Tutorial Membaca Info Loker biar Kamu Gak Tergocek dan Tertipu Gaes

Tutorial Membaca Info Loker biar Kamu Gak Tergocek dan Tertipu Gaes

Tutorial Membaca Info Loker biar Kamu Gak Tergocek dan Tertipu Gaes

Tutorial dan tips mencari pekerjaan agar gak tertipu dalam ilustrasi gambar (Foto: Pixabay)


Berikut tutorial dan cara membaca informasi lowongan kerja yang baik dan benar. Jangan sampai tertipu ya gaes!

Belakangan ini ada begitu banyak penipuan dengan berbagai macam kedok. Salah satunya adalah dengan menggunakan lowongan pekerjaan yang bikin banyak orang terkecoh.

Apalagi, lowongan kerja palsu yang berniat menipu menyertakan gaji dan juga banyak tunjangan yang menggiurkan. Kamu harus hati-hati ya!

Baca Juga: Rekomendasi Akun TikTok Bermanfaat buat Gen Z, Isinya Edukasi dan Tutorial Bisnis Lho

Jangan mudah percaya dengan lowongan kerja apalagi hanya lewat pesan singkat. Yuk simak tutorial dan cara membawa info loker asli agar tidak tertipu berikut ini.

Perhatikan Deskripsi Pekerjaan 

Sebelum mendaftar sebagai pelamar, kamu harus periksa dengan seksama jenis pekerjaan apa yang akan kamu lamar gaes. Kalau kamu merasa ada yang mengganjal, jangan mudah tertipu.

Lowongan pekerjaan palsu biasanya menuliskan deskripsi pekerjaan yang tidak begitu jelas dan kurang spesifik. Kamu gak bisa melihat jenis pekerjaan apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Bukan cuma kurang jelas, ada juga contoh kasus yang menuliskan deskripsi menyimpang. Apa yang mereka butuhkan, melebihi job desknya.

Gunakan Google Sebelum Melamar

Sebelum yakin melamar atau datang interview, gunakan lah Google untuk melacak perusahaan yang kamu lamar gaes. Cari alamat yang tertera di Google.

Baca Juga: Tutorial Menggunakan Apps CLUBHOUSE Audio, Bakal Lampaui TikTok?

Pasalnya, di Google juga sudah banyak orang yang membongkar kedok info loker palsu berdasarkan alamat gaes. Mereka biasanya mengarahkan kamu ke sebuah ruko berkedok palsu, bukan alamat perusahaan aslinya.

Apalagi kalau sampai mereka meminta sejumlah uang dengan alasan banyak hal seperti biaya travel atau medical check up dokter. Biasanya lowongan pekerjaan gak memungut biaya apapun gaes.

Namun jika kamu gak melihat tanda-tanda penipuan dari nama dan alamat perusahaan, kamu bisa berkonsultasi dengan orang-orang yang lebih berpengalaman.

Tawarkan Gaji, Tunjangan dan Fasilitas yang Menggiurkan

Kamu menerima pesan broadcast di grup tentang lowongan pekerjaan? Jangan asal melamar! Selain perhatikan dua poin yang sebelumnya, kamu juga jangan tergiur dengan gaji besar.

Apalagi kalau posisi yang ditawarkan gak biasanya menerima gaji besar. Biasanya, lowongan pekerjaan palsu menyertakan jumlah gaji diatas rata-rata, menuliskan berapa banyak tunjangan yang akan kamu dapatkan serta fasilitas yang sangat menggiurkan.

Ada baiknya kembali periksa nama perusahaan dan alamatnya di Google ya!

Gunakan Situs Resmi atau Web Perusahaan 

Jika kamu sudah memiliki target perusahaan mana yang ingin dilamar, lebih baik mencarinya sendiri melalui situs web resmi milik perusahaan tersebut gaes.

Kamu bisa pergi ke web resmi perusahaan dan cari bagian "Karier."

Baca Juga: Tutorial Edit Video Tracking Kepala ala Urrofi, Gak Ada 5 Menit Gaes

Selain itu, kamu juga bisa mencari pekerjaan di situs web karier seperti Jobstreet, LinkeId, Kalibrr dan banyak lagi. Situs ini memungkinkan pencari kerja untuk menentukan kriteria pencarian mereka dan hanya menampilkan lowongan kerja yang memenuhi kriteria yang ditentukan.

Nah, itu dia tutorial dan cara membawa info loker asli agar tidak tertipu. Selamat mencari pekerjaan, para Jobseekrs!




Tutorial Membaca Info LokerInfo LokerLoker PalsuCara Cari LokerSitus Web lokerLowongan PekerjaanMemilah Info Loker

Share to: