8 Tips Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

8 Tips Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

8 Tips Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

Tips diet sehat menurunkan berat badan (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau diet sehat untuk menurunkan berat badan, ada tipsnya nih yang harus kamu tahu gaes.

Mungkin buat sebagian orang akan merasa kurang percaya diri kalau punya badan yang gemuk. Maka dari itu, banyak orang-orang yang menghalalkan segala cara untuk diet agar membuat badan mereka terlihat kurus gaes. 

Namun, terkadang diet yang terlalu ketat akan menimbulkan efek samping yang menyiksa, misalnya nih tubuh akan mudah lemas dan bahkan bisa saja jatuh sakit lho. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Menjaga Kulit Tetap Sehat Menawan, Mau Coba?

Tapi selain itu, ada juga lho diet ketat yang pastinya sehat untuk badan dan bisa menurunkan berat badan gaes. Apa itu? Yuk simak tipsnya berikut ini. 

1. Berhenti Makan Sebelum Kenyang 

Tips yang pertama adalah berhenti makan sebelum perut terlalu kenyang gaes. Karena dengan begini kamu bisa perlahan menurunkan berat badan. 

Selain itu, berhenti makan sebelum kenyang artinya akan mengurangi porsi makan secara tidak langsung lho gaes.

2. Kunyah dan Nikmati Makanan Secara Perlahan 

Salah satu cara mengkonsumsi makanan yang baik adalah dengan menikmati dan mengunyahnya secara perlahan gaes. Makan dengan cara ini tak hanya membuat sistem pencernaan berfungsi dengan baik, Tapi juga bisa  membantu dalam menurunkan berat badan lho gaes.

Pasalnya, saat kamu mengunyah makanan dengan cepat, serat serta kandungan gizi lain yang terdapat pada makanan otomatis tidak terserap dengan baik oleh tubuh. Alhasil, makanan yang sudah dikonsumsi akan menumpuk di dalam tubuh dan berubah menjadi lemak gaes. 

Sebaliknya, kalau kamu mengunyah makanan secara perlahan. Serat dan kandungan gizi makanan bisa terserap dengan baik oleh tubuh, sehingga makanan yang kamu makan tidak sia-sia dan yang terpenting adalah membuat kamu cepat kenyang.

3. Banyak Minum Air Putih

Tips yang ketiga adalah banyak minum air putih gaes. Air putih berkhasiat untuk memperbaiki metabolisme tubuh, sehingga sistem pencernaan dan aliran darah juga menjadi lebih lancar. Cara ini sangat bagus untuk program diet kamu gaes. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Duduk Anti Pegal Selama Bekerja, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

4. Selalu Bahagia

Buat kamu yang belum tahu, stress ternyata merupakan salah satu kendala dalam menurunkan berat badan lho gaes. Makanya, disarankan kalau mau program diet harus selalu bahagia. Pasalnya, orang yang sering tertawa akan lebih cenderung sering bahagia, sehingga bisa memperlancar aliran darah.  

Menurut jurnal penelitian tentang obesitas menyatakan bahwa dengan tertawa energi meningkat hingga 20% sehingga bisa membantu diet gaes.

5. Tidur dengan Nyenyak 

Setiap harinya orang dewasa membutuhkan waktu 8 jam untuk tidur atau beristirahat. Pastikan setiap harinya, 8 jam ini terpenuhi dengan baik untuk beristirahat tanpa terganggu dengan berbagai urusan gaes. 

Dengan tidur yang cukup, kulit bisa beregenerasi dengan baik, metabolisme tubuh pun menjadi lancar, dan yang terpenting adalah sistem pencernaan bisa bekerja dengan maksimal. Sehingga sari makanan yang dikonsumsi bisa diserap oleh tubuh dan nggak ada lagi lemak yang menumpuk gaes.

6. Stop Makan Setelah Jam 6 Sore

Seharusnya setelah aktivitas sudah selesai, kamu nggak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Tapi kalau benar-benar terasa lapar bisa mengkonsumsi buah apel atau pisang gaes. Karena pada malam hari tubuh dan pikiran akan beristirahat, sehingga tidak akan menghabiskan banyak energi lagi. 

7. Perbanyak Makan Serat 

Mengkonsumsi makanan yang berserat sangat berguna untuk mengontrol berat badan gaes. Pasalnya kamu akan merasa kenyang dalam waktu yang lama. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Paru-paru dengan Baik, Kamu Harus Tahu Gaes!

Jadi, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi, seperti roti gandum dan kacang-kacangan ya gaes!

8. Hindari Cemilan 

Ngemil cemilan adalah kegiatan yang paling pas untuk dilakukan saat sedang bersantai, menonton film, dan membaca buku. Tapi sayangnya, terlalu banyak ngemil cemilan akan memberi kontribusi kalori lebih dalam pada tubuh gaes. Makanya, disarankan untuk kamu yang sedang diet agar menghindari konsumsi cemilan.

Nah, itu dia 8 tips diet sehat untuk menurunkan berat badan gaes. Jangan sampai ketingggalan informasi tips lainnya hanya di KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Diet SehatCara Diet SehatTips Turunkan Berat BadanDiet Sehat Turunkan Berat BadanCara Turunkan Berat BadanTips Diet

Share to: