Tips Cara Belanja Online yang Aman, Kamu Wajib Tahu Ini Gaes!

Tips Cara Belanja Online yang Aman, Kamu Wajib Tahu Ini Gaes!

Tips Cara Belanja Online yang Aman, Kamu Wajib Tahu Ini Gaes!

Cara belanja online yang aman (Foto: Berbagai Sumber)


Berikut ini adalah tips cara belanja online dengan aman agar terhindar dari hal-hal yang nggak diinginkan, yang tentunya wajib banget kamu ketahui nih gaes.

Seperti yang kita tahu, belanja online emang nyaman dan mudah banget kita lakukan. Pasalnya, kamu tidak perlu ribet keluar rumah untuk mencari barang yang kamu inginkan ke tempat atau toko lain. 

Dengan belanja online lewat ponsel pintar, kamu hanya perlu berbelanja sampai menemukan barang yang harganya kamu inginkan saja. Dengan mengandalkan jasa kurir, kamu tinggal menunggu paket sampai ke depan pintu tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah gaes.

Meski begitu, kamu juga harus memastikan kalau produk akan tiba tepat waktu, memiliki garansi yang sesuai dengan apa yang kamu bayarkan pada penjual, dan yang paling penting adalah kualitas produk sesuai dengan apa yang kamu harapkan gaes. 

BACA JUGA: Cara Membuat Tabungan Viral Di TikTok, Dapat Rp 10 Juta dalam Setahun Gaes!

Nah, untuk memastikan itu semua, kamu bisa menerapkan beberapa cara yang sudah Tim KUYOU.id rangkum berikut ini untuk meningkatkan keamanan berbelanja online yang akan kamu lakukan gaes. 

Koneksi Internet

Sebelum belanja online baiknya pastikan dulu koneksi internet kamu aman gaes. Pasalnya, koneksi internet sangat mempengaruhi kualitas belanja online. Kenapa begitu? Karena dengan koneksi internet yang baik kamu bisa mencari dengan sangat teliti barang yang kamu butuhkan gaes. 

Coba saja kalau kamu pakai koneksi internet yang buruk pasti bakal bikin kamu males dan bosen untuk scrolling gaes.

Kenali Pedagang dan Reputasinya

Jika kamu ingin berbelanja online jangan lupa untuk pastikan dulu toko yang kamu pilih memiliki review yang baik. Dari mulai pelayanan sampai kualitas mutu produknya gaes.

Kalau memungkinkan, kamu juga perlu membandingkan toko satu dengan toko yang lainnya gaes, agar kamu bisa mendapatkan barang atau produk yang tepat dan tentunya aman. 

Hindari Tawaran yang Aneh

Nggak bisa dipungkiri kalau harga barang yang dijual di toko online sering kali jauh lebih murah dibandingkan dengan toko offline. Iya nggak sih gaes?

Bahkan penawarannya pun kadang bikin kita geleng-geleng kepala. Kamu boleh tergiur, tapi harus tetap  berhati-hati jangan karena harganya yang murah kamu membeli barang itu. Takutnya barang yang kamu beli malah mengecewakan gaes. 

Gunakan Kata Sandi Khusus

Buat kamu yang maniac belanja online, disarankan benget menggunakan password alias kunci keamanan untuk aplikasi yang kamu pakai gaes. Gunanya agar aplikasi yang kamu pakai tetap aman dan nggak bisa disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

BACA JUGA: Tips Dan Trik Skripsian Ala Dosen Ira Mirawati Viral TikTok, Wajib Banget Dicoba Gaes

Selain itu, bagi kamu yang selalu isi saldo diaplikasi belanja online wajib banget mengunci aplikasi agar selalu aman ya gaes.  

Periksa Syarat Dan Ketentuan 

Memperhatikan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh toko dimana kamu membeli barang juga nggak kalah penting lho gaes. Biasanya setiap toko memiliki aturannya sendiri. Makanya, harus lebih teliti dan jangan sampai salah dalam berbelanja online.

Misalnya nih, saat kamu berbelanja disalah satu toko , toko itu memberikan fasilitas gratis biaya pengiriman. Sedangkan, saat kamu berbelanja ditoko lainnya kamu harus membayar biaya pengirimannya. 

Gunakan Toko Online Terpercaya

Untuk memastikan apakah toko yang dipilih adalah toko terpercaya atau tidak, kamu bisa melihatnya dari kategori toko itu sendiri gaes. Toko yang terpercaya pasti memiliki reputasi yang baik dan juga biasanya sudah dikunjungi banyak orang dan menjual banyak produk dengan review yang bagus. 

Berikan Alamat yang Tepat

Ketika belanja online barang yang dibeli akan langsung sampai ke alat penerimanya. Makanya kamu perlu banget nih memastikan alamat yang didaftarkan adalah alamat yang tepat, agar tidak menyulitkan kurir saat mengantar paket gaes. 

Nah, itu dia beberapa tips cara belanja online yang aman gaes. Jangan sampai ketinggalan tips dan trik menarik lainnya yang bisa kamu temukan hanya di KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)

BACA JUGA: Tips Membuat Perjalanan Liburan Mudah & Menyenangkan, Dijamin Harimu Seru Banget Gaes




Tips Belanja OnlineCara Belanja Online yang AmanCara Belanja OnlineBelanja OnlineBelanja Online dengan AmanTips dan Trik

Share to: