Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Telinga dengan Baik, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Telinga dengan Baik, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Telinga dengan Baik, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Cara menjaga kesehatan telingan dengan baik, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau menjaga kesehatan telinga, ada beberapa tips dan triknya nih yang harus diketahui gaes.

Seperti yang kita tahu, telinga merupakan salah satu organ tubuh paling penting yang berfungsi sebagai alat pendengaran. Pendengaran yang baik akan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari gaes. Makanya penting banget nih buat kamu menjaga kesehatan alat pendengaran alias telinga gaes. 

BACA JUGA: Tips Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan alami, Cek Disini Gaes!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum tips dan trik menjaga kesehatan telinga dengan Baik gaes. Penasaran tips dan triknya seperti apa? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Berhenti Membersihkan Telinga Dengan Kapas

Kebanyakan orang sering kali menggunakan kapas untuk membersihkan kotoran dari lubang telinga, tapi sebenarnya hal ini jelas tidak disarankan gaes. 

Pasalnya, sedikit kotoran yang ada di telinga adalah kondisi yang normal. Telinga adalah organ tubuh yang bisa membersihkan diri sendiri lho gaes. 

Selain itu, memasukkan apapun ke dalam saluran telinga sangat berisiko merusak organ sensitif yang ada dalam telinga, seperti gendang telinga. Sehingga disarankan buat kamu berhenti membersihkan telinga dengan kapas pembersih. Kalau pun mau melakukannya harus ekstra hati-hati dan jangan terlalu sering ya gaes.

Pastikan Telinga Selalu Kering

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga telinga dalam keadaan kering gaes. Kelembaban yang berlebihan bisa menyebabkan bakteri masuk dan menyerang saluran telinga. Hal ini bisa menyebabkan infeksi telinga yang membahayakan kemampuan pendengaran lho gaes.

BACA JUGA: Kisah Fahd Pahdepie Hadapi COVID19, Berbagi Tips Kesembuhan dan Makna Ikhlas

Misalnya nih setelah mandi atau berenang kamu harus mengeringkan telinga dengan baik sampai benar-benar kering. kalau masih merasakan ada air di telinga, miringkan kepala ke samping dan tarik perlahan cuping telinga untuk mengeluarkan airnya gaes.

Kecilkan Volume saat Memakai Headphone 

Buat kamu yang suka menikmati musik lewat headphone atau earbud bisa mengikuti aturan 60/60. Dimana disarankan untuk mendengarkan musik pakai headphone dengan volume nggak lebih dari 60 persen selama 60 menit sehari atau bisa mengecilkan volume saat menggunakan headphone gaes. 

Sebagai informasi aja nih, musik keras apapun baik menggunakan headphone atau tidak bisa menimbulkan risiko gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan gaes.

Biarkan Telinga Rileks 

Kalau kamu suka mendengarkan suara yang cukup keras dalam jangka waktu lama, seperti di konser atau bar, penting benget nih membiarkan telinga rileks untuk pulih gaes.

Terlebih lagi, para peneliti sudah menemukan kalau telinga membutuhkan rata-rata 16 jam ketenangan untuk pulih dari satu malam yang keras.

Lakukan Pemeriksaan Rutin 

Penting banget nih buat kamu untuk melakukan pemeriksaan rutin pada tubuh, terutama telinga gaes. Karena gangguan pendengaran biasanya akan berkembang secara bertahap, sehingga kamu juga disarankan untuk melakukan konsultasi pendengaran tahunan dengan ahli kesehatan pendengaran.

Dengan begitu, kamu akan lebih cenderung mengenali tanda-tanda gangguan pendengaran dan segera mengambil tindakan.

Kurangi Stress

Stres dan kecemasan biasanya akan dikaitkan dengan tinnitus sementara dan permanen (telinga berdenging). Stres yang tinggi menyebabkan tubuh menjadi tidak stabil gaes. 

Proses ini memberi banyak tekanan pada saraf, aliran darah, panas tubuh, dan lainnya. Biasanya stress diperkirakan bisa menjalar ke telinga bagian dalam dan berkontribusi pada gejala tinnitus yang membahayakan telinga lho gaes. 

Gunakan Penutup Telinga Jika Dibutuhkan 

Banyak orang mengalami gangguan pendengaran yang terkadang disebabkan oleh kebisingan area kerja keras atau lingkungan sekitarnya. 

Misalnya nih bunyi mesin pemotong rumput, gergaji mesin, dan suara bising lainnya yang memaksa kamu berteriak agar orang di sebelah kamu bisa mendengar suaramu. Hal ini menciptakan tingkat suara yang berbahaya untuk telinga lho gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Menurunkan Demam Secara Alami Tanpa Obat, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Oleh karena itu, disarankan buat kamu yang sering berada dilingkungan dengan tingkat kebisingan tinggi untuk menggunakan alat menutup telinga seperti Headphone atau earphone gaes. 

Nah, itu dia tips dan trik menjaga kesehatan telinga dengan baik gaes. Jangan sampai ketinggalan tips dan trik lainnya hanya di KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Cara Menjaga Kesehatan TelingaTips Menjaga Kesehatan TelingaTrik Menjaga Kesehatan TelingaCara Membersihkan Telinga dengan BenarCara Bikin Telinga SehatTips dan Trik

Share to: