Arti Kata FOMO dan JOMO, Ternyata Syndrome Kejiwaan yang Heboh karena CLUBHOUSE Gaes

Arti Kata FOMO dan JOMO, Ternyata Syndrome Kejiwaan yang Heboh karena CLUBHOUSE Gaes

Arti Kata FOMO dan JOMO, Ternyata Syndrome Kejiwaan yang Heboh karena CLUBHOUSE Gaes

Infografis arti kata FoMo dan JoMO. Sindrom kejiwaan yang heboh gara-gara Aplikasi Clubhouse (Foto: Berbagai Sumber)


Apa kamu sudah mencoba aplikasi CLUBHOUSE? Perasaan apa yang kamu rasakan saat CLUBHOUSE kian digemari dan kamu belum mendapat invitation untuk register?

Apakah ada rasa cemas, takut dan khawatir ketinggalan momentum bila tidak tahu apapun soal CLUBHOUSE? Kalau hal itu sampai terjadi, berarti secara enggak sadar kamu terkena sindrom FoMO (Fear of Missing Out).

Dalam Wikipedia, FoMO adalah kecemasan sosial yang berasal dari keyakinan bahwa orang lain mungkin sedang bersenang-senang, sementara yang mengalami kecemasan tidak hadir. Loh kok aneh? Simak lengkapnya dibawah.

BACA JUGA: Ini Dia Perbedaan Arti Kata Wibu, Otaku dan Wota, Wajib Tahu Biar Gak Salah Gaes

Arti dan Makna FOMO dan JOMO

FoMO atau Fear of Missing Out berarti kondisi dimana seseorang merasa gelisah dan takut karena ketinggalan zaman dengan trend-trend yang sedang terjadi.

Hal ini ditandai oleh keinginan untuk terus terhubung dengan apa yang orang lain lakukan dan didefinisikan juga sebagai rasa takut dan penyesalan akan interaksi dan pengalaman sosial baru.

Sementara itu, JoMO adalah singkatan dari Joy of Missing Out, yang artinya kondisi dimana seseorang merasa biasa saja bahkan tak perduli jika dirinya ketinggalan zaman dengan trend-trend yang sedang terjadi.

FOMO dan JOMO ini diketahui merupakan sebuah syndrome jiwa yang bisa menyerang siapa saja. Namun, yang bisa menimbulkan dampak buruk terhadap diri sendiri adalah FOMO gaes.

Fear Of Missing Out pertama kali dikemukaan oleh seorang ilmuwan asal Britania Raya bernama Dr. Andrew K. Przybylski pada tahun 2013, dan sejak saat itu sudah tercantum di kamus Oxford.

Dampak FOMO dan JOMO

Diketahui Syndrome FOMO ini ternyata bisa berdampak buruk untuk diri sendiri dan juga orang lain lho. Hal ini bisa membuat penderita syndrome FOMO mengalami gangguan finansial karena sulit mengendalikan perilaku konsumtif. Dalam pergaulan FOMO bisa membuat hubungan pertemanan menjadi renggang karena sifat saling iri.

Sementara itu untuk JOMO, diketahui jauh lebih baik dan menyenangkan ketimbang FOMO gaes. Hal ini karena seorang yang memiliki sifat JOMO ini tak terganggu dengan adanya trend dan bersikap tak berlebihan saat berhadapan dengan trend yang ada.

BACA JUGA: Arti Kata Open BO yang Viral Jadi Dark Jokes Milenial dan Gen Z, Simak Disini Gaes

Nah itulah arti dan makna kata FOMO dan JOMO serta dampaknya, yang sedang booming di aplikasi CLUBHOUSE gaes.




arti kata fomoarti kata jomofear of missing outjoy of missing outclubhouse bikin fomomakna fomomakna jomo

Share to: