Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Merawat Ikan Hias di Akuarium dengan Benar Gaes

Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Merawat Ikan Hias di Akuarium dengan Benar Gaes

Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Merawat Ikan Hias di Akuarium dengan Benar Gaes

Cara merawat ikan hias di akuarium dengan benar, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang punya ikan hias di akuarium dan tidak tahu cara untuk merawatnya, ada tips dan triknya dengan benar nih yang wajib banget kamu tahu agar tidak cepat mati gaes!

Seperti yang diketahui, sudah menjadi rahasia umum bahwa merawat ikan di akuarium bisa menjadi salah satu alat untuk membuat ruangan rumah lebih cantik. Apalagi jika warna ikannya sesuai dengan ruangan rumah pasti bagus banget gaes.

Bicara soal merawat ikan hias, ternyata caranya nggak semudah yang dibayangkan lho gaes. Pasalnya, ikan merupakan hewan yang cukup peka terhadap beberapa hal seperti makanan yang setiap hari dikonsumsinya, air yang ada di dalam akuarium, sampai ke tingkat keasaman airnya gaes.

Makanya, penting nih buat kamu untuk mengetahui cara merawat ikan hias yang tepat agar tidak cepat mati gaes.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips dan Tutorial Cara Export Chat WhatsApp ke Telegram Gaes

Nah, kali ini Tim KUYOU.id punya beberapa tips dan trik merawat ikan hias di akuarium dengan benar agar tidak cepat mati gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Bikin Akuarium dengan Ventilasi Udara 

Alangkah baiknya untuk tetap memberikan ventilasi udara yang cukup pada tutup akuarium untuk memastikan tetap ada udara dan oksigen keluar masuk ke dalam akuarium gaes.

Kesalahan awal pemula yang ingin memelihara ikan di dalam akuarium adalah menutup rapat-rapat akuariumnya karena khawatir ikan peliharaan mereka loncat keluar. Padahal ini bukanlah hal yang benar untuk merawat ikan hias gaes. 

Pilih Jenis Ikan

Pilihlah jenis ikan yang tepat untuk akuarium yang kamu sediakan gaes. Jenis ikan yang kamu pilih akan mempengaruhi seberapa besar akuarium yang harus dipersiapkan lho!

Perlu diingat nih, beberapa jenis ikan nggak bisa hidup berdampingan dengan jenis ikan lainnya, seperti ikan cupang, dan ikan pedang gaes. 

Ikan cupang bisa hidup berdampingan dengan jenis ikan lainnya. Sedangkan, ikan pedang hanya bisa hidup berdampingan dengan kawanannya sendiri gaes.

Isi Akuarium dengan Air Bersih 

Air adalah elemen utama di dalam akuarium. Seperti yang kita tahu, tanpa air ikan jenis apapun tidak akan bisa hidup gaes. Tapi, perlu diingat bahwa air yang dipakai bukan sembarang air.

Contohnya air PAM dan air ledeng. Kedua jenis air ini punya kandungan kaporit dan klorin yang sebenarnya tidak sehat untuk ikan lho gaes. 

BACA JUGA: Tutorial Edit Video Tracking Kepala ala Urrofi, Gak Ada 5 Menit Gaes

Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu kedua kandungan ini benar-benar tidak ada di air sebelum menambahkannya ke dalam akuariun gaes. 

Rutin Membersihkan Tangki Akuarium 

Menjaga tangki adalah hal utama dalam merawat ikan di akuarium gaes. Karena, tangki yang kotor akan membuat akuarium tidak terlihat cantik dan bahkan bisa membahayakan kehidupan ikan yang ada di dalamnya lho.

Maka dari itu, tutinlah melakukan monitoring pada seluruh bagian akuarium untuk memastikan di dalamnya tetap bersih dan sehat. Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu dan PH tetap stabil pada akuarium gaes.

Hindari Sinar Matahari Langsung 

Pada kolam alami, ikan memang hidup secara langsung di bawah sinar matahari. Namun, kondisi itu berbeda ketika kamu memelihara ikan hias di dalam akuarium gaes.

Pasalnya, sinar matahari akan merusak sedikit ekosistem dalam akuarium yang akan membuat akuarium mudah kotor oleh tumbuhan lumut dan ganggang hijau gaes.

Oleh sebab itu, aturlah tata letak akuarium dengan benar agar sebisa mungkin terhindar dari sinar matahari.

Jangan Beri Makan Berlebihan 

Tips dan trik berikutnya adalah jangan memberi makan ikan hias dengan berlebihan gaes. Aturan yang benar adalah sebaiknya memberi makan ikan hias sedikit demi sedikit terlebih dahulu supaya kamu bisa melihat berapa porsi yang dibutuhkan untuk sekali makannya gaes.

Memberi makan berlebihan bisa berdampak buruk pada ikan karena menyebabkan penyakit gaes. Selain itu,  tindakan seperti ini juga akan membuat akuarium menjadi kotor dan bisa mencemarkan bahan kimia dari makanan ikan berjenis pelet gaes.

Hal ini juga menyebabkan situasi yang kurang diinginkan seperti tumbuhnya alga berlebihan pada akuarium lho!

Isi Batu Zeolite Secukupnya 

Batu Zeolite adalah salah satu batu alam yang memiliki fungsi sangat baik jika digunakan dalam akuarium gaes. 

Pasalnya, batu zeolite memiliki kemampuan untuk menjernihkan air dan mengikat bakteri E. Coli agar lebih sehat untuk ekosistem ikan di akuarium.

Tanpa batu ini, mungkin saja akuarium kamu akan lebih mudah kotor, kadar PH tidak teratur, dan membuat ikan mudah stress yang ujungnya membuat mereka mati lho gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Merawat Gigi Berbehel dengan Benar Agar Tetap Putih, Cek Disini Gaes!

Makanya, disarankan banget nih buat kamu untuk mengisi batu Zeolite secukupnya di dalam akuarium gaes. 

Nah, itu dia tips dan trik merawat ikan hias di akuarium dengan benar agar tidak cepat mati gaes. Jangan sampai ketinggalam informasi tentang tips dan trik lainya hanya di KUYOU.id ya! Semoga membantu~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Merawat Ikan HiasTrik Merawat Ikan Hias di AkuariumCara Merawat Ikan Hias dengan BenarCara Tepat Merawat Ikan HiasTips dan Trik

Share to: