Contoh Lengkap Teks Eksplanasi Beserta Pengertian dan Penjelasannya Gaes

Contoh Lengkap Teks Eksplanasi Beserta Pengertian dan Penjelasannya Gaes

Contoh Lengkap Teks Eksplanasi Beserta Pengertian dan Penjelasannya Gaes

Apa itu Teks Eksplanasi? Pengertian dan cara penggunaannya dalam ilustrasi (Foto: Pixabya)


Apa itu Teks Eksplanasi? Kamu pasti pernah bertanya-tanya dengan hal yang satu ini. Yuk simak ulasan dan pengertiannya berikut ini.

Teks eksplanasi merupakan sebuah penjelasan tentang proses sesuatu bekerja atau penjelasan tentang mengapa sesuatu bisa terjadi gaes!

Nah, misalnya kamu ingin menjelaskan sebuah proses dari seperti siklus air, cara kerja mesin uap dan banyak lagi, gunakan lah teks eksplanasi ini ya. Contoh lain; bagaimana hukum dibuat, atau mengapa kita menutup mata saat bersin.

Apa itu Teks Eksplanasi?

Kata Eksplanasi memiliki arti yang sama dengan Explanation dalam bahasa Inggris. Pasti kamu sudah gak asing kan dengan kata tersebut?

Baca Juga: Arti dan Kepanjangan COPET: Comot Dompet, Ini Penjelasannya

Nah, dalam dunia pendidikan bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita pasti selalu bertemu dengan "penjelasan" baik dari guru, teman, orangtua, ataupun diri kita sendiri.

Contohnya, pernah kamu menjelaskan proses hujan kepada teman? Rangkaian kata yang kamu gunakan untuk menjelaskan prosesnya disebut sebagai Teks Eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut beberapa contoh teks eksplanasi yang KUYOU.id rangkum untuk kamu!

Teks eksplanasi menjelaskan tentang 'kenapa' dan 'bagaimana' sesuatu fenomena terjadi. Ini sering ditemukan dalam buku teks sains, geografi, dan sejarah.

Struktur Umum Teks Eksplanasi:

- Pernyataan umum: menyatakan masalah fenomena yang akan dijelaskan.

- Urutan penjelasan: menyatakan serangkaian langkah yang menjelaskan fenomena.

Baca Juga: Arti dan Makna Singkatan IKR yang Sering Dipakai Gen Z, Lengkap Contohnya Nih

Tujuan Teks Eksplanasi:

- Teks eksplanasi menceritakan proses-proses yang berkaitan dengan pembentukan fenomena alam, sosial, ilmiah, dan budaya.

- Untuk menjelaskan bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi.

"Hujan adalah sumber utama air tawar untuk sebagian besar wilayah di dunia, menyediakan kondisi yang sesuai untuk ekosistem yang beragam, serta air untuk pembangkit listrik tenaga air dan irigasi tanaman.

Fenomena hujan sebenarnya adalah lingkaran air. Konsep siklus air melibatkan matahari yang memanaskan air permukaan bumi dan menyebabkan air permukaan menguap. Uap air naik ke atmosfer bumi. Air di atmosfer mendingin dan mengembun menjadi tetesan cair. Tetesan tersebut tumbuh hingga menjadi lebat dan jatuh ke bumi sebagai pengendapan yang dapat berupa hujan atau salju."

Baca Juga: Contoh CV Fresh Graduate yang Gak Bakal Digubris sama HRD, Revisi Dulu Bikin Gini Gaes

Nah, dua paragraf diatas merupakan salah satu contoh teks eksplanasi gaes. Bagaimana? Sudah paham kan apa itu teks eksplanasi.




contoh teks eksplanasipengertian teks eksplanasiApa itu Teks EksplanasiTeks Eksplanasipengertian Teks EksplanasiPenggunaan Teks EksplanasiTeks Eksplanasi Dalam Bahasa Inggris

Share to: