Webinar Bogor Youth Forum, Adrian Zakhary Ungkap Kunci Sukses Jadi Pemuda di Era Digital 4.0 Gaes

Webinar Bogor Youth Forum, Adrian Zakhary Ungkap Kunci Sukses Jadi Pemuda di Era Digital 4.0 Gaes

Foto

Adrian Zakhary di Webinar Bogor Youth Forum (Foto: Tangkapan Layar Zoom)


Komisaris milenial PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, Adrian Zakhary bagikan kunci dan kiat sukses pemuda di era digital 4.0 nih gaes!

Hal tersebut dipaparkannya dalam WEBINAR Kepemudaan HUT Bogor Youth Forum 1st Anniversary melalui Zoom pada Sabtu, 27 Maret 2021 malam. 

Adrian Zakhary menyinggung tentang bonus demografi dan sumber daya manusia (SDM) yang tengah produktif saat ini. Baginya, akan ada banyak ledakan populasi dan generasi penerus bangsa.

Baca Juga: Milenial Adrian Zakhary Sebut Bonus Demografi Sebagai Market Ekonomi, Kok Bisa? Simak Nih

Dia berharap agar, generasi Z dan Y yang saat ini tengah produktif bisa menjadi pemimpin bangsa dan meneruskan beberapa tokoh muda yang saat ini ada di kementerian, seperti Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Hidup di Era yang Berbeda

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang pengelompokan generasi berdasarkan tahun lahir. Generasi Milenial atau juga disebut Gen Y adalah mereka yang lahir pada tahun 1981 sampai dengan 1994. Sementara Gen Z adalah mereka yang lahir pada tahun 1995 sampai dengan tahun 2010.

Nah, diantara kedua generasi ini, terlihat begitu jelas perbedaan terutama di bidang teknologi. Orangtua kita yang sebelumnya hanya mengenal pesan singkat atau SMS, kini harus beradaptasi dengan smartphone.

Begitupun dengan para anak muda saat ini. Adrian Zakhary bahkan menyinggung tentang pandemi virus corona yang membawa cukup banyak perubahan dalam kehidupan.

Baca Juga: Bonus Demografi, Adrian Zakhary: Transformasi Digital Jadi Peluang Pembuktian Pemuda

Ketika WFH marak diterapkan oleh sejumlah kantor, siapa yang menyangka bahwa aplikasi Zoom bisa menjadi sepopuler ini. 

"Mungkin di  awal 2020 ini, kita gak pernah membayangkan akan mengenal aplikasi bernama Zoom. Walaupun sempat mau di banned, tapi apapun gak bisa menggantikan (Zoom)," ujar Adrian Zakhary pada Sabtu, 27 Maret 2021 malam. 

Dia menegarkan bahwa kehidupan akan terus berubah dan teknologi akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. 

Hal ini juga membuat kita, generasi apapun, "dipaksa" untuk hidup dengan teknologi yang sama yakni era digital 4.0.

Adrian Zakhary: Adaptasi Adalah kunci

Nah, lalu apa yang harus kita lakukan dengan adanya perkembangan teknologi di era digital 4.0 ini? Adrian Zakhary mengatakan bahwa adaptasi adalah kunci gaes!

Kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dimanapun kita berada dan kemanapun kita ditempatkan.

Perkembangan sosial media juga menyebabkan menjamurnya selebriti-selebriti baru di Tanah Air. Kita sebagai pengguna sosial media memang gak bisa menghindari itu semua gaes.

Namun, hal tersebut bukan berarti kita harus ikut mendalami kejadian-kejadian viral, drama dan sensasi yang dibuat oleh para selebriti-selebriti dunia maya tersebut lho. Kita memiliki hak dan pilihan untuk menghindarinya.

"Pilih lah yang penting. Jangan follow yang unfaedah di sosial media. (Cukup) yang penting tahu, gak usah mendalami."

Dia juga berharap agar pemuda jaman sekarang lebih senang menghabiskan waktu di sosial media dengan cara yang berguna, slah satunya adalah dengan mengikuti forum-forum diskusi.

Baca Juga: Jadi Wakil Ketua IKA UNPAD, Adrian: Milenial dan Gen Z di IKA Unpad Jawaban Bonus Demografi

"Rasa ingin tahu dan rasa ingin belajar itu penting. Ikut-ikut forum dan webinar," lanjutnya.

Pemuda dan Mahasiswa Harus Aktif

Selain adaptasi, menjadi pemuda yang aktif juga merupakan kunci kesuksesan di dunia dengan perkembangan teknologi ini.

Adrian Zakhary mengatakan bahwa menjadi mahasiswa yang aktif semasa perkuliahan dapat membantu mereka untuk pengembangan diri. Belajar dan menjalani bsnis sejak muda juga sangat penting lho gaes!

"Kalian boleh mengikuti satu jurusan studi apapun, tapi pilih lah yang sesuai dengan passion. Fokus dengan apa yang diminat, ikuti juga organisasi kampus. Kalau ada waktu ikuti kerja sampingan atau ikuti forum dan seminar," ungkapnya.




Adrian ZakharyWebinar Adrian ZakharyKomisaris PTPN VIIIBogor Youth ForumPT Perkebunan NusantaraBonus DemografiKunci Pemuda Sukses

Share to: