Tips dan Trik Mewarnai Rambut Sendiri, Gampang Banget Dicoba Gaes!

Tips dan Trik Mewarnai Rambut Sendiri, Gampang Banget Dicoba Gaes!

Tips dan Trik Mewarnai Rambut Sendiri, Gampang Banget Dicoba Gaes!

Cara mewarnai rambut sendiri, informsi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau mewarnai rambut sendiri tapi tidak tahu caranya, ada tips dan triknya nih yang gampang banget dicoba gaes. 

Ketika mengubah warna rambut bukan hanya memberikan penampilan baru, tapi juga memberikan kepercayaan diri yang lebih tinggi lagi gaes. 

Hanya saja, kamu harus mengetahui cara mewarnai rambut sendiri dengan tepat agar hasilnya tidak berantakan gaes. 

BACA JUGA: Tips Cara Membuat Konten TikTok Masuk FYP, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Nah, buat kamu yang tidak tahu cara mewarnai rambut sendiri, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum tips dan triknya nih gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

Pilih Warna yang Tepat 

Sebelum kamu mulai mewaranai rambut sendiri, pastikan memilih warna yang tepat dan cocok buat kamu ya gaes!  

Pasalnya, warna rambut yang tepat bisa menyanjung wajah dan bahkan memberikan efek contour alami loh. Tapi sebaliknya, jika memilih warna rambut yang salah bisa membuat kulit dan wajah kelihatan kusam atau pucat gaes.

Lakukan Tes Alergi 

Selain itu, penting juga nih melakukan tes alergi sebelum mulai mengecat rambut gaes. Pasalnya, alergi cat rambut bisa menimbulkan rasa terbakar, panas, gatal, bengkak, sesak nafas, bahkan kematian lho. Hal ini biasanya disebabkan oleh kandungan p-Phenylenediamine yang rentan menyebabkan iritasi gaes.

Cara menguji alergi cukup mudah kok, cukup oleskan cat rambut di belakang telinga dan diamkan selama 48 jam. Jika tidak muncul ruam atau kemerahan, artinya kamu tidak mengalami reaksi alergi sehingga aman untuk mengecat rambut gaes.

Gunakan Pakaian Bewarna Gelap 

Dalam proses pewarnaan rambut, pasti ada saja cat rambut yang menetes dan mengotori pakaian. Apalagi kalau sedang menggunakan pakaian yang berwarna terang tentu noda cat akan terlihat jelas gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Meraih Mimpi untuk Hidup Sukses di Usia Muda, Wajib Tahu Gaes!

Untuk menghindari hal itu disarankan untuk memakai baju berwarna gelap atau baju lama. Sehingga jika baju terkena noda cat rambut, kamu tidak perlu pusing menghilangkannya gaes. 

Siapkan Perlengkapan

Langkah pertama sebelum mewarnai rambut adalah memastikan seluruh peralatan sudah tersedia, seperti mangkok atau wadah plastik, kuas rambut, handuk untuk menutupi pundak, beberapa jepit rambut, cermin, dan penutup kuping gaes.

Selain itu, sediakan juga petroleum jelly yang bisa diaplikasikan pada bagian kulit yang akan bersentuhan dengan cat rambut untuk menghindari rasa perih dari bahan kimia gaes.

Pisahkan Rambut

Sebelum mewarnai, pastikan rambut kamu berada dalam kondisi kering dan bersih ya gaes. Sisir rambut hingga rapi. Setelah itu, pisahkan rambut menjadi 3 bagian mulai dari atas, bawah, dan tengah. 

Langkah ini berguna untuk memudahkan kamu membagi rambut saat mewarnainya, sehingga warna rambut bisa lebih merata gaes.

Aplikasikan Cat Rambut 

Ambil sedikit demi sedikit bagian rambut, lalu aplikasikan cat rambut mulai dari akar sampai ujung rambut.

Bagian brush digunakan untuk menyapukan cat rambut, sedangkan sisirnya digunakan untuk meratakan cat rambut ke seluruh batang. Jadi setelah menyapukan cat rambut, kamu bisa menyisirnya agar warnanya merata gaes.

Diamkan 30 menit hingga catnya meresap sempurna dan warnanya berubah menjadi gelap.

Bilas Rambut dengan Air Dingin

Setelah 30 menit, bilas dengan air dingin untuk menutup kutikula rambut yang sudah terbuka selama masa pewarnaan. Agar sisa cat bersih maksimal, keramas dengan shampoo khusus untuk rambut diwarnai gaes. Selain itu, gunakan air dingin untuk membilas rambut sampai bersih.

Keringkan Rambut 

Setelah 30 menit, saat semua proses pewarnaan rambut selesai dan juga sudah membilasnya dengan bersih, maka kamu harus mengeringkan rambut dengan benar gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah Tanpa Kursus, Cek Disini Gaes!

Nah, itu dia gaes tips dan trik mewarnai rambut sendiri yang caranya gampang banget dicoba gaes. Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru tentang tips dan trik lainnya hanya di KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Mewarnai Rambut SendiriTrik Mengecat RambutCara Gampang Mewarnai RambutMewarnai Rambut SendiriTips dan Trik

Share to: