8 Taman Hiburan Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi Hingga Kini, Bermain Sekaligus Ilmu Sejarah~

8 Taman Hiburan Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi Hingga Kini, Bermain Sekaligus Ilmu Sejarah~

8 Taman Hiburan Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi Hingga Kini, Bermain Sekaligus Ilmu Sejarah~

Taman Hiburan Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi (Foto: Pixabay)


Berikut kami sajikan daftar taman hiburan tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini.

Meskipun Disney land adalah taman hiburan paling terkenal di dunia, namun tempat indah nan menarik itu bukanlah yang tertua. 

Faktanya, Disney land terbilang modern karena dibuka pada tahun 1955, jadi dia baru berusia 65 tahun saat ini. 

Kamu harus tahu kalau ada taman hiburan dalam daftar yang dirangkum KUYOU.id yang memiliki usia dua kali lebih tua dari Disneyland lho. Mereka dibangun antara tahun 1583 hingga 1883. 

Hampir semua taman hiburan ini dimulai sebagai lahan pribadi yang dibuka umum untuk piknik, berkemah, dan hiburan. Saat ini, beberapa taman tetap menjadi tempat wisata populer karena sejarahnya serta beberapa roller coaster terbaik dan tertua di dunia.

1. Gröna Lund

Gröna Lund adalah taman hiburan tertua di Swedia, dengan sejarah sejak tahun 1883 dan berlokasi di Stockholm, Sweden. 

Tahun itu, seorang berkebangsaan Jerman bernama Jacob Schultheiss menyewa area tersebut dan memasang komidi putar dan hiburan lainnya.  Akhirnya, keturunan Schultheiss terus menjalankan taman tersebut hingga 2001. 

Beberapa wahana pertama dibuka di taman pada tahun 1883, termasuk Circus Carousel, masih digunakan sampai sekarang lho!

Atraksi taman lainnya termasuk Fun House asli dari tahun 1883, terowongan cinta, dan roller coaster pertamanya, Nyckelpigan, yang dibuka pada tahun 1976. 

Baca Juga: 8 Filter Instastories Terkece saat Ini, Kesukaan Kamu yang Mana Gaes?

Selain atraksi taman hiburan tradisional, Gröna Lund terkenal dengan konser musim panas yang dibintangi  nama-nama besar seperti Jimi Hendrix, Lady Gaga, Paul McCartney, Bob Marley, dan ABBA.

 

2. Idlewild and Soak Zone

Idlewild and Soak Zone atau Idlewild Park adalah taman hiburan tertua ketiga di A.S.

Taman ini pertama kali dibuka pada tahun 1878 sebagai tempat perkemahan umum di dekat Ligonier Valley Railroad, oleh pemiliknya Judge Thomas Mellon. 

Taman ini dimiliki oleh keluarga Mellon selama lebih dari 100. Putra Macdonald dan Mellon, Richard, bekerja sama untuk meningkatkan properti dan menambah atraksi baru setiap perkembangannya.

Pada tahun 1938, salah satu roller coaster paling awal, yang disebut "Rollo Coaster", yang dibangun oleh Philadelphia Toboggan Company dibuka di Idlewild, bahkan wahana ini tetap buka sampai sekarang gaes! 

Sekitar tahun 1989, Idlewild memperluas dan menambahkan Lingkungan Make-Believe Mister Rogers (aktor Fred Rogers) dan perjalanan dengan Neighborhood Trolley ke daftar atraksinya.

3. Cedar Point

Cedar Point bukan hanya taman hiburan tertua kedua di Amerika Serikat, tetapi juga dikenal sebagai "Roller Coaster Capital of the World."

Sejarah Cedar Point berasal dari tahun 1870 ketika area tersebut dibuka sebagai pantai pemandian umum. Roller coaster pertama mereka kemudian dibuka pada tahun 1892.

Sejak itu, Cedar Point terus menambahkan beberapa wahana hingga saat ini memiliki 16 roller coaster, yang terbanyak kedua di dunia setelah Six Flags Magic Mountain. 

Selama bertahun-tahun, Cedar Point telah mencapai banyak pencapaian - ini adalah satu-satunya taman di dunia dengan lima five coasters lebih tinggi dari 200 kaki serta satu-satunya taman dengan roller coaster di keempat klasifikasi ketinggian.

4. Hanayashiki

Taman hiburan Hanayashiki adalah yang tertua di Jepang dan kelima tertua di dunia. Taman kecil ini awalnya dibuka pada tahun 1853 sebagai taman bunga ketika Komodor Angkatan Laut AS, Matthew Calbraith Perry, mengunjungi negara itu. 

Wahana pertama dipasang pada tahun 1872 dan selama bertahun-tahun taman tersebut memiliki beberapa atraksi hewan termasuk kelahiran kembar lima harimau pada tahun 1923 serta singa pertama yang lahir di Jepang pada tahun 1931.

Satu-satunya roller coaster Hanayashiki dibuka pada tahun 1953 dan masih beroperasi sampai sekarang. Daya tarik taman yang paling populer adalah sekolah Ninja, kursus pelatihan Ninja selama satu jam yang menampilkan permainan pedang, teknik melarikan diri, dan seni bela diri.

5. Lake Compounce

Lake Compounce adalah taman hiburan tertua di Amerika Serikat dan tertua keempat di dunia. 

Sejarah taman dimulai pada 6 Oktober 1846, ketika seorang ilmuwan lokal bernama Samuel Botsford meyakinkan pemilik properti, Gad Norton, untuk mengizinkannya melakukan "eksperimen dalam listrik". 

Acara tersebut menarik banyak pengunjung, sehingga Norton terinspirasi untuk secara resmi membuka taman hiburan untuk umum.

Baca Juga: 8 Gaya Hijab Sporty Buat Kamu yang Bosen Tampil Feminin, Simple Tapi Gak Umbar Aurat

Lake Compounce awalnya digunakan untuk piknik dan barbekyu keluarga dan atraksi pertama ditambahkan sekitar tahun 1848. Dari 1986 - 1996, taman mengalami masa sulit dan tidak lagi menarik banyak orang. Setelah kepemilikan baru dan renovasi besar-besaran di akhir 1990-an, taman ini bangkit kembali dan masih populer hingga saat ini.

6. Tivoli Gardens

Taman hiburan Tivoli Gardens biasanya dikreditkan sebagai yang tertua kedua di dunia setelah Bakken, yang terletak di dekat Kopenhagen. 

Taman ini dibuka pada 15 Agustus 1843 oleh Georg Carstensen setelah mendapat persetujuan dari Raja Christian VIII. Penulis dongeng terkenal, Hans Christian Andersen, adalah salah satu tamu pertama taman itu - keindahan taman taman itu menginspirasi Andersen untuk menulis Nightingale.

Tivoli Gardens menjadi sangat terkenal di seluruh dunia sehingga Walt Disney mengunjungi taman tersebut beberapa kali untuk mendapatkan inspirasi sebelum Disneyland dibuka pada tahun 1955. Daya tarik Tivoli yang paling terkenal adalah Rutschebanen juga disebut Bjergbanen, roller coaster kayu yang beroperasi sejak 1914, menjadikannya salah satu taman dunia roller coaster kayu tertua.

7. Wurstelprater (Prater)

Wurstelprater, biasanya disingkat menjadi Prater, adalah taman hiburan tertua kedua di dunia. Sebelum dibuka untuk umum pada tahun 1766, taman ini berfungsi sebagai tempat berburu Kekaisaran Austria. 

Setelah Kaisar Josef II menjadikan pekarangan itu ruang publik, bar makanan ringan dan restoran mulai bermunculan, yang menjadi fondasi taman hiburan saat ini.

Sekitar tahun 1895, teater boneka dan "Venice in Vienna" didirikan. Selama Perang Dunia II, sebagian Prater dan daerah sekitarnya rusak dan taman dibangun kembali dengan bantuan prakarsa swasta. Saat ini, atraksi taman yang paling populer adalah Wiener Riesenrad, bianglala, yang telah menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Wina.

8. Bakken (Dyrehavsbakken)

Dyrehavsbakken ("The Animal Park’s Hill"), umumnya dikenal sebagai Bakken ("The Hill"), adalah taman hiburan tertua di dunia menurut Guinness World Records. 

Bakken pertama kali dibuka sekitar tahun 1583 setelah Kristen Pill menemukan mata air alami yang kini dikenal sebagai Jægersborg Dyrehave atau Dyrehaven. Pada saat itu, kualitas air di dekat Kopenhagen buruk dan mata air menarik banyak orang.

Baca Juga: Pasangan TikTokers Ini Beda 8 Tahun Tapi Kompak FYP Gaes

Akhirnya, para penghibur mulai tampil untuk pengunjung musim semi dan sebuah taman hiburan berkembang secara alami. Taman awal ini adalah tempat berburu kerajaan dan tidak dibuka untuk umum sampai tahun 1756. Atraksi taman yang paling populer adalah Rutschebanen, roller coaster kayu yang dibuka sejak 1932 hingga saat ini lho.




Disney landTaman Hiburan TertuaTaman hiburan pertamaTaman hiburan tertuaPenemu taman hiburan

Share to: