Biodata Artidjo Alkostar Lengkap Agama dan Umur, Dewas KPK Ahli Hukum yang Meninggal yang Meninggal Dunia 72 Tahun

Biodata Artidjo Alkostar Lengkap Agama dan Umur, Dewas KPK Ahli Hukum yang Meninggal yang Meninggal Dunia 72 Tahun

Foto

Biodata Artidjo Alkostar, Dewas KPK Ahli Hukum yang Meninggal Dunia 72 Tahun dalam Kolase Foto (Foto: berbagai sumber)


Berikut biodata Artidjo Alkostar, Dewas KPK Ahli Hukum yang meninggal dunia di usia 72 tahun. Simak biodata lengkap dengan umur dan agamanya berikut ini. 

Anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar meninggal dunia pada Minggu, 28 Februari 2021. Kabar tersebut idsampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD melalui Twitter. 

"Kita ditinggalkan lagi oleh seorang tokoh penegak hukum yang penuh integritas. Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar yang kini menjabat sebagai salah seorang anggota Dewan Pengawas KPK wafat siang ini," tulis Mahfud MD pada Minggu, 28 Februari 2021. 

BACA JUGA: Biodata Sacred Riana Lengkap Agama, Umur dan Tempat Asal, Magician Wanita yang Disorot karena Kasus Narkoba Ridho Rhoma

Artidjo Alkostar lahir di Situbondo, Jawa Timur pada 22 Mei 1948. Ia dikenal sebagai mantan Hakim Agung yang kerap mendapat sorotan karena keputusan dan pernyataan perbedaan pendapatnya dalam banyak kasus besar. Ia juga dikenal tegas dan sangat berintegritas saat menjalankan tugasnya sebagai mantan Hakim Agung.

Makin penasaran dengan sosoknya? Ini dia biodata Artidjo Alkostar, lengkap dengan umur dan agamanya. 

1. Biodata dan Profil

Nama Lahir: Artidjo Alkostar

Tempat asal: Situbondo, Jawa Timur

Tanggal lahir: 22 Mei 1948

Meninggal: 28 Februari 2021

Umur: 72 tahun

Agama: Islam

Almamater: Universitas Islam Indonesia, Universitas Northwestern

Pekerjaan: Advokat, Hakim, Dosen, Dewas KPK

2. Latar belakang pendidikan

Artidjo Alkostar lulus dari SMA di Asem Bagus, Situbondo. Ia kemudian kuliah di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) pada tahun 1976. 

Ia kemudian mengambil program magister di Universitas Northwestern, Chicago, Amerika Serikat pada tahun 2002. Ia juga menempuh pelatihan Pengacara Hak Asasi Manusia di Universitas Columbia. 

3. Perjalanan karir Artidjo Alkostar

Artidjo Alkostar memulai karirnya pada tahun 1976. Saat itu, ia menjadi dosen di Fakultas Hukum UII Yogyakarta. Pada 1981 ia kemudian menjadi bagian dari lembaga Bantuan Hukum Yogyakarta, tepatnya menjadi wakil direktur (1981-1983) dan direktur (1983-1989).

Artidjo Alkostar juga sempat bekerja di Human Right Watch divisi Asia di New York. Pada tahun 2000 ia kemudian terpilih menjadi Hakim Agung Republik Indonesia. Ia juga diketahui menjadi Dewan Pengawas (Dewas) KPK ahli hukum.

BACA JUGA: Biodata Hans Christian Honsman Lengkap Agama, Umur dan Tinggi Badan, Fakta Unik

4. Dikenal tegas dan berintegritas

Artidjo Alkostar diketahui telah menyelesaikan sebanyak 19.708 berkas perkara di Mahkamah Agung. Sepanjang karirnya, ia juga sering menangani berbagai kasus besar. Seperti diantaranya kasus proyek Pusat Olahraga Hambalang, Suap Impor daging, dan suap ketua Mahkamah Konsititusi (MK)

Ia juga dikenal dikenal tegas dan berintegritas saat menjalankan tugasnya. Keputusan dan pernyataan perbedaan pendapatnya dalam banyak kasus besar selalu menjadi sorotan. Misalnya ia memperberat vonis 4 tahun penjara menjadi 12 tahun penjara kepada politikus Angelina Sondakh untuk kasus korupsi, serta vonis 10 bulan kepada Dokter Ayu untuk kasus malpraktek.

5. Meninggal di usia 72 tahun

Artidjo Alkostar meninggal di usianya yang menginjak angka 72 tahun. Hal itu diungkap oleh Menko Polhukam Mahfud MD lewat Twitter. Meski begitu, ia tak mengungak penyebab meninggalkan mantan Hakim Agung ini. 

BACA JUGA: Ini Tinggi Badan Jeremiah Lakhwani si Aquaman Surabaya, Lengkap Fakta Unik

Nah itu dia biodata dan profil lengkap Artidjo Alkostar, mantan Hakim Agung sekaligus Dewas KPK. Ia meninggal di usianya yang menginjak angka 72 tahun gaes. 




Artidjo AlkostarBiodata Artidjo AlkostarProfil Artidjo AlkostarSosok Artidjo Alkostarmengenal Artidjo Alkostarumur Artidjo AlkostarAgama Artidjo AlkostarPerjalanan Karir Artidjo Alkostar

Share to: