Fakta Lengkap Dibalik Bencana Galian Tambang Tanah Tumbu Kalimantan, Terjebak Berhari-hari dan Hingga Korban Tewas

Fakta Lengkap Dibalik Bencana Galian Tambang Tanah Tumbu Kalimantan, Terjebak Berhari-hari dan Hingga Korban Tewas

Fakta Lengkap Dibalik Bencana Galian Tambang Tanah Tumbu Kalimantan, Terjebak Berhari-hari dan Hingga Korban Tewas

Kolase Foto TKP Pekerja Galian Tambang Terjebak (Foto: dok. Istimewa)


Baru-baru ini ada sebuah bencana galian tambang Tanah Tumbu Kalimantn yang menelan koban jiwa gaes. Bagaimanakah kejadiannya? Berikut ini fakta lengkap yang dirangkum Tim KUYOU.id. 

Sebuah kejadian mengerikan terjadi di Tanah Tumbu, Kalimantan gaes. Dimana ada longsor yang menimbun sebuah lubang galian tambang. Diketahui sekitar 10 pekerja tambang batu bara terjebak disana. 

BACA JUGA: Fakta-fakta Penelusuran Jurnalrisa di Lahan Bekas Pertambangan, Ada Kerajaan Ular Gaes

Berikut ini merupakan rangkuman fakta lengkap dibalik bencana galian tambang Tanah Tumbu, Kalimantan yang menyebabkan pekerja terjebak hingga tewas. 

7 orang berhasil menyelamatkan diri dari longsor tersebut

Sebelum longsor terjadi, ternyata ada 17 pekerja yang sedang bekerja gaes. Saat kejadian berlangsung, hanya tujuh orang yang bisa selamat, sedangkan 10 orangnya lagi terjebak di dalam lubang galian tambang. 

Proses evakuasi dilakukan untuk menyelamatkan para pekerja

Setelah mendengar kejadian tersebut akhirnya tim Basarnas segera menerjunkan personel tersebut dan berusaha sekuat tenaga untuk membuka lubang galian tambang yang sudah tertutup oleh longsor tersebut gaes. 

"Tujuh orang diketahui berhasil menyelamatkan diri dan saat ini masih ada 10 orang yang masih terjebak" kata Kepala Basarnas Banjarmasin, Sunarto. 

BACA JUGA: Bikin Salut, Pekerja Tambang Ini Tetap Tunaikan Salat Meski Sibuk Bekerja

Evakuasi semakin sulit karena hujan deras gaes

Ternyata untuk menyelamatkn 10 pekerja tersebut tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan hujan deras mempersulit proses penyelamatan dan juga tanahnya bercampur dengan air hingga menjadi lumpur. Hal ini menutupi lubang galian yang ada. 

Melakukan penyedotan air untuk mempercepat evakuasi

Akhirnya tim Basarnas pun melakukan penyedotan air untuk mengeluarkan lumpur tersebut menggunakan pompa mereka gaes. Saat itu para pihak berwajib memastikan para pekerja lainnya tidak ada yang berada di lokasi dan juga berharap kondisi para pekerja yang terjebak tetap aman.

Belum ada hasil di hari ketiga

Tim Basarnas berusaha keras untuk menyelamatkan para pekerja tambang yang terjebak tersebut. Namun sudah tiga hari, masih belum ada hasil gaes. Kondisi medan yang tidak memungkinkan untuk membawa alat berat ke lokasi menjadi kendala untuk mempercepat evakuasi. 

Seluruh pekerja yang terjebak dinyatakan meninggal dunia

Setelah seluruh usaha dilakukan, akhirnya tim Basarnas mulai menemukan satu per satu jenazah dari para pekerja yang terjebak tersebut. Namun sayangnya para pekerja tersebut sudah tidak bernyawa lagi gaes. Tubuh para korban dibawa ke Rumah Sakit Marina dan dipindahkan ke RSUD dr H Andi Abdurahman Noor Tanah Bumbu. 

"Untuk jenazah kedua korban saat ini di Rumah Sakit Marina dan akan dipindahkan ke RSUD dr H Andi Abdurahman Noor Tanah Bumbu untuk diidentifikasi dan visum" kata Kapolres Tanah Bumbu AKBP, Himawan Sutarto Saragih. 

BACA JUGA: Hikmah Anisa Lubis, Cewek Cantik Sopir Truk Tambang yang FYP di TikTok Gaes

Itu dia fakta lengkap dibalik bencana galian tambang Tanah Tumbu Kalimantan, dimana korban terjebak berhari-hari hingga korban tewas. Jika kamu ingin melihat berita terbaru, cek langsung di KUYOU.id. 




longsor galian tambanggalian tambangfakta pekerja terjebak galian tambangpekerja terjebak galian tambanggalian tambang kalimantan

Share to: