Sara Wijayanto dan Wisnu Hardana Keturunan Jacob Salatun sang Pendiri LAPAN Gaes, Ini Faktanya

Sara Wijayanto dan Wisnu Hardana Keturunan Jacob Salatun sang Pendiri LAPAN Gaes, Ini Faktanya

Sara Wijayanto dan Wisnu Hardana Keturunan Jacob Salatun sang Pendiri LAPAN Gaes, Ini Faktanya

Sara Wijayanto dan Wisnu Hardana Keturunan Jacob Salatun. Foto: Instagram @sarawijayanto & @wisnuhardana


Jarang diketahui bahwa ternyata Sara Wijayanto, Wisnu Hardana dan Adinia Wirasti merupakan keturunan dari Bapak UFO Indonesia, Jacob Salatun gaes.

Berikut fakta-fakta keturunan Sara Wijayanto dan Wisnu Hardana.

Sara Wijayanto dan kedua adiknya Wisnu Hardana dam Adinia Wirasti  merupakan keturunan ketiga yakni cucu dari Jacob Salatun lho gaes. Hal itu terlihat dari sejumlah unggahan akun resmi Wisnu Hardana @wisnuhardana dan unggahan Demian Aditya. Sang ibu juga memiliki nama belakang yang sama yakni Luki Salatun.

Profil dan karir Jacob Silatun

Jacob Salatun merupakan tokoh dirgantara Indonesia yang mendirikan Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN). Beliau juga pernah menjadi Menteri Perindustrian Penerbangan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Jacob Salatun merupakan siswa dari  Teknik Tinggi Surabaya dan Yogyakarta saat SMA pada tahun 1944. Setelah lulus, dia bergabung dengan  Tentara Zeni Pelajar  dan masuk  Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Jawatan Penerbangan yang kini disebut sebagai TNI Angkatan Udara (TNI AD).

Miliki rasa ketertarikan akan dunia penerbangan, Jacob Salatun memiliki karier yang cukup mulus di Indonesia.

Pada tahun 1952, J. Salatun terbang ke  New York, AS untuk menempuh pendidikan di US Armed Forces Information School yang merupakan sekolah untuk angkatan udara di AS.

Baca Juga: Behind the Scene Penelusuran Sara Wijayanto di Cepuri Parangkusumo Jogja, Kocak Abis

Saat menjabat sebagai Sekertaris Dewan Penerbangan atau Depanri pada tahun 1956-1968, dia menyelesaikan rencananya untuk mendirikan LAPAN. Hal ini lah yang menjadikannya pemimpin lembaga tersebut pada tahun 1971-1978.

Ada begitu banyak jabatan yang ditekuninya hingga akhirnya menjadi Deputi Menteri Perindustrian Penerbangan pada tahun 1966 dan Anggota DPR pada tahun 1967-1968.

Sejarah pembentukan LAPAN

Foto: jubi

Melalui arahan dari  Presiden RI Soekarno Panitia Austronautika dibentuk pada 31 Mei 1962.

Perdana Menteri Ir. H. Juanda yang kala itu menjabat sebagai Ketua Dewan Penerbangan RI dan Jacob Salatun yang membentuk panitia tersebut. Mereka berhasil membuat roket serta meluncurkannya pada tahun 1964.

Roket tersebut adalah seri Kartika dan telemetrinya melalui Proyek Roket Ilmiah dan Militer Awal (PRIMA) oleh afiliasi AURI dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dengan arahan J. Salatun, LAPAN terus berkembang bahkan hingga saat ini. Kemajuan dunia penerbangan di Indonesia pun tak luput dari campur tangannya.

Percaya akan keberadaan UFO

Selain kariernya yang cemerlang di Indonesia, Jacob Salatun juga pernah menulis beberapa buku yang menyinggung tentang UFO di Indonesia.

Baca Juga: Biodata Sara Wijayanto, Lengkap Umur dan Agama, Praktisi Supranatural

Dia percaya akan keberadaan benda yang sering disebut sebagai piring terbang ini. Pasalnya, diea mengaku pernah melihat UFO dengan mata kepalanya sendiri saat tengah bersama dengan anaknya.

Dari pengalamannya ini, dia mendirikan sebuah Studi UFO Indonesia atau SUFOI.

Sara Wijayanto, Wisnu Hardana dan Adinia Wirasti Keturunan Jacob Salatun

Siapa sih yang gak kenal dengan Youtuber Sara Wijayanto yang kerap membagikan kisah-kisah penelusuran horor di Indonesia.

Ya, Sara dan adik perempuannya Adinia Wirasti  serta adik lelakinya Wisnu Hardana ternyata adalah keturunan dari Jacob Salatun lho gaes. Jadi, Bapak UFO Indonesia ini ternyata merupakan kakek dari Sara Wijayanto. Sang ibu juga memiliki nama belakang yang sama yakni Luki Salatun.

Hal ini juga pernah diungkapkan oleh suami Sara, Demian di akun Twitter pribadinya pada tahun 2015 lalu.

Baca Juga: Biodata Alwi Shahab, Lengkap Umur dan Agama, Tokoh Betawi yang Tutup Usia di 84 Tahun

Dalam cuitannya tersbeut, Demian menyebut sang menteri terbaik versi  Bung Karno ini sebagai Akung RJ Salatun.

Wah, fakta bahwa Sara Wijayanto merupakan keturunan Jacob Salatun ini memang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia ya.




Jacob SalatunJacob Salatun kakek Sara WijayantoSara WijayantoWisnu HardanaAdinia Wirastisara wijayanto keturunan

Share to: