Menguak Alasan Kenapa Pemuda Indonesia Kepo sama Pilpres AS, Kamu Termasuk?

Menguak Alasan Kenapa Pemuda Indonesia Kepo sama Pilpres AS, Kamu Termasuk?

Menguak Alasan Kenapa Pemuda Indonesia Kepo sama Pilpres AS, Kamu Termasuk?

Menguak Alasan Kenapa Pemuda Indonesia Kepo sama Pilpres AS (Foto Istimewa)


Para pemuda Indonesia selalu kepo nih dengan ajang Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres) AS, apalagi di tahun 2020 ini. Kenapa sih?

Hal ini dikarenakan Pada Pilpres kali ini ada Donald Trump yang kembali mencalonkan diri dan juga lawannya Joe Biden yang pertarungannya berlangsung sengit.

Hal ini pun menjadi perhatian banyak pengamat dan juga pemuda kristis di Indonesia gaes. Berbagai alasan pun terkuak kenapa Pilpres ini menjadi sorotan pemuda Indonesia.

BACA JUGA: Senada Erdogan, Jokowi Kecam Presiden Perancis yang Lukai Umat Islam Gaes!

Berikut beberapa alasan kenapa Pemuda Indonesia kepo sama Pilpres AS, yang sudah dihimpun Tim KUYOu.id untuk kamu.

Kekhawatiran terhadap kedua calon

Salah seorang pengamat dari Universitas Padjadjaran Teuku Rezasyah, mengatakan kalau ada kekhawatiran diantara kedua calon ini jika mereka menang.

Menurutnya apabila Trump menang ia bakal semakin galak dan menekan Tiongkok, serta menekan negara lain untuk pro terhadap negaranya. Sementara itu apabila Biden yang menang, maka dikhawatirkan pemerintahan menjadi lemah dan ia akan bingung menghadapi masalah yang ditinggalkan presiden sebelumnya.

Pilpres AS mirip dengan Pilpres Indonesia

Selain itu banyak pemuda yang mengatakan kalau Pemilihan Presiden yang terjadi di Amerika hampir mirip dengan yang terjadi di Indonesia beberapa waktu lalu gaes. Hal ini dimiripkan setelah Trump diketahui mengklaim kemenangannya sebelum penghitungan suara selesai dan diumunkan. Bahkan Trump berencana untuk menggugat ke Mahkamah Agung untuk menghentikan penghitungan suara via pos yang masih belum selesai. Hal ini karena ia menilai telah terjadi kecurangan saat proses penghitungan surat suara.

Kemenangan keduanya jadi peluang bisnis bagi Indonesia

Alasan lain Pilpres AS menjadi sorotan pemuda Insonesia adalah karena siapapun yang menjadi presiden, kebijakannya akan tetap berpengaruh kepada negara-negara lainya.

Meski begitu, Indonesia tetap menjadi mitra terpenting bagi AS gaes. Hal ini dikarenakan AS akan menjauh dari China dan beralih ke negara lain di ASEA salah satunya Indonesia karena menjadi satu dari beberapa negara asal Impor yang bisa dijadikan alternatif penting bagi AS.

Yang harus dilakukan pemuda Indonesia

Hal ini tentu saja bisa terwujud jika bangsa Indonesia lebih aktif dan peduli terhadap permaslahan yang masih banyak terjadi di Indonesia.

Apalagi jika ditelaah lebih jauh, geo-ekonomi Indonesia yang kaya ini, memang sering menjadi rebutan banyak negara lain gaes.

Sebenernya Indonesia nggak perlu terlalu kepo terlalu jauh dengan Pilpres AS. Karena siapapun yang jadi presiden, tentunya bakal melihat Indonesia sebagai negara yang penting nih. Namun hal itu bisa terjadi kalau para pemuda dan bangsanya bisa menjaga keutuhan, dan kewaspadaan serta meningkatkan pembangunan nasional di negaranya ini.

BACA JUGA: Fakta-fakta Pesan Jokowi Kecam Presiden Perancis Macron yang Lukai Islam

Nah, itulah alasan kenapa pemuda Indonesia kepo sama Pilpres AS gaes. Kalau kamu termasuk yang kepo atau yang apatis nih?




Pilpres ASDonald TrumpJoe BidenPemilihan Presiden Amerika SerikatIndonesiaAmerika Serikat

Share to: