Fakta-fakta Jembatan Mapo Bridge Seoul, Tempat Lokasi Bunuh Diri Masyarakat Korea hingga Idol K-POP

Fakta-fakta Jembatan Mapo Bridge Seoul, Tempat Lokasi Bunuh Diri Masyarakat Korea hingga Idol K-POP

Fakta-fakta Jembatan Mapo Bridge Seoul, Tempat Lokasi Bunuh Diri Masyarakat Korea hingga Idol K-POP

fakta Jembatan Mapo Bridge Seoul (Foto: Berbagai sumber)


Korea Selatan memang memiliki angka kematian karena bunuh diri yang cukup tinggi di dunia. Salah satu tempat yang menandai banyaknya kejadian tersebut adalah sebuah jembaran bernama Mapo Bridge dan Seongsan Bridge.

Baru-baru ini, seorang mantan idol bernama Shin Minah eks ILUV ditemukan Polisi hendak memanjat pagar pagar jembatan Seongsandaegyo dan melihat ke Sungai Han atau Han River.

Jadi tempat yang banyak didatangi masyarakat korea untuk mengakhiri hidupnya, berikut beberapa fakta Mapo Bridge Seoul berdasarkan data yang dihimpun oleh tim KUYOU.id.

1. Pemandangan indah sepanjang sungai Han

Penampakan Mapo Bridge Seoul (foto: wikipedia)

Gak seperti labelnya yang cukup mengerikan, Mapo Bridge memiliki pemandangan indah sepanjang mata memandang.

Jembatan Mapo melintasi Sungai Han di Korea Selatan dan menghubungkan Distrik Mapo dan Distrik Yeongdeungpo di kota Seoul. 

Jembatan Mapo, salah satu dari 31 jembatan yang membentang di Sungai Han dan merupakan yang tertua keempat disana.

Baca Juga: TREASURE dan ITZY akan Hadir di Acara Tokopedia Waktu Indonesia Belanja! Simak Jadwalnya Disini

Jembatan tersebut selesai dibangun pada tahun 1970. Hingga tahun 1984, jembatan tersebut dinamakan Seoul Bridge yang kini sudah diganti menjadi Mapo Bridge.

2. Jembatan Mapo dijuluki sebagai Bridge of Life di Korea

(foto: PRI.org)

Tingkat bunuh diri sangat tinggi di Korea Selatan dan lompat dari jembatan merupakan hal yang biasa.

Sejak tahun 2007 hingga 2012, jembatan Mapo yang berlokasi di Soul ini menjadi lebih dari 100 percobaan bunuh diri yang dilakukan masyarakat Korsel gaes!

Dilansir dari Korean Times,  pejabat Kota Seoul dan Anggota Dewan Ahn Hee-ok, pada September 2009 memperkirakan ada 479 orang yang melompat untuk melakukan percobaan bunuh diri.

Sekitar 13 persen, atau 191 orang, dari total 1.445 orang yang bunuh diri dengan melompat dari jembatan Sungai Han antara Januari 2007 dan September 2009, menggunakan Jembatan Mapo.

Baca Juga: 5 Angggota Girls' Generation Ini Dikonfirmasi Telah Perpanjang Kontrak dengan SM Entertainment

Pada 26 Juli 2013, seorang aktivis kesetaraan gender asal Korea Selatan bernama Sung Jae-ki melompat dari jembatan tersebut. Hal ini dilakukannya dalam upaya menarik perhatian pada ketidaksetaraan gender terhadap laki-laki dan permohonan untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk 'Men of Korea'.

Meskipun pencarian dan penyelamatan dimulai segera setelah dia jatuh di Sungai Han dilakukan, namun tubuhnya tidak ditemukan hingga 29 Juli 2013.

3. Tulisan di sepanjang jembatan untuk upaya pencegahan bunuh diri di Mapo Bridge 

(foto: Koranbizwire)

Samsung Life Insurance kemudian memberikan pendanaan berkelanjutan melalui gambar, kata, dan patung untuk mendorong para 'calon' pelompat agar mengurungkan niatnya.

Pegangan tangan sepanjang pagar jembatan ini difasilitasi dengan sensor gerak untuk merasakan gerakan. Kemudian mereka kan memunculkan frasa yang akan membantu menegarkan hati masyarakat yang berniat bunuh diri. Contohnya adalah "Saat paling cemerlang dalam hidup Anda belum datang" atau "Kekhawatiran Anda akan terasa seperti tidak ada saat Anda bertambah tua."

Tentu saja tulisan-tulisan ini ditulis dengan bantuan ahli pencegahan bunuh diri dan psikolog.

Mereka juga menampilkan foto-foto seperti gambaran bayi hingga keluarga bahagia.

4. Tetap menjadi spot utama bunuh diri

Gambar yang dipajang sepanjang pagar jembaran Mapo Bridge untuk menghentikan percobaan bunuh diri (Foto: The Pukhet News)

Pada tahun 2015, slogan dan gambar-gambar yang dipajang sepanjang jembatan Mapo ini nampaknya tak membantu mengurangi angka kemtian akibat bunuh diri di Korea Selatan. 

Samsung pun mulai menghapus lampu dan slogan tersebut.

Pada 9 Oktober 2019, semua slogan dan lampu pencegahan bunuh diri mereka telah dihapus, dengan jembatan malah dilengkapi dengan pelindung penghalang untuk calon pelompat.

5. Idol yang melakukan percobaan bunuh diri di jembatan Sungai Han

Potret Shin Minah ILUV (Foto: Soompi)

Selain Mapo Bridge ada beberapa jembatan yang membentang di Sunghai Han yang menjadi tempat percobaan bunuh diri terbanyak di Korea Selatan.

Berdasarkan penelusuran Korean Times pada 2009, Han Bridge menjadi yang tertinggi kedua dengan 151 kasus, diikuti oleh Wonhyo dengan 97, Seongsan dengan 85 dan Yangwha dengan 83.

Seongsan Bridge yang termaksud kedalamnya adalah menjadi tempat yang belakangan tengah ramai diperbincangkan.

Pasalnya seorang idol wanita bernama Shin Minah eks memeber ILUV baru saja ditemukan oleh Polisi hendak melompat dari jembatan Seongsan  Bridge.

Baca Juga: SM Entertainment Segera Debutkan Girl & Boy Group Beranggotakan Orang Indonesia? Simak Faktanya Berikut Ini

Pada Juli lalu, Minah mengatakan bahwa bahwa dia menderita depresi, gangguan panik, dan insomnia setelah dibully oleh mantan sesama anggota ILUV. Meski sudah dibantah dan menyebabkan spekulasi diantara penggemar, namun tiba-tiba saja Minah membawa kabar mengejutkan.

Menurut Kantor Polisi Mapo Seoul, ada  seorang wanita berusia 20-an telah memanjat pagar jembatan Seongsandaegyo dan melihat ke Sungai Han. Setelah polisi menyelamatkannya, mereka menyerahkannya kepada walinya.

Wanita itu dideskripsikan dalam laporan sebagai mantan anggota girl grup dengan nama keluarga "Shin" (nama keluarga Minah).

Tak lama setelah laporan tersebut, Minah pun mengunggah permintaan maaf di akun Instagram pribadinya. Dia juga berjanji untuk tidak akan mengulanginya lagi.

"Saya tidak akan melakukannya lagi. Maaf membuat Anda khawatir. Saya benar-benar tidak akan berpikiran buruk lagi," tulisnya.

5. Digunakan sebagai latar belakang drama populer

Penampakan Mapo Bridge Seoul (foto: wikipedia)

Dibalik banyaknya mitos bahwa Jembatan Han adalah jembatan yang paling banyak menyebabkan kasus bunuh diri, tempat tersebut kerap menjadi latar dalam film atau drama populer.

Tak hanya adegan yang indah, namun juga sering tampil di mana adegan bunuh diri muncul.




Shin Minah bunuh dirifakta Jembatan MapoMapo BridgeLokasi Bunuh DiriHan River

Share to: