Perkebunan Go Digital, Inovasi PTPN 8 Ini Peluang Bisnis Untungkan Negara

Perkebunan Go Digital, Inovasi PTPN 8 Ini Peluang Bisnis Untungkan Negara

Perkebunan Go Digital, Inovasi PTPN 8 Ini Peluang Bisnis Untungkan Negara

Perkebunan Go Digital, Inovasi PTPN 8 Ini Peluang Bisnis Untungkan Negara (FOTO: Instagram @tehwaliniofficial)


PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 8, kini tengah mengembangkan perkebunan go digital lho gaes. Konsep ini hadir seiring dengan peluang bisnis yang makin terbuka. 

BACA JUGA: Inovasi Kebun Teh PTPN 8: Integrasi Agrowisata, Retail Besar dan Produk Teh Milenial

Konsep perkebunan go digital juga sejalan dengan salah satu visi Indonesia Maju dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yaitu ketahanan pangan dan energi.  Terlebih lagi transformasi digitak gak sekedar masuk ke rana sosial media aja. Jadi seluruh aspek harus siap, termasuk juga di bidang perkebunan. 

Secara spesifik, PTPN VIII bakal menginisasi transformasi dari sisi operasional secara digital dalam memproduksi teh, sawit, dan karet. Jadi, nantinya konsumen bakal bisa melihat hasil perkebunan secara real time. 

BACA JUGA: Sejarah Teh Walini: Berawal dari Ladang Era Belanda, Jepang hingga PTPN 8 Gaes

Gak cuma itu aja gaes, Inovasi PTPN 8 ini juga ingin mentransformasikan kegiatan operasional dari produksi pasca-panen bisa tercatat secara digital. Karena sebelumnya, produksi pasca panen hanya dicatat secara manual saja. Dengan begitu, industri perkebunan dari hulu ke hilir akan lebih tercatat rapi. 

Nah ada 3 strategi lain nih yang bakal dilakukan, hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara 3, Muhammad Abdul Ghani berikut ini. 

1. Integrasi Perkebunan

Melakukukan integrasi perkebunan dengan kegiatan lainnya seperti agrowisata, resort, dll tentu bisa meningkatkan keuntungan untuk perkebunan. Selain masyarakat bisa mengenal varian tehnya lebih dalam lagi, masyarakat juga jadi tahu bagaimana pengolahan, bahkan sejarah teh di Indonesia atau sejarah PTPN 8 itu sendiri. 

"Melakukukan integrasi perkebunan dengan kegiatan lainnya seperti agrowisata, resort, dll. Hal ini tentu bisa memberikan keuntungan untuk lahan atau lokasi itu sendiri. Ini akan menjadi isu yang akan dikembangkan ke depan," ujar Abdul ghani. 

2. Penjualan retail besar-besaran

PTPN 8 juga bakal mengupayakan penjualan produk retail besar-besaran ke masyarakat langsung. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat bisa lebih mudah menikmati teh dengan kualitas terbaiknya.

"Mulai tahun 2020, kami telah meminta seluruh PTPN dengan komoditi teh untuk melakukan strategi ini," kata Abdul Ghani.

3. Ubah strategi pemasaran

Selain itu, PTPN 8 bersama teh walininya bakal merubah strategi pemasaran nih gaes, biar nantinya gak bergantung kepada packer. Jadi, masyarakat bisa menikmati teh dengan kualitas terbaiknya.

Dari segi brand, inovasi satu ini juga bisa mendobrak dan rebranding produknya, yaitu Teh Walini. Seperti apa ya perkebunan go digital yang bakal dilakukan PTPN 8? Tunggu aja gaes. 




perkebunan go digitalInovasi PTPN 8PTPN 8Peluang BisnisPeluang Bisnis PTPN 8

Share to: