Ini Langkah Awal yang Harus Dilakukan saat Banjir, Siaga Akhir Tahun Gaes!

Ini Langkah Awal yang Harus Dilakukan saat Banjir, Siaga Akhir Tahun Gaes!

Ini Langkah Awal yang Harus Dilakukan saat Banjir, Siaga Akhir Tahun Gaes!

Kolase Foto Siaga Banjir Akhir Tahun (Foto: dok. Istimewa)


Akhir tahun 2020 semakin dekat, namun curah hujan yang terus meningkat membuat kita harus memberikan langkah awal agar siap menghadapi banjir gaes. Bagaimana caranya? Yuk langsung cek dibawah ini ya gaes. 

Curah hujan sepertinya semakin lama semakin meningkat, mengingat memang bulan ini menjadi salah satu bulan yang justru selalu diwaspadai oleh warga Jakarta dan sekitarnya. Apalagi ini sudah menuju akhir tahun gaes. 

BACA JUGA: Bandingkan Dirinya Pakai Makeup dan Tanpa Makeup, Soimah Banjir Pujian

Semakin hari sepertinya hujan terus berdatangan dimana tidak ada hentinya. Ada baiknya mulai dari sekarang warga Jakarta dan sekitarnya harus bersiap untuk melakukan langkah awal ketika banjir datang. 

Berikut ini merupakan rangkuman dari Tim KUYOU.id mengenai langkah awal yang harus dilakukan saat banjir mulai datang di musim hujan ini gaes. 

Mempersiapkan peralatan yang berguna

Sebagai warga yang baik kamu harus mempersiapkan beberapa peralatan yang berguna ketika banjir datang seperti power bank, lalu pisau, lampu emergency, sepatu bot, jas hujan, juga kunci cadangan rumah maupun kendaraan pribadi. 

BACA JUGA: Ajari Anaknya Berjalan, Shandy Aulia Banjir Kritikan Netizen

Mengamankan dokumen penting

Dokumen menjadi salah satu hal yang paling berharga dimana kamu sebaiknya menyimpan hal tersebut dengan baik gaes. Simpanlah dokumen ditempat yang tinggi atau ditaruh di tempat yang tidak dapat ditembus oleh air. Bisa juga kamu masukan ke dalam tas agar bisa kamu angkut saat banjir mulai datang. 

Pastikan alat elektronik aman

Alat-alat elektronik pun juga menjadi barang yang paling rentan terhadap banjir dan juga air. Pastikan saja gaes alat-alat elektronik tersbeut pun kamu pindahkan terlebih dahulu ke tempat yang lebih tinggi sehingga aman. 

Mempunyai logistik makanan

Makanan menjadi hal yang penting ketika banjir akan datang. Kamu harus mempersiapkan beberapa barang untuk makanan cadangan seperti mie instan dan lain sebagainya. Karena saat banjir datang, bisa dipastikan kamu akan kekurangan stok makanan. 

Selalu pantau masalah banjir

Untuk memastikan posisi banjir yang ada, kamu bisa memantau ketinggian air melalui website posko bajir gaes. Terlihat dalam web ini jika ketinggian dari Bendungan Katulampa (Hulu) masih dalam keadaan tetap dan statusnya pun masih normal. Website ini sendiri juga memberikan info yang akurat dan selalu update setiap harinya gaes. 

Itu dia gaes beberapa cara dan langkah awal yang harus dilakukan ketika banjir melanda tempat kamu. Pastikan kamu selalu untuk waspada menghadapi banjir di akhir tahun ini ya gaes. 

BACA JUGA: Bikin Salut, Driver Ojol Ini Rela Dorong Motor dan Biarkan Penumpangnya Tetap Duduk saat Terobos Banjir




siaga banjirbanjir akhir tahunsiaga banjir jakartaposko banjir jakartalangkah awal saat banjir

Share to: