Cerita Dibalik Kesuksesan HokBen, Resto Fast Food Asli Indonesia yang Dikira Dari Jepang, Kamu Tergocek~

Cerita Dibalik Kesuksesan HokBen, Resto Fast Food Asli Indonesia yang Dikira Dari Jepang, Kamu Tergocek~

Cerita Dibalik Kesuksesan HokBen, Resto Fast Food Asli Indonesia yang Dikira Dari Jepang, Kamu Tergocek~

Cerita Dibalik Kesuksesan HokBen kolase Foto (Foto: Instagram @hoben_id)


Siapa sih yang nggak kenal restoran fast food Hoka Hoka Bento atau HokBen. Simak yuk cerita dibalik kesuksesan HokBen.

HokBen memang menyajikan beragam menu yang 'Jepang banget'. Nggak berhenti sampai di situ aja, resto satu ini juga membuat detail restoran yang bernuansa Jepang. 

BACA JUGA: Menimbang Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Musiman, Millenial dan Gen Z Wajib Tahu Gaes

Nggak heran kalau banyak yang mengira kalau Hokben merupakan resto fast food asal Jepang. Padahal Hoka-hoka Bento aka Hokben merupakan resto fastfood asli Indonesia 100 persen. 

Awal mula HokBen berdiri tahun 1985

HokBen didirikan oleh seorang pebisnis bernama Hendra Arifin pada tahun 1985. Saat itu memang belum ada warung makan khas Jepang gaes. 

Dari situlah Hendra tergerak untuk mendirikan cikal bakal Hokben. Hendra yang sebelumnya merupakan karyawan swasta Astra pun memutuskan untuk mengundurkan diri dan mendirikan PT Eka Boganti yang membawahi HokBen. 

Restoran pertama HokBen dibuka di Jalan Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Dengan membawa konsep dan kebiasaan orang kantoran Jepang yang makan siang dalam bentuk nasi kotak disebut bento, Hokben menyediakan layanan take away. 

Hendra kemudian pergi ke Jepang untuk mempelajari sekaligus membeli izin penggunaan merk Hoka-hoka Bento yang kini sudah tak ada lagi di Jepang. Jadi bisa dibilang kalau restoran Hokben ini menjadi 100% asli milik orang Indonesia. 

Mulai berubah konsep menyesuaikan kebiasaan orang Indonesia

Hoka-hoka Bento mulai sedikit merubah konsepnya. Dari yang awalnya hanya take away, jadi menyediakan bangku dan kursi untuk makan. Pasalnya, orang Indonesia lebh suka dan nyaman saat makan di tempat. 

Bisnis restoran satu ini pun mulai berkembang dan buka beberapa cabang di kota-kota besar seperti Bandung pada tahun 1990, Malang, hingga Bali. Untuk menjaga kualitas yang ada, Hoka-hoka bento tak membua sistem waralaba gaes, jadi resto yang ada di berbagai daerah tersebut merupakan cabang asli dari perusahaan. 

Kini, Hokben memiliki lebih dari 150 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Brand satu ini terus berkembang karena terus mengikuti perkembangan dan beradaptasi dengan masyarakat. 

Melakukan rebranding pada tahun 2013

Pada tahun 2013, perusahaan satu ini melakukan rebranding dengan nama HokBen agar lebih mudah dan akrab diucapkan masyarakat Indonesia. Gak cuma itu aja, gerai mereka juga ikut diubah menjadi lebih modern seperti restoran fast food lainnya.  Mereka juga punya maskit bernama Taro yang berbaju biru dan Hanako yang berbaju merah. 

BACA JUGA: Rekomendasi Akun TikTok Bermanfaat buat Gen Z, Isinya Edukasi dan Tutorial Bisnis Lho

Nah itu dia gaes kisah di balik restoran Hoka-Hoka Bento aka HokBen, restoran fast food asli Indonesia yang sering dikira berasal dari Jepang.




HokBenKisah sukses HokBenHoka Hoka BentoCerita di balik HokBenHokBen Resto asli Indonesiakisah perusahaan HokBen

Share to: