Arti dan Makna Singkatan IKR yang Sering Dipakai Gen Z, Lengkap Contohnya Nih

Arti dan Makna Singkatan IKR yang Sering Dipakai Gen Z, Lengkap Contohnya Nih

Foto
Apa itu IKR, informasi seputar arti kata (Sumber Foto: Pixabay)

IKR adalah bahasa gaul internet populer yang sering terlihat di media sosial dalam teks ataupun obrolan pribadi gaes. 

Saat ini, IKR hanyalah inisialisme internet berguna yang bisa digunakan kalau kamu sangat setuju dengan seseorang, karena IKR dapat membantu seseorang berkomunikasi dengan lebih cepat.

BACA JUGA: Empat Artis Korea yang Menghina Agama, Ada Idola Kamu Gak Nih?

Jika kamu ingin tahu apa artinya, dari mana asalnya, dan bagaimana menggunakannya dalam percakapan, berikut Tim KUYOU.id sudah merangkum arti IKR lengkap dengan contohnya untuk kamu.  

Arti dan Makna IKR

IKR merupakan singkatan dari frasa "I know, right". Frasa ini pertama kali muncul pada awal 1990-an, dan penggunaan pertamanya dalam komunikasi elektronik bisa ditelusuri kembali setidaknya tahun 2004.

Frasa itu sendiri sudah membuat kesal bagi beberapa komentator bahasa. Frasa "Saya tahu", dengan sendirinya, menandakan bahwa kita mengetahui sesuatu yang dikatakan orang lain, atau bahwa kita setuju dengannya gaes. 

BACA JUGA: Arti dan Makna Kata Hayukk yang Viral di Twitter, Dipakai Gen Z Gaes

Menurut beberapa kritikus, menambahkan kata "benar" mengubah kalimat menjadi pertanyaan. Namun, kata "benar" dalam "Saya tahu, benar" sebenarnya hanyalah cara untuk menambahkan penekanan. Menggunakan "bukan" dan bukan "benar" juga bisa berfungsi dengan cara yang sama gaes.

Cara Penggunaan IKR yang Tepat 

Cara menggunakan IKR sedikit berbeda karena itu bisa menunjukkan bahwa kamu sangat setuju atau kamu setuju dengan ketidakpercayaan seseorang. Ini juga dapat menyampaikan perasaan lega bahwa orang lain membagikan perasaan kamu tentang sesuatu hal yang sedang terjadi gaes.

Singkatan IKR banyak digunakan dalam komunikasi informal, terutama online atau melalui SMS gaes. Tidak perlu menulis dengan huruf besar semua, meskipun kamu bisa jika kamu mau. Hal itu tidak ditulis dengan koma antara huruf K dan R.

Contoh Penggunaan IKR 

Menggunakan IKR gampang banget, kamu cukup gunakan kapanpun saat kamu ingin mengatakannya gaes. Gak ada aturan tata bahasa aneh, arti alternatif, atau meme aneh yang perlu dikhawatirkan dengan menggunakan IKR. 

BACA JUGA: Arti dan Makna Insecure yang Viral Diungkap Gen Z, Lengkap Tanda-tandanya Nih

Berikut contoh penggunaan IKR dalam kalimat tepat, misalnya nih saat memuji dengan "kamu terlihat lebih baik dengan rambut pendek. Ikr" yang menyatakan bahwa kamu benar-benar memuji orang tersebut gaes. 

Nah, itulah arti dan makna dari singkatan IKR yang sering dipakai Gen Z, lengkap dengan cara penggunaanya dan contohnya gaes. Semoga bermanfaat~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




IKRApa itu IKRArti IKRIKR AdalahArti KataArti Kata IKRMakna IKRCara Penggunaan IKRContoh IKR

Share to: