8 Tips Cara Aman Berkendara di Musim Hujan, Wajib Tahu Gaes!

8 Tips Cara Aman Berkendara di Musim Hujan, Wajib Tahu Gaes!

8 Tips Cara Aman Berkendara di Musim Hujan, Wajib Tahu Gaes!

Tips aman berkendara di musim hujan (Sumber Foto: Pixabay)


Belakangan ini curah hujan semakin tinggi gaes. Oleh karena itu, buat kamu yang sering keluar rumah menggunakan kendaraan pribadi harus ekstra hati-hati saat berkendara di jalan gaes. 

Pasalnya, kondisi jalan yang licin serta visibilitas yang berkurang kerap menjadi pemicu bertambahnya jumlah kecelakaan pada musim hujan gaes.

Gak cuma dituntut untuk lebih waspada, pengemudi juga wajib melakukan persiapan keamanan khususnya pada mobil yang dimilikinya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara di musim hujan gaes. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Membuat Pasangan Makin Sayang, Dijamin Nempel Terus Gaes!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum 8 tips cara aman berkendara di musim hujan gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Kurangi Kecepatan 

Berkendara di jalanan yang basah dan berair dengan kecepatan tinggi akan memperbesar resiko terjadinya kecelakaan atau aquaplanning yang bisa berakibat fatal gaes. Maka dari itu, kurangilah kecepatan ketika mengemudi di musim hujan ya gaes!

Pasalnya, dengan mengurangi kecepatan kendaraan bisa mengurangi risiko ban kendaraan tergelincir akibat jalan yang licin karena air hujan yang bercampur dengan oli. Sehingga bisa mengurangi resiko kecelakaan gaes.

Selain itu, mengendarai kendaraan dengan kecepatan lebih rendah memastikan semua ban menempel ke jalan dan juga membuat daya cengkram ban lebih kuat gaes. 

Pastikan Lampu Berfungsi Normal 

Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi normal dan menggunakan bohlam standar, baik lampu senja, lampu utama, lampur kabut maupun lampu tanda belok atau lampu sein. 

Saat berkendara kamu harus menyalakan lampu saat kendaraan melintas di hujan deras. Lampu-lampu tersebut bisa menjadi tanda keberadaan kendaraan kamu bagi pengendara jalan lainnya gaes.

Gunakan lampu hazard atau sein kanan-kiri yang berkedip bersamaan jika kendaraan kamu terpaksa berhenti darurat di pinggir jalan gaes.

Jaga Jarak Aman 

Menjaga jarak aman dengan pengendara lain juga penting banget nih saat melakukan perjalanan di musim hujan gaes. Karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

Hal ini dimaksudkan agar kamu memiliki ruang lebih banyak saat menghentikan laju kendaraan untuk menghindari menabrak kendaraan lain gaes.

Periksa Kondisi Ban 

Tips berikutnya adalah memeriksa kondisi ban sebelum melakukan perjalanan saat musim hujan gaes. Kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan kamu melayang di atas air dan tergelincir pada saat hujan gaes. 

BACA JUGA: Tutorial Edit Video Tracking Kepala ala Urrofi, Gak Ada 5 Menit Gaes

Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis. Sebagai tindakan preventif, periksa kondisi ban mobil seminggu sekali ya gaes.

Gunakan Alas Kaki yang Aman 

Menggunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendara juga penting banget nih buat pengendara motor gaes. Selain alas kaki, persiapkan juga jas hujan yang berbentuk baju dan celana. Karena jas hujan lebih aman dibandingkan yang berbentuk ponco.

Jangan Sembarangan Menerobos Air

Tips yang selanjutnya  adalah jangan sembarangan atau langsung menerobos genangan air gaes. Hal ini bisa saja mengakibatkan kendaraan kamu mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan air tersebut.

Jika dipaksakan melewati genangan air yang cukup dalam mungkin saja air bisa terhisap masuk ke dalam mesin lewat saluran udara, sehingga mesin mobil akan mati. Alhasil kamu akan terjebak dijalanan gaes. 

Matikan Mesin saat Banjir 

Selanjutnya adalah matikan mesin saat banjir gaes. Karena jika terjebak banjir, air akan masuk ke dalam saluran pembuangan gas kendaraan kamu dan bisa membuat kendaraan mogok gaes.

Untuk mencegah lah itu, sebaiknya kendaraan didorong ke tempat yang lebih aman, karena dikhawatirkan sistem pengapian mengalami korsleting dan bisa membuat kendaran terbakar gaes.

Gunakan Wiper 

Meski banyak yang sudah mengetahui fungsi wiper di saat hujan, ternyata banyak juga pengemudi yang nggak mau menyalakan wiper ketika keadaan hujan masih gerimis gaes. 

BACA JUGA: Fakta-fakta YouTuber Joe Hardian Kal Sambangi Rumah Sakit Mangkrak Jember Viral, Nantangin Makhluk Halus Gaes!

Padahal, fungsi wiper tetaplah vital untuk membuat kaca depan tetap bisa terlihat jelas sehingga menambah visibilitas pengemudi gaes. Maka dari itu jangan malas-malassan untuk menggunakan wiper ya gaes.

Nah, itu dia tips cara aman berkendara di musim hujan gaes. Jangan sampai ketinggalan info terbaru tentang tips lainnya hanya di KUYOU.id ya! Semoga bermanfaat~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Berkendara Musim HujanCara Aman Berkendara saat HujanTips Aman BerkendaraBerkendara di Musim HujanTips Berkendara dengan Aman

Share to: