8 Cara Mengatasi Sesak Napas dengan Benar, Anti Panik Gaes!

8 Cara Mengatasi Sesak Napas dengan Benar, Anti Panik Gaes!

8 Cara Mengatasi Sesak Napas dengan Benar, Anti Panik Gaes!

Cara mengatasi sesak napas dengan benar(Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang sering mangalami sesak napas ada caranya nih yang bisa kamu lakukan dengan benar secara alami gaes.

Sesak napas merupakan kondisi dimana kamu mengalami kesulitan untuk bernapas. Kondisi yang tidak nyaman ini membuat paru-paru sulit untuk sepenuhnya menghirup udara gaes.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, sesak napas telah banyak dikaitkan dengan penyakit akibat infeksi Virus Corona tersebut gaes.

Seseorang bisa saja mengalami sesak napas secara tiba-tiba dalam waktu tertentu. Jika sesak napas yang kamu alami bukan disebabkan oleh keadaan darurat medis, kamu bisa mencoba beberapa jenis perawatan rumahan yang efektif membantu meringankan sesak napas gaes.

BACA JUGA: Cara Upload Foto Instagram Pakai iPhone X Lewat Laptop atau PC, Enggak Pake Ribet Gaes

Nah, kali ini Tim KUYOU.id punya 8 cara benar mengatasi sesak napas secara alami anti panik yang bisa kamu lakukan sebagai langkah awal mengatasinya gaes. Penasaran gimana caranya? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Minum Kopi Hitam 

Siapa sangka ternyata minum kopi hitam bisa membantu meredakan sesak napas lho gaes. Pasalnya, kafein yang ada di dalamnya dapat mengurangi ketegangan pada otot-otot di jalan pernafasan gaes.

Namun, kamu juga harus tahu bahwa minum terlalu banyak kopi dapat meningkatkan detak jantung gaes. Jadi, penting banget nih buah kamu selalu memperhatikan asupan kafein saat meminum kopi hitam untuk memastikan bahwa tidak terlalu banyak meminumnya gaes.

2. Mencoba Pernapasan Dalam 

Hal yang bisa dilakukan untuk membantu seseorang mengatasi sesak napas adalah mencoba pernapasan dalam dengan rileks dan nyaman gaes. 

Kamu bisa melakukan aktivitas ini beberapa kali dalam sehari atau setiap kali merasakan sesak napas. Jadi, yang terbaik adalah tetap bernapas dengan perlahan, mudah, dan tidak terlalu cepat ya gaes.

3. Menghirup Uap 

Menghirup uap juga dapat membantu menjaga saluran hidung tetap bersih, sehingga bisa membantu bernapas dengan lebih mudah gaes. 

Panas dan kelembapan dari uap juga bisa memecah lendir di paru-paru yang bisa mengurangi sesak napas secara alami gaes.

Kamu bisa mencobanya dengan cara isi mangkuk dengan air yang sangat panas, lalu tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus. 

Setelah itu, posisikan wajah di atas mangkuk, dan letakkan handuk di atas kepala. Tarik napas dalam-dalam sambil menghirup uapnya, dan kamu akan merasa lebih nyaman gaes. 

4. Makan Jahe 

Jahe sebagai obat alami dari berbagai penyakit, nyatanya bisa juga digunakan untuk meredakan sesak napas secara alami lho gaes. Caranya, kamu bisa menggunakannya dengan cara makan jahe gaes. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat yang Cocok Buat Kamu, Cek Disini Gaes

Makan jahe segar atau menambahkan sedikit ke dalam air panas sebagai minuman bisa membantu mengurangi sesak napas yang terjadi karena infeksi saluran pernapasan gaes.

5. Merubah Gaya Hidup 

Dengan gaya hidup yang sehat pastinya kamu akan memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai penyakit gaes. 

Kamu juga bisa mengubah gaya hidup untuk membantu mencegah dan mengatasi sesak napas gaes. 

Misalnya nih, kamu mulai memakan banyak sayur dan berhenti merokok atau juga dengan menurunkan berat badan  jika kamu mengalami obesitas atau kelebihan berat badan gaes. 

6. Menggunakan Kipas Angin 

Menggunakan kipas genggam untuk meniupkan udara ke hidung dan wajah bisa mengurangi sensasi sesak napas lho gaes. Selin itu juga bisa membuat kamu tidak kegerahan. 

Namun, penggunaan kipas angin ini kemungkinan tidak akan memperbaiki gejala sesak napas yang terjadi karena kondisi medis yang mendasarinya. Tapi bisa sedikit menenangkan pernapasan dengan audara yang diberikan gaes. 

7. Bernapas dari Mulut 

Teknik pernapasan lain yang bisa membantu mengatasi sesak napas adalah pursed lip breathing atau yang dikenal dengan teknik bernapas dari mulut gaes. 

Teknik pernapasan ini dapat membantu mengurangi sesak dengan memperlambat laju pernapasan seseorang dan membantu melepaskan oksigen yang terperangkap di paru-paru.

Kamu bisa mencoba teknik pernapasan ini kapanpun selama merasa sesak napas, dan bisa mengulanginya sepanjang hari sampai merasa lebih baik gaes.

8. Cari Posisi Nyaman 

Posisi yang nyaman dalam kondisi berdiri, duduk, atau berbaring bisa membantu kamu rileks dalam mengatur napas gaes. Sehingga penting banget buat kamu untuk menemukan posisi yang nyaman dalam akivitas apapun yang sedang kamu lakukan. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips Cara Membuat Power Point yang Menarik untuk Menunjang Presentasi Gaes

Jika sesak napas disebabkan oleh kecemasan atau kelelahan, pengobatan ini sangat membantu nih gaes. Selain itu, sangat mudah juga untuk dilakukan. 

Itu dia 8 cara mengatasi sesak napas dengan benar secara alami, anti panik yang bisa dilakukan sebagai langkah awal mengatasi sesak napas gaes. Selamat mencoba~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




cara mengatasi sesak napascara meredakan sesak napassolusi sesak napascara benar mengatasi sesak napascara alami meredakan sesak napas

Share to: