Tips & Trick Marketing Campaign, Gimana Cara Menentukan Tools dan Goals? Simak di Sini Gaes

Tips & Trick Marketing Campaign, Gimana Cara Menentukan Tools dan Goals? Simak di Sini Gaes

Tips & Trick Marketing Campaign, Gimana Cara Menentukan Tools dan Goals? Simak di Sini Gaes

Marketing Campaign (Foto: Pexels)


Saat sedang iseng berselancar di media sosial, Kamu pasti sering melihat sebuah iklan dengan beragam tawaran promosi kan? Nah tahukah kamu itu adalah bagian dari marketing campaign. Hal itu sangat dibutuhkan oleh para pemilik bisnis gaes. Kenapa sepenting itu ya? 

Marketing Campaign atau Kampanye Pemasaran pada dasarnya berpusat untuk menarik orang untuk membeli produk dengan tawaran yang spesifik. Hal ini sangat penting agar para pebisnis bisa bersaing dan tak ketinggalan zaman. 

Ada hal yang harus diperhatikan dalam Marketing Campaign, salah satunya adalah target audience. Pada dasarnya, sesuatu itu bisa jadi menarik kalau memang sesuai dengan minat kita. 

Misalnya nih, kamu suka donat rasa coklat melihat sebuah promo buy one get one free khusus untuk donat rasa keju. Are you interested? Meski menguntungkan dan lebih hemat, besar kemungkinannya Anda akan melewatkan promo tersebut karena merasa gak tertarik.

Nah ini dia beberapa langkah Marketing Campaign.

Langkah pertama. Analisis pelanggan

Dalam langkah ini kamu harus mengerti apa kebutuhan pelangganmu, mungkin juga kamu perlu riset pelanggan. Mulai kenali demografi pelangganmu seperti apa, apa yang mereka inginkan. 

Misalnya kamu menemukan komentar seperti Min, bikin meet and great dong', atau 'Min, kapan nih merchant buka di kota aku?' komentar seperti ini bisa mewakili keinginan konsumen. Tak ada salahnya, kamu memenuhi keinginan konsumen dan menyulapnya sebagai rewards dari sebuah campaign.

Langkah kedua. Tetapkan Goals atau Tujuan kampanye Marketing 

Setelah menentukan kebutuhan pelanggan, mulailah tetapkan tujuan untuk promosi Anda. Tujuan ini harus memiliki dua karakteristik. Pertama, timebound atau batas waktu perkiraan untuk mencapai tujuan. Kedua, Sederhana untuk mengukur. Itu harus sangat sederhana dan objektif bagi Anda untuk memberitahu apakah Anda telah mencapai tujuan Anda atau tidak. 

Misalnya, "menjadi sebuah toko yang populer untuk bordir tombol" kabur. Sebaliknya, Anda dapat memilih untuk "memiliki 50 pelanggan baru" atau "mendapatkan review bintang lima baru 20."

Langkah ketiga. Rencana strategi marketing campaign

Kalau sudah tahu target dan tujuannya, sekarang waktunya menyusun rencana strategi marketing campaign. Mulai tentukan kapan dan bagaimana kamu akan memulai marketing campaign sesuai dengan target dan tujuan yang telah ditentukan.

Nah dari sinilah kamu bisa memanfaatkan tools yang dibutuhkan. Kamu bisa memilih beberapa tools, salah satunya adalah sosial media. Sosial media adalah salah satu tools yang cukup efisien untuk memulai marketing campaign. Selain banyak penggunanya, marketing campaign bisa dengan mudah diakses oleh banyak orang.

Langkah keempat. Mengalokasikan sumber daya kampanye 

Setelah kamu yakin tentang rencana pada langkah sebelumnya, Kamu bisa mulai mengikuti dengan mengalokasikan anggaran, waktu dan sumber daya lain untuk memastikan bahwa kampanye dilakukan sesuai dengan apa yang telah kamu bayangkan sebelumnya. 

Contohnya, mungkin kamu akan membutuhkan beberapa tenaga untuk mendukung strategi marketing campaign. Beberapa diantaranya adalah,  Manajemen proyek, Copywriting, Desain grafis, Video grafis, Sosial media manajemen account, Situs Web analytics, Analytics media sosial, Distribusi Flyer, dan Hubungan media/pers.

Langkah kelima. Melaksanakan marketing campaign

Rencana, anggaran, dan tim di tempat sudah tersusun rapi, nah ini saatnya untuk melaksanakan dengan tahap pemasaran sebenarnya. Kamu akan melihat nilai Manajemen Pemasaran dan kampanye yang tepat — dengan setiap langkah ditata dan dijadwalkan seuai dengan langkah-langkah tadi.




Tips & Trick Marketing CampaignLangkah Marketing CampaignTips Marketing CampaignPenerapan Marketing CampaignApa itu Marketing Campaign

Share to: