Mengenal 6 Tokoh Pahlawan Nasional, Anak Muda Dijamin Enggak Hafal

Mengenal 6 Tokoh Pahlawan Nasional, Anak Muda Dijamin Enggak Hafal

Mengenal 6 Tokoh Pahlawan Nasional, Anak Muda Dijamin Enggak Hafal

Mengenal 6 Tokoh Pahlawan Nasional, Anak Muda Dijamin Enggak Hafal (Foto: Wikipedia)


Hari Pahlawan tepat jatuh pada hari ini, 10 November 2020. Yuk mengenal 6 tokoh pahlawan Nasional yang belum banyak orang tahu. 

BACA JUGA: Fakta Sejarah Hari Pahlawan Nasional yang Harus Kamu tahu, Nasionalisme Harus Gelora Gaes!

Tepat pada peringahtan Hari Pahlawan Nasional ini, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh terpilih. 

Menurut penuturan Menteri Sosial, Juliari P Batubara, bakal ada 6 tokoh yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional tahun ini. Upacara penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional bakal dilaksanakan di Istana Negara pada Selasa, 10 November 2020. 

"Jika tidak ada perubahan, Presiden akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh. Nama-nama tentunya sudah melalui proses seleksi oleh Kementrian Sosial serta Dewan Gelar dan Tenda Kehormatan," ungkap Juliari. 

Kira-kira siapa aja 6 tokoh yang bakal dianugerahi gelar Pahlawan Nasional? Simak berikut ini. 

1. Sultan Baabullah

Sultan Baabullah merupakan Sultan ketujuh dan penguasa ke 24 Kesultanan Ternate di Kepulauan Maluku. Ia memerintah antara Tahun 1570 hingga 1583. Pada masa kepemimpinannya, ia berhasil mengusir bangsa Portugis. Saat itu juga menjadi masa keemasan Kesultanan Ternate. 

2. Machmud Singgirei Rumagesan

Machmud Singgirei Rumagesan merupakan pendiri Tjendrawasih Revolutionary Movement of West Irian (GTRIB). Ia dianggap telah berjasa dalam tonggak sejarah bangsa. Ia sekaligus seorang tokoh asal Papua Barat pertama yang meyandang gelar Pahlawan Nasional.

3. Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto

Perlu diketahui gaes, Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto merupakan Kepala Kepolisian pertama Indonesia yang menjabat pada 29 September 1945 sampai 14 Desember 1959. 

Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto dinilai berperan penting dalam meletakkan struktur dasar, watak, dan falsafah Kepolisian RI. 

4. Arnold Mononutu

Arnold Mononutu merupakan seorang Menteri Penerangan pada masa Presiden Soekarno. Ia juga merupakan Duta Besar pertama untuk China. Pada masa jabatannya, ia dianggap telah berperan penting dalam mempromosikan semangat persatuan bersama Soekarno di tengah maraknya pemberontakan di berbagai daerah di Indonesia. 

Pemilik nama lengkap Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu itu jugalah yang pertama kali mengumumkan nama Batavia menjadi Jakarta pada Konferendi Meja Bundar di Den Haag, 1949. 

5. Amin Nasution

Amin Nasution merupakan Gubernur pertama Sumatera Utara dan Riau. Amin Nasution merupakan figur penting dalam menyatukan gerakan kepemudaan daerah ke dalam Komisi Besar Indoneisa serta menjadi salah satu tokoh yang mengonsepkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 silam.

BACA JUGA: Sie Kong Liong, Tokoh Sumpah Pemuda Keturunan Tionghoa, Jarang Diketahui

6. Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi

Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi merupakan  seorang panglima perang Jambi yang dikenal ditakuti oleh bangsa Belanda saat itu. Ia mendapat mandat untuk menyingkirkan Belanda di berbagai daerah, diantaranya adalah Sarolangun, Merangin, Bungo, Muarojambi, Kumpeh, Pematang Lumut, Merlung, dan Muarotembesi. 

Itulah 6 Pahlawan Nasional baru yang belum banyak naak muda ketahui.

BACA JUGA: Daftar Tokoh Sumpah Pemuda yang Berperan Proklamasi Kemerdekaan RI, Wajib Tahu




6 Tokoh Pahlawan NasionalPahlawan NasionalHari PahlawanArnold MononutuSultan BaabullahMachmud Singgirei RumagesanJenderal Polisi (Purn) Raden Said SoekantoAmin NasutionRaden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi

Share to: