Daftar Pernikahan Termahal di Indonesia versi TikToker, Kamu yang Mana?

Daftar Pernikahan Termahal di Indonesia versi TikToker, Kamu yang Mana?

Daftar Pernikahan Termahal di Indonesia versi TikToker, Kamu yang Mana?

Foto Kolase Pernikahan Adat Termahal di Indonesia (Foto: TikTok @robbydarmawan11)


Beberapa suku dikenal mewarisi  prosesi adat pernikahan yang kompleks dengan biaya yang mahal. Seorang TikToker bernama Robby Darmawan mengungkap daftar pernikahan termahal di Indonesia. Kira-kira kamu yang mana nih?

Seperti kita ketahui bersama, Indonesia terdiri dari beragam adat dan kebudayaan. Nah dari situlah prosesi pernikahan adat pun beragam. 

BACA JUGA: 8 Tips Kelola Uang Pasca Nikah dari Ahli, Karena Makan Cinta Gak Kenyang Gaes

Meskipun terbilang cukup mahal, masih banyak orang yang tetap menerapkan prosesi adat pernikahan itu lhoh. Hal tersebut demi kelestarian adat dan budaya Tanah Air. 

Melalui akun TikToker bernama Robby Darmawan, ada deretan daftar pernikahan adat termahal di Indonesia? Video yang diunggah pada 22 Desember 2020 ini sudah ditonton oleh 1,9 juta kali. 

Ini dia nih daftar pernikahan adat termahal yang ada di Indonesia. 

1.  Adat Bugis bisa memakan biaya hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah lho gaes. 

2. Prosesi Adat Minangkabau ini juga memakan biaya hingga ratusan juta untuk upacara adat. 

3. Adat Banjar menjadi salah satu pernikahan adat termahal. Mereka mengenal istilah Maatar Jujuran atau uang jujuran yang digunakan untuk biaya pesta dan perlengkapan rumah tangga. 

4. Pernikahan Adat Batak gak kalah mahal nih dari prosesi adat daerah lain. Banyak ritual khusus yang juga memakan biaya yang cukup mahal. 

5. Pernikahan Adat Nias biasanya mengenal mahar dengan tingkat pendidikan calon perempuan. Semakin tinggi tingkat pendidikannya semakin tinggi mahar yang harus diberikan. 

6. Bali juga mengenal prosesi pernikahan Adat yang nggak murah gaes. Dari mulai proses pengenalan keluagra, lamaran, hingga pernikahan adat Bali bisa menghabiskan cukup banyak biaya. 

7. Pernikahan Adat Sasak biasanya disesuaikan dengan jarak dari rumah perempuan ke keluarga laki-laki. Semakin jauh, maka akan semakin mahal pula maharnya.   

BACA JUGA: Fakta Pegawai Kelurahan Ungkap Pendaftaran Pernikahan Adipati Dolken

Nah itu dia daftar pernikahan adat termahal yang ada di Indonesia gaes. Kamu mau melangsungkan pernikahan adat yang mana nih kira-kira? Kalau kamu mau tahu selengkapnya, bisa kamu tonton video TikToker berikut ini gaes. 

 

@robbydarmawan11

Pernikahan-Pernikahan Adat Termahal Yang Ada Di Indonesia 🇮🇩✅. Sc:Brilio.net 👈. ##fyp ##foryoupage ##trending ##belajaronline ##tiktokharbolnas

♬ Figurinha - Ao Vivo - Douglas & Vinicius




pernikahanpernikahan adat termahalpernikahan adatprosesi pernikahan adatpernikahan adat termahal IndonesiaTikToker

Share to: