Biodata Kamala Harris, Lengkap Umur dam Agama, Wakil Presiden Wanita Pertama AS

Biodata Kamala Harris, Lengkap Umur dam Agama, Wakil Presiden Wanita Pertama AS

Biodata Kamala Harris, Lengkap Umur dam Agama, Wakil Presiden Wanita Pertama AS

Biodata Kamala Harris, Lengkap Umur dam Agama (Foto: Instagram.com/kamalaharris)


Berikut biografi dan biodata Kamala Harris Wakil Presiden wanita pertama Amerika Serikat (AS).

Seperti yang kita ketahui, Amerika telah memilih Demokrat Joe Biden sebagai presiden ke-46 yang berjanji untuk memulihkan ketenangan dan kebenaran setelah masa jabatan tunggal Donald Trump yang melelahkan namun juga menarik.

Kini, Joseph R. Biden Jr. bersama dengan wakilnya, Kamala Devi Harris akan memimpin Amerika Serikat dalam beberapa tahun kedepan gaes.

Bukan hanya Joe Biden, wakil perempuannya ini juga tak ada hentinya menjadi sorotan dunia lho. Pasalnya, dia adalah wanita dan orang kulit hitam pertama yang yang menjabat sebagai wakil presiden.

Berikut sosok Kamala Harris melalui biografi singkatnya berdasarkan data yang dirangkum oleh tim KUYOU.id berikut ini.

1. Siapa Kamala Harris?

Setelah menempuh pendidikan di Howard University dan Universitas California's Hastings College of the Law, Kamala Harris memulai karirnya melalui sistem hukum California. Dia muncul sebagai jaksa agung negara bagian pada tahun 2010. 

Baca Juga: Biodata Joe Biden, Lengkap Umur dam Agama, Presiden Baru AS Gaes

Setelah pemilihan November 2016, Harris menjadi wanita Afrika-Amerika kedua dan orang Amerika Asia Selatan pertama yang memenangkan kursi di Senat AS. 

Pada Agustus 2020, Joe Biden mengumumkan Harris sebagai cawapres dan setelah persaingan ketat, Biden dan Harris terpilih pada November 2020.

2. Kehidupan dan Masa Kecil Kamala Harris

Dia lahir dengan nama Kamala Devi Harris pada tanggal 20 Oktober 1964 di Oakland, California. Dibesarkan di lingkungan yang didominasi Afrika-Amerika di Berkeley.

Ibu Harris, Shyamala, beremigrasi dari India untuk kuliah di University of California, Berkeley, di mana dia bertemu ayah Harris yang merupakan  kelahiran Jamaika, bernama Donald. 

Bukan berasal dari keluarga sembarangan, Shyamala mengukir karir sebagai peneliti kanker payudara terkenal, sementara Donald menjadi profesor ekonomi Universitas Stanford lho gaes. 

Ibunya juga memastikan bahwa Harris dan adik perempuannya, Maya, mempertahankan ikatan dengan warisan India. Mereka dibesarkan dengan kepercayaan Hindu dan membawa mereka ke negara asalnya setiap beberapa tahun gaes.

Orang tua Harris bercerai ketika dia berusia tujuh tahun, dan pada usia 12 dia pindah bersama ibu dan saudara perempuannya ke Montreal, Quebec, Kanada.

Dia belajar berbicara sedikit bahasa Prancis selama waktunya di Quebec. Dia kemudian menunjukkan naluri politiknya yang berkembang dengan mengorganisir protes terhadap pemilik bangunan yang tidak mengizinkan anak-anak tetangga bermain di halaman.

3. Awal Karier

Setelah diterima di State Bar of California pada tahun 1990, Harris memulai karirnya sebagai wakil jaksa wilayah di Alameda County.

Baca Juga: Fakta Konspirasi Melania Trump Palsu Lagi Hangat di Medsos, Simak Lengkapnya Nih

Dia menjadi pengacara pengelola Unit Kriminal Kareir di Kantor Kejaksaan Distrik San Francisco pada tahun 1998, dan pada tahun 2000 dia ditunjuk sebagai kepala Divisi Komunitas dan Lingkungan.

kala itu. dia mendirikan Biro Keadilan Anak pertama di negara bagian lho gaes.

Singkatnya, dia menjadi Jaksa Wilayah San Francisco pada tahun 2003 dan Jaksa Agung California pada November 2010. Lagi-lagi dia menjadi orang Afrika-Amerika pertama dan wanita pertama yang memegang posisi tersebut!

Pada November 2016, Harris dengan mudah mengalahkan anggota Kongres Loretta Sanchez untuk mendapatkan kursi Senat AS dari California, sehingga menjadi wanita Afrika-Amerika kedua dan orang Amerika Asia Selatan pertama yang masuk Senat.

4. Terpilih sebagai Wakil Presiden AS tahun 2020

Pada 21 Januari 2019, selama wawancara Martin Luther King Jr. Day di Good Morning America, Harris mengumumkan bahwa dia mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2020.

Harris menonjol sebagai salah satu pemain terbaik dalam debat primer pertama Partai Demokrat pada akhir Juni.

Baca Juga: Biodata dan Biografi Donald Trump: Umur, Agama dan Kisah Hidup Keluarganya

Pada 7 November 2020, empat hari setelah hari pemilihan, Biden dideklarasikan sebagai presiden terpilih ke-46. Ini membawa Harris sebagai wakil presiden wanita pertama dan orang kulit hitam pertama dan orang Amerika keturunan Asia yang memegang posisi tersebut.

5. Profil dan Biodata

Nama Lahir: Kamala Devi Harris

Nama: Kamala Harris

Tempat tanggal Lahir:  Oakland, California, 20 Oktober 1964 

Umur: 56 Tahun

Agama: Dibesarkan dengan kepercayaan Hindu dan Kristen

Pendidikan: Howard University dan Universitas California's Hastings College of the Law

Profesi: Wakil Presiden Amerika Serikat ke-46

Nama pasangan: Douglas Emhoff

Instagram: @kamalaharris 




Kamala HarrisBiografi Kamala HarrisJoe Bidenbiodata Kamala HarrisAmerika Serikat

Share to: