Sejarah Es Batu Versi TikTokers Willy Ardan, Awal Mula dari Masa Kolonial Gaes

Sejarah Es Batu Versi TikTokers Willy Ardan, Awal Mula dari Masa Kolonial Gaes

Sejarah Es Batu Versi TikTokers Willy Ardan, Awal Mula dari Masa Kolonial Gaes

Sejarah Es Batu Versi TikTokers Willy Ardan (Foto: TikTok @willyardan)


Gaes, penasaran gak sih awal mula adanya es batu di Indonesia? TikTokers Willy Ardan punya info menarik nih soal sejarah es batu. 

Willy belum lama ini mengunggah video sejarah keberadaan es batu di Indonesia gaes. Dalam video itu, ia menceritakan pertama kali adanya es batu saat masa kolonial. 

BACA JUGA: Fakta-fakta RFID Chip yang Viral di TikTok, Warga AS Pamer hingga FYP Gaes!

Saat itu, es batu menjadi salah satu barang yang mewah gaes. Kok bisa ya? Makin penasaran gak? Simak yuk informasi yang sudah dihimpun tim KUYOU.id berikut ini.

1. Asal Muasal Es Batu

Awalnya es batu itu dipesan oleh seseorang bernama Rosalie En Co pada November 1846. Akhirnya bongkahan besar es batu itu dikirim pakai kapal dari Boston ke Batavia, yang kini dikenal sebagai Jakarta. 

2. Berita kedatangan es batu pertama kali

Karena itu kali pertama es batu hadir di Indonesia, akhirnya kedatangannya pun menjadi fenomenal. Kedatangan es batu dari Boston sampai ke Batavia pun akhirnya dimuat dalam sebuah surat kabar bernama "Javasche Courant". 

BACA JUGA: 10 Benda Penemuan Kocak yang Dikira Barang Bersejarah, Ada yang Pernah Gini Gak?

3. Barang mewah

Perlu diketahui gaes, saat itu es batu jadi barang yang mewah dan gak sembarangan orang bisa mencicipinya. Cuma dari kalangan Belanda aja yang bisa nyicipin kesegaran minuman dengan tambahan es batu. 

Harganya jangan ditanya lagi gaes. Saat itu, harga 500 gram es batu aja setara degan 10 sen gulden dan itu sangat mahal. 

4. Siapa pelanggan es batu di masa kolonial?

Meskipun jadi barang yang mewah, tapi masih tetep ada kok pelanggan yang suka sama es batu. Kebanyakan pelanggannya dari daerah Weltevrede (Sawah Besar) dan Meester (Jatinegara).

5. Pabrik es batu pertama 

Karena permintaannya makin banyak, pada 1970 Indonesia mengimpor es batu dari Boston. Namun,  akhirnya ada seorang etnis Tionghoa bernama Kwa Wan Hong, untuk pertama kalinya membuka pabrik es batu di Kota Semarang. 

BACA JUGA: Lagu Lengkap Chicken Wing Hot Dog and Baloney yang Viral di TikTok




Willy ArdanSejarah Es BatuAsal Muasal Es BatuTikTok Willy ArdanAwal Mula Es Batu

Share to: