hanya dicetak sebanyak 75 juta lembah oleh pihak Bank Indonesia.

Uang rupiah khusus itu juga punya nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya. Sebagai informasi aja nih gaes, uang  ini memang alat pembayaran yang sah, namun gak bisa digunakan sebagai alat tukar. 

Uang rupiah edisi khsusus juga merupakan sarana perkembangan numismatika atau koleksi uang di Indonesia lho gaes. Karena keunikannya, uang seperti ini kadang dijadikan sebagai cendramata berharga. 

BACA JUGA: Arti Makna Logo HUT RI ke-75 '17 Agustus 2020', Lengkap Link Download Nih




Potret uang baru 75 ribuUang baru di HUT RI ke-75Uang kertas baruMakna uang baru 75 ribuuang kertas baru 75 ribu

Share to: