Ini Dia Perbedaan Arti Kata Wibu, Otaku dan Wota, Wajib Tahu Biar Gak Salah Gaes

Ini Dia Perbedaan Arti Kata Wibu, Otaku dan Wota, Wajib Tahu Biar Gak Salah Gaes

Ini Dia Perbedaan Arti Kata Wibu, Otaku dan Wota, Wajib Tahu Biar Gak Salah Gaes

Perbedaan Arti Kata Wibu, Otaku dan Wota dalam ilustrasi foto (Foto: Berbagai Sumber)


Inilah perbedaan arti akta Wibu, Otaku, dan Wota yang wajib banget kalian ketahui. Simak selengkapnya berikut ini gaes. 

Kalian pasti sering kan mendengar istilah atau kata Wibu, Otaku, dan Wota. Istilah ini sering ditemui di kalangan para pecinta anime atau kebudayaan Jepang lainnya. 

BACA JUGA: Ini Arti Kata Nolep, Semongko, Mukbang dan Bahasa yang Lagi Viral 2020 Gaes

Banyak juga nih masyarakat yang melabeli dirinya dengan Otaku atau Wibu. Tapi, tahu gak sih gaes apa perbedaan istilah Wibu, Otaku, dan Wota? Pasti banyak yang belum tahu nih. 

Langsung aja gaes simak perbedaan kata Wibu, Otaku, dan Wota berikut ini gaes. 

1. Arti kata Otaku

Dalam Bahasa Jepang, Otaku ditulis seperti ini,  オタク/おたく. Kata Otaku berarti rumah seseorang. Kata ini berarti obsesi terhadap sesuatu. 

Istilah Otaku ini pertama kali digunakan dalam sebuah esai yang ditulis oleh Akio Nakamori di Manga Burikko pada 1983. Kata atau istilah satu ini sering ditujukan kepada penggemar anime, manga, dan mulai terobsesi hingga di kehidupan sehari-hari mereka. Bisa dikatakan, Otaku dipandang sebagai amaniak akan sesuatu. 

2. Apa sih arti istilah Wibu?

Wibu dalam bahasa Inggris Weeaboo dan dalam bahasa Jepang Wannabe. Istilah ini sering ditujukan kepada mereka yang menyukai budaya Jepang sampai melupakan budayaya sendiri. Mereka kadang suka Budaya Jepang yang ada di anime dan mereka kurang tahu filosofisnya atau sisi gelap Jepang itu sendiri. 

Mereka yang seorang Wibu biasanya sering menggunakan unsur Jepang dalam kehidupan sehari-harinya meskipun masih belum tinggal di Jepang. Misalnya saja, mereka memakai style Jepang atau menggunakan unsur bahasa Jepang. 

BACA JUGA: Nambah Wawasan, Ini 8 Istilah Bisnis yang Muncul dalam Drama Start-Up

3. Ini arti kata Wota

Sementara itu, Wota merupakan penggemar grup idol seperti AKB48, Keyazaka46, Morning Musume, dan masih banyak lagi. Mereka yang menyebut dirinya Wota biasanya sangat setia menonton pertunjukan yang diselenggarakan oleh grup musik tersebut, dari mulai theater mingguan, pemilihan anggota baru, dan masih banyak lagi. 

Nggak berhenti sampai di situ aja, mereka juga rela membeli CD beberapa keping dan memiliki gerakan tari dan chant khusus untuk idola mereka yang disebut Wotagei. 

BACA JUGA: Arti dan Makna Kata Hayukk yang Viral di Twitter, Dipakai Gen Z Gaes

Nah itu dia gaes perbedaan arti kata Otaku, Wibu, dan Wota. Sekarang sudah tahu kan arti kata dan perbedaan istilah ketiganya? Kira-kira, kamu termasuk yang mana nih gaes?




arti kataarti kata Otakuarti kata Wibuarti kata WotaWibudan WotaPerbedaan Wibu Otaku Wota

Share to: