Daftar Jenderal yang Meninggal saat Peristiwa G 30 S/PKI, Yuk Mengheningkan Cipta Gaes

Daftar Jenderal yang Meninggal saat Peristiwa G 30 S/PKI, Yuk Mengheningkan Cipta Gaes

Daftar Jenderal yang Meninggal saat Peristiwa G 30 S/PKI, Yuk Mengheningkan Cipta Gaes

Tujuh Jendral yang Meninggal saat Peristiwa G 30 S/PKI (Foto: dok. Istimewa)


Teruntuk para Milenials dan Gen Z jaman sekarang, apakah kamu tahu soal peristiwa berdarah G 30 S PKI?

G 30 S PKI merupakan peristiwa kelam sejarah Indonesia yang berarti Gerakan 30 September/PKI yang dijalankan pada selewat malam hingga 1 Oktober 1965.

BACA JUGA: Konspirasi Dibalik G30S/PKI, Ada Tokoh Penting Perencana dengan Tujuan Khusus

G 30 S/PKI ini menewaskan tujuh perwira tinggi dan satu perwira menengah. Mereka pun akhirnya dinobatkan sebagai pahlawan revolusi. 

Ketujuh Jenderal Militer yang meninggal dunia dalam peristiwa G 30 S PKI adalah Jenderal TNI Ahmad Yani, Letjen Suprapto, Letjen M.T Haryono, Letjen S Parman, Mayjen D.I Panjaitan, Mayjen Sutoyo, Kapten Pierre Tandean.

Lalu seperti apa sosok para Jenderal yang meninggal dalam peristiwa G 30 S/PKI? Berikut daftar yang berhasil dirangkum oleh tim kuyou.id. 

1. Jenderal Ahmad Yani

Jenderal Ahmad Yani merupakan panglima angkatan darat ke-6 di era Presiden Soekarno. Saat peristiwa G 30 S/PKI tersebut, dia dibunuh di kediaman rumahnya jalan Latuharhary nomor 6, Menteng, Jakarta Pusat. 

BACA JUGA: Biodata Tan Malaka, Lengkap Umur dan Agama, Bapak Republik Indonesia yang Terlupakan

2. Letnan Jenderal Anumerta Suprapto

Letnan Jenderal Anumerta Suprapto menjadi salah satu pahlawan revolusi yang meninggal dalam peristiwa G 30 S/PKI. Dia juga sempat berhasil meredam pemberontakan PKI di berbagai wilayah. 

3. Letnan Jenderal M.T. Haryono 

Letnan Jenderal M.T. Haryono tewas di tangan PKI. Sebelum itu, dirinya sempat berusaha kabur namun saat itu juga beberapa kelompok yang memegang senjata langsung menembakan peluru ke tubuhnya. 

4. Letnan Jenderal S Parman

Letnan Jendral S Parman pada peristiwa G 30 S/PKI tersebut dijemput oleh pasukan berseragam Tjakrabirawa (Istana Garda) pada pukul 04.30 WIB. Dirinya dimasukkan ke dalam truk, lalu ditembak mati dan dibuang ke Lubang Buaya. 

5. Mayor Jenderal D.I. Panjaitan 

Korban dari peristiwa G 30 S/PKI selanjutnya adalah Jendral D.I. Panjaitan. Dirinya dijemput dan menyerahkan diri oleh gerombolan PKI. Setelah itu langsung di eksekusi mati dan dibuang bersama korban lainnya. 

6. Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo

Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo  ditangkap oleh segerombolan PKI dalam peristiwa G 30 S/PKI dengan alasan mendapat panggilan dari Presiden Soekarno. Namun dirinya ternyata tewas ditembak mati. 

7. Kapten Pierre Tendean

Nah, yang terakhir adalah Kapten Pierre Tendean. Dirinya pada peristiwa G 30 S/PKI menjadi korban yang salah sasaran. PKI mengincar Jendral Besar TNI Abdul Haris Nasution. Dia pun harus menjadi korban dari salah sasaran tersebut. 

BACA JUGA: 15 KPOP Idol yang Lahir di Bulan September, Ada Personil BTS




peristiwa g 30 s/pkijenderal meninggal g 30 s/pkig 30 s/pkidaftar jenderal g 30 s/pki

Share to: