Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Mengatasi Insecure Dijamin Bikin Kamu Percaya Diri Gaes

Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Mengatasi Insecure Dijamin Bikin Kamu Percaya Diri Gaes

Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Mengatasi Insecure Dijamin Bikin Kamu Percaya Diri Gaes

Cara mengatasi insecure yang wajib kamu tahu, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang sering merasa insecure pada diri sendiri, ada tips dan triknya nih yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya gaes.

Insecure merupakan istilah yang digunakan untuk perasaan ketidaknyamanan seseorang terhadap suatu hal dalam berbagai kondisi.

Rasa insecure bisa terjadi kepada siapa saja. Apalagi, adanya media sosial membuat seseorang lebih mudah iri dengan apa yang dimiliki oleh orang lain dan lupa untuk bersyukur gaes.

BACA JUGA: Fakta-fakta Unik SAJAK BAPER TikTok, Parodi Barbie dengan VO yang Keren Abis Gaes

Tapi, jangan biarkan rasa insecure itu tumbuh di dalam diri kamu ya gaes. Karena dengan munculnya perasaan yang tidak nyaman tersebut bisa mengganggu hal apapun ketika menjalani kehidupan sehari-hari.

Nah, untuk mengatasi hal itu, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum tips dan trik cara mengatasi insecure yang dijamin bikin kamu percaya diri gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

Jadilah Sahabat untuk Diri Sendiri 

Saat sedang insecure, tips yang harus kamu lalukan adalah menjadi sahabat untuk diri sendiri gaes. Kamu harus memperbanyak self love, bukan self judging. Selain itu, juga harus bisa menerima kenyataan kalau kamu merasa insecure sambil mencari cara untuk mengatasinya gaes.

Misalnya nih, katakan pada diri sendiri hal-hal baik yang bisa memulihkan kepercayaan diri lagi gaes.

Belajar Bersyukur

Satu hal yang nggak boleh berhenti dipelajari adalah bersyukur gaes. Ketika kamu bisa bersyukur, maka akan lebih mudah untuk menerima diri sendiri. 

Cobalah mengingat kembali kebahagiaan apa saja yang sudah kamu rasakan setiap harinya, hal ini berguna untuk  menjadikan diri lebih bahagia gaes.

Hindari Membandingkan Kehidupan 

Jika dilihat memang kehidupan orang lain sering kali terlihat lebih baik daripada kehidupan diri sendiri. Sehingga hal itu bisa membuat seseorang iri pada kehidupan orang lain.  

Tapi, dengan membandingkan hidup kamu dengan orang lain justru akan membuat jauh dari rasa kebahagiaan lho gaes. 

BACA JUGA: Kisah Kereta Prameks: Gerbong yang Jadi Saksi Bisu Perpisahan Kisah Cinta Jogja-Solo

Percayalah, setiap orang punya kekurangannya masing-masing dan tidak semua kehidupan orang lain jauh lebih baik daripada kehidupan kamu sendiri. Mungkin saja kamu yang tidak melihat sisi buruk dari kehidupan orang lain tersebut. 

Mengubah Pola Pikir

Tips dan trik mengatasi insecure yang berikutnya adalah dengan mengubah pola pikir gaes. Cobalah untuk selalu berpikir positif. Dengan berpikir positif, tentu akan membuat hidup jauh lebih bahagia gaes. 

Lihatlah semua masalah dari sisi baiknya dan belajar menerima sisi negatifnya. Hampir semua masalah sebenarnya timbul dari pikiran kamu sendiri gaes. 

Ketika kamu bisa berpikir secara positif, maka hal-hal positif juga bisa lebih mudah didapatkan gaes.

Meghadiahi Diri Sendiri 

Keberhasilan apapun, baik itu kecil ataupun besar, harus kamu akui dan syukuri gaes. Untuk setiap tujuan yang sudah tercapai, berikanlah hadiah untuk diri sendiri gaes. 

Misalnya nih, fokus pada penghargaan untuk diri sendiri. Hal ini bisa membantu kamu menghilangkan pandangan negatif pada masa yang akan datang gaes.

Dengan menghadiahi diri sendiri kamu akan menyadari bahwa kamu juga bisa melakukan pencapaian-pencapaian baik dalam hidup gaes. 

Tinggalkan Lingkungan Toxic

Sadar atau tidak, teman toxic ada di sekitar kita. Mereka ada di sekeliling kita dan kerap melontarkan komentar-komentar negatif yang membuat kita insecure. 

Memiliki teman toxic tidak bikin kehidupan lebih baik, justru sebaliknya mereka akan membuat seseorang insecure dan overthinking sepanjang waktu gaes.

Jika kamu memerlukan saran dan dukungan, pergilah ke orang-orang yang selalu mendukung dan memberikan komentar positif, konstruktif dan membangunkan rasa percaya diri gaes. Jadi, batasi interaksi dengan teman toxic dan jauhi mereka.

Jangan Terlalu Bergantung pada Orang 

Lebih baik bergantung pada diri sendiri daripada bergantung pada orang lain gaes. Insecurity berkaitan dengan kondisi kejiwaan tertentu, seperti narsistik, kecemasan, paranoid dan juga terlalu bergantung pada orang lain untuk membuat seseorang bahagia gaes.

Pasalnya, insecure akan membuat seseorang merasa takut, khawatir, cemas, meragukan diri sendiri dan merasa tidak berdaya untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

BACA JUGA: Tips Cara Tepat Merawat Tanaman Hias di Masa Pandemi, Harus Tahu Gaes!

Apabila dibiarkan terlalu lama, perasaan insecure akan membuat kita kewalahan dan mudah stress dalam menghadapi tantangan di kehidupan gaes. Jadi, jangan sampai terlalu menggantungkan diri pada orang lainnya ya!

Nah, itu dia tips dan trik mengatasi insecure yang wajib kamu tahu gaes. Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru tentang tips dan trik lainnya hanya di KUYOU.id ya! Semoga bermanfaat~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Mengatasi InsecureTrik Mengatasi InsecureCara Menghilangkan Rasa InsecureTips Menghilangkan InsecureInsecureTips dan Trik

Share to: