Potret Situasi Terkini Demo Tolak Omnibus Law, Jakarta Mulai Pecah dan Wilayah Lain Mengkhawatirkan

Potret Situasi Terkini Demo Tolak Omnibus Law, Jakarta Mulai Pecah dan Wilayah Lain Mengkhawatirkan

Foto

Potret Situasi Terkini Demo Tolak Omnibus Law (Foto: YouTube/KOMPASTV)


Berikut potret dan situasi demo tolak pengesahan Omnibus Law yang mulai pecah di berbagai wilayah pada Rabu, 7 Oktober 2020 dan situasi terkini aksi ricuh di Jakarta.

Diketahui sejumlah orang turun ke jalan sejak Selasa, 6 Oktober 2020 untuk melakukan aksi demo. Mereka tergabung dalam buruh dan mahasiswa yang menolak UU Cipta Kerja atau Omnibus Law.

Aksi demo ini pun sempat diwarnai kericuhan dari sejumlah pendemo hingga aparat kepolisian yang melepaskan tembakan gas air mata.

Kericuhan demo tolak Omnibus Law di Lampung

(Foto: YouTube/KOMPASTV)

Dilansir dari kanal YouTube KOMPAS TV pada Rabu, 7 Oktober 2020, masa demo yang nampaknya di dominasi oleh mahasiswa dan buruh ini mulai ricuh dan melempari aparat kepolisian dengan batu.

Baca Juga: Fakta-fakta Najwa Shihab Dilaporkan ke Polisi Gara-Gara Wawancara Kursi Kosong

Menolak keras pengesahan UU Cipta Kerja yang telah di sahkan oleh DPR di Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Senin, 5 Oktober 2020 kemarin.

Kericuhan di Gedung DPRD Jawa Tengah

(Foto: YouTube/KOMPASTV)

Sama dengan di Lampung, masa demo di Semarang, Jawa Tengah juga melemparkan sejumlah beda seperti batu ke arah petugas yang tengah berjaga di Gedung DPRD Jawa Tengah.

Hal ini dilakukan lantaran upaya para demonstran untuk ke gedung DPRD Jawa Tengah dihadang oleh Polisi yang berujung kericuhan.

Aksi saling dorong di Sukabumi, Jawa Barat

(Foto: YouTube/KOMPASTV)

Aksi tolak Omnibus Law di Sukabumi, Jawa Barat diwarnai dengan aksi saling dorong dari para demonstran. 

Masa yang tergabung dalam berbagai organisasi ikut turun ke jalan untuk menolak pengesahan UU Cipta Kerja oleh DPR.

Aksi ini mulai memanas ketika buruh memaksa masuk ke dalam pabrik PT Koin Baju Global namun dihalangi oleh para aparat TNI dan Polisi.

Mahasiswa blokade jalan dalam aksi demo di Parepare, Sulawesi Selatan

(Foto: YouTube/KOMPASTV)

Tolak pengesahan UU Cipta Kerja oleh DPR, sejumlah mahasiswa di Parepare, Sulawesi Selatan melangsungkan aksi demo. Mereka memblokade jalan yang menyebabkan kemacetan.

Baca Juga: Arti dan Makna Mosi Tidak Percaya, Slogan Viral di Berbagai Demo Menentang Pemerintah

Masa menuntut Presiden Jokowi untuk mengeluarkan Perpu untuk membatalkan UU Cipta Kerja.

Blokade jalan juga terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan

(Foto: YouTube/KOMPASTV)

Aksi demo dan blokade jalan oleh mahasiswa juga terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan dalam tuntutan menolak pengesahan UU Cipta Kerja oleh DPR.

Dengan memarkirkan truk menutupi seluruh jalan dan bakar ban, mereka menilai bahwa UU Cipta Kerja tidak pro terhadap pekerja dan buruh.

Situasi terkini demo tolak Omnibus Law di Jakarta

Di Jakarta sendiri, aksi demo yang dilakukan oleh mahasiswa dan para pekerja masih memanas di sekitar daerah Patung Kuda Silang Monas pada Kamis, 8 Oktober 2020.

Dilansir dari unggahan akun Instagram @jktinfo, para demonstran ikut melempari sejumlah benda kepada Polisi yang bertugas hingga menutup jalan. 

Mereka menuntut dibatalkannya UU Cipta Kerja atau Omnibus Law yang baru saja disahkan oleh DPR pada Senin, 5 Oktober 2020 kemarin.

Baca Juga: Biodata Narji, Lengkap Umur dan Agama, Artis yang Dikira Terlibat Narkoba

Terlihat bahwa sejumlah Polisi melintang di jalan membangun pagar untuk menghalangi para demonstran. Oleh karena itu, beberapa arus lalu lintas terpaksa harus dialihkan termasuk TransJakarta dan transportasi umum lainnya untuk menghindari kemacetan/




Demo Tolak Omnibus LawSituasi terkini demo JakartaUU Cipta KerjaDemo UU Cipta KerjaUU Cipta Kerja

Share to: