Hoaks atau Fakta? Jawa Barat Ganti Nama Jadi Provinsi Sunda

Hoaks atau Fakta? Jawa Barat Ganti Nama Jadi Provinsi Sunda

Foto

Jawa Barat Ganti Nama Jadi Provinsi Sunda (Foto Hipwee)


Belum lama ini heboh kabar Jawa barat bakal berganti nama menjadi provinsi Sunda.

Namun kabar ini masih belum diketahui apakah sebuah hoaks atau fakta.

Awalnya hal ini muncul setelah adanya diskusi yang dilakukan di Perpustakaan Ajip Rosidi, Bandung, yang berjudul "Dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda”.

Jawa Barat berubah jadi Sunda

Selain itu, anggota DPD Jawa Barat, Eni Sumarni juga pernah mempermasalhakan sejarah tentang Sunda. Menurutnya, sejak dulu dalam peta dunia sebenarnya nama Sunda sudah ada. Ia pun mengkhawatirkan nama Sunda bisa hilang begitu saja apabila tak digunakan sama sekali. Nggak cuma itu saja gaes, bahkan Eni juga mendukung keras tokoh Sunda yang ingin menjadijab nama Sunda sebagai provinsi. Pihak lain yang setuju dengan penggantian nama tersebut juga berencana mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo tentang adanya perubahan nama tersebut. Mereka beralasan penggantian Jawa Barat menjadi Sunda ini adalah sebuah semangat baru sehingga budaya tidak hilang begitu saja.

Nggak semua Jawa Barat merupakan Suku Sunda

Meski begitu, diketahui kalau di Jawa Barat sendiri nggak hanya diduduki oleh Suku Sunda saja, melainkan ada Suku lainnya yaitu Suku Cirebon yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, serta ada Suku Betawi yang berada di daerah Bekasi dan Depok. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2010, suku Sunda terdiri dari 15,5 persen jumlah penduduk.

BACA JUGA: 8 Jas Hujan Aneh Tapi Nyata yang Ada di Dunia, Satu Sisi Berfungsi tapi Bikin Ngakak

Nah, menurut kalian, penggantian Jawa Barat menjadi Sunda ini fakta atau hoaks gaes?




Jawa Barat Ganti NamaJawa Barat Jadi Provinsi SundaProvinsi SundaJawa baratFaktaHoaks

Share to: