Fakta-fakta Jakob Oetama, Pendiri Kompas Group yang Meninggal di usia 88 Tahun

Fakta-fakta Jakob Oetama, Pendiri Kompas Group yang Meninggal di usia 88 Tahun

Foto

Fakta Jakob Oetama Pendiri Kompas Group Tutup Usia. Foto: www.vik.kompas.com


Tokoh besar wartawan nasional sekaligus pendiri Kompas Group, Jakob Oetama menhembuskan nafas terakhirnya di usia 88 tahun dan meninggalkan kesedihan semua pihak yang mengenalnya.
Pria yang lahir pada tanggal 27 September 1931 itu pertama kali dikabarkan meninggal dunia pada Rabu 9 September 2020, pukul 13:05. Apakah kamu penasaran dengan sosok Jakob Oetama?
BACA JUGA:
Tim KUYOU.id sudah menghimpun informasi dari berbagai sumber digital untuk kamu nih. Jakob mengawali karirnya pertama kali sebagai guru honorer hingga kemudian memililih jadi wartawan.
Simak ulasan fakta-fakta Jakob Oetama pendiri Kompas Group dibawah ini gaes.
1. Awal Karier
Jakob Oetama mengawali kariernya dengan menjadi wartawan Indonesia yang juga dikenal sebagai salah satu pendiri surat kabar Kompas.
2. Sepak Terjang
Diketahui Jakob Oetama pernah menjabat sebagai Presiden Direktur Kelompok Kompas-Gramedia, Penasihat Konfederasi Wartawan ASEAN, dan Pembina Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia.
3. Mendirikan Kompas Gramedia Group
Setelah bergabung dengan majalah Penabur tahun 1956 da mendirikan majalah Intisari tahun 1963, Jakob Oetama mulai mendirikan surat kabar Kompas pada 28 Juni 1965 bersama temannya Ojong.
4. Pendidikan
Jakob diketahui menyelesaikan pendidikan SD sampai SMAnya di Yogtakarta. Jakob juga menamatkan pedidikan pendidikan di Sekolah Guru Jurusan B-1 Ilmu Sejarah hingga tahun 1956, Perguruan Tinggi Publisistik, Jakarta pada 1959 dan Jurusan Publisistik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gajah Mada pada 1961.
Nah, itu gaes fakta-fakta dari Jakob Oetama pendiri Kompas Gramedia Group.



Pendiri Kompas GroupJakob Oetama Meninggaljakob oetamafakta jakob oetama

Share to: