Jarang Tahu, 7 Artis Ini Keturunan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia, Salah Satunya Dian Sastro

Jarang Tahu, 7 Artis Ini Keturunan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia, Salah Satunya Dian Sastro

Jarang Tahu, 7 Artis Ini Keturunan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia, Salah Satunya Dian Sastro

(Foto: dok. Instagram)


Menjelang ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, tahukah kamu kalau beberapa selebriti Tanah Air ini ternyata keturunan seorang Pahlawan. Salah satunya, ada Dian Sastro, lho.

Memang menjadi hal yang jarang di sorot, ternyata mereka ini mewarisi darah para pahlawan yang berhasil memerdekakan Indonesia.

Penasaran siapa aja? Yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Maia Estianty

Jarang diketahui, ternyata musisi Maia Estianty adalah cicit dari HOS Cokroaminoto.

Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto lebih dikenal dengan nama H.O.S Cokroaminoto, merupakan salah satu pemimpin organisasi pertama di Indonesia, yaitu Sarekat Islam (SI) gaes.

Salah satu trilogi darinya yang termasyhur adalah Setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat. Ini menggambarkan suasana perjuangan Indonesia pada masanya yang memerlukan tiga kemampuan pada seorang pejuang kemerdekaan. 

2. Dian Sastrowardoyo

Siapa sangka, aktris cantik nan berbakat Dian Sastro adalah cucu dari pahlawan nasional, Prof Sunario Sastrowardoyo.

Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo adalah salah satu tokoh Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan Indonesia dan pernah menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda. 

Sunario adalah salah satu tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional Manifesto 1925 dan Konggres Pemuda II.

3. Asri Welas

Asri Welas juga merupakan keturunan seorang pahlawan. Dia adalah keturunan ke-7 dari Pangeran Diponegoro.

Baca Juga: Daftar Lagu Cover Shanna Shannon Bertema Kemerdekaan Indonesia, Bikin Terenyuh di 17 Agustus!

Bendara Pangeran Harya Dipanegara atau biasa dikenal dengan nama Pangeran Diponegoro adalah salah seorang pahlawan nasional Republik Indonesia, yang memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa selama periode tahun 1825 hingga 1830 melawan pemerintah Hindia Belanda.

Sejarah mencatat, Perang Diponegoro atau Perang Jawa dikenal sebagai perang yang menelan korban terbanyak dalam sejarah Indonesia, yakni 8.000 korban serdadu Hindia Belanda, 7.000 pribumi, dan 200 ribu orang Jawa serta kerugian materi 25 juta Gulden.

4. Celine Evangelista

Cantik dan berbakat, tenryata Celine Evangelista adalah cicit dari  H.Fadeli Luran.

Fadeli Luran bersama Raden Achmad, Sutan Baginda Husin dan Muhammad Noor mendirikan Menuju Kemajuan Rakyat Indonesia Berau (Mekerib).

Fadeli Luran lalu aktif di berbagai kegiatan Islam.  Hingga, masyarakat menyebutnya ulama.  Fadeli Luran menampik predikat itu.  Ia lebih suka dianggap zuama (pemimpin informal) yang membina organisasi kaum Muslim.

5. Jeje Soekarno

Anak kedua Donna Harun, Jeje Soekarno, merupakan salah satu cicit presiden pertama RI, Soekarno.

Baca Juga: Kisah Konflik Soekarno-Hatta Mengejar Kemerdekaan, Musuh Politik Dibalik Bubarnya Dwitunggal 

Siapa yang tak kenal dengan Ir. Soekarno. Dia adalah  Presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945–1967.

Dia juga seorang tokoh perjuangan yang memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.

6. Karina Salim

Karina Salim adalah cicit dari pejuang kemerdekaan H. Agus Salim.

H. Agus Salim adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia. Haji Agus Salim ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 27 Desember 1961 melalui Keppres nomor 657 tahun 1961.

7. Nia Iskandar Dinanta 

Sutradara film Nia Iskandar Dinanta ternyata cucu dari pahlawan nasional Raden Otto Iskandar Dinata atau yang dikenal dengan julukan si Jalak Harupat.

Baca Juga: Kenapa Karang Taruna Selalu Andil di Kemerdekaan 17 Agustus? Simak Sejarahnya Gaes

Raden Otto Iskandardinata adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.

Dalam kegiatan pergarakannya pada masa sebelum kemerdekaan, Otto pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Budi Utomo cabang Bandung pada periode 1921-1924, serta sebagai Wakil Ketua Budi Utomo cabang Pekalongan tahun 1924. Ketika itu, ia menjadi anggota Gemeenteraad ("Dewan Kota") Pekalongan mewakili Budi Utomo.




keturunan seorang Pahlawanselebriti keturunan seorang PahlawanArtis keturunan seorang PahlawanDian sastro keturunan seorang PahlawanMaia estianty keturunan seorang PahlawanAsri welas keturunan seorang PahlawanSiapa saja keturunan seorang Pahlawan

Share to: