Fakta-fakta Tukar Uang Rp 75 Ribu 100 Lembar Viral TikTok, Bisa Buat Transaksi?

Fakta-fakta Tukar Uang Rp 75 Ribu 100 Lembar Viral TikTok, Bisa Buat Transaksi?

Fakta-fakta Tukar Uang Rp 75 Ribu 100 Lembar Viral TikTok, Bisa Buat Transaksi?

Fakta-fakta uang Rp 75 ribu bisa buat transaksi (Foto: TikTok.com/@hannah.montbaker)


Baru-baru ini sebuah video yang memperlihatkan penukaran uangan pecahan Rp 75 ribu sebanyak 100 lebar viral di TikTok nih gaes. Pasalanya, si pengunggah video mempertanyakan apakah uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indoensia itu bisa dibuat transaksi atau tidak gaes. 

"Guys mau nanya, uang ini bisa dipakai transaksi kan? Aku random banget ngetuker 100 kembar," kata si pemilik akun bernama @hannah.montbaker dalam video yang diunggahanya pada Kamis 26 Maret 2021. 

BACA JUGA: Fakta-fakta Harry Kane, Pemain Tottenham yang Dijuluki Penyerang Spesial Gaes

Selain itu, si pengunggaah video yang diketahui bernama Hannah ini juga menceritakan kalau dirinya sempat menghubungi ibunya dengan niat ingin memamerkan uang tersebut. Namun, sang ibu mengatakan bahwa uang itu hanyalah souvenir dan nggak isa dipakai buat trasaksi gaes.

"Trus ceritanya aku telpon mama aku buat pamer uang baru terus katanya uang ini hanya untuk souvenir dan ga bisa dipakai transaksi," tambahnya. 

Lantas apakah benar uang Rp 75 ribu itu tidak bisa buat transaksi?  Nah, pasti kamu juga bertanya-tanya kan, daripada penasaran, ini dia fakta-faktanya berasarkan rangkuman dari Tim KUYOU.id berikut ini. 

 

BI Tegaskan Uang Rp 75 Ribu Adalah Alat Transaksi yang Sah

Menurut Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menegaskan uang pecahan Rp 75 ribu bisa dipakai sebagai alat trasaksi jual beli gaes. Pasalnya, uang edisi khusus itu merupakan alat pembayaran yang sah gaes. 

"UPK 45 Tahun RI yang dikeluarkan pada 17 Agustus 2020 lalu merupakan alat pembayaran yang sah (legal tender) di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya. 

BACA JUGA: Fakta dan Profil Iman LasLos, Youtuber Review Kuntilanak yang Viral

Seperti yang diketahui, penerbitan uang Rp 75 ribu yang bertepatan pada HUT RI ke-75 ini merupakan simbol kebangkitan dan optimisme Indonesia dalam menghadapi tantangan, termasuk dampak pandemi COVID19 yang masih melanda sampai saat ini. Makanya gaes, yang tertuang dalam uang Rp 75 ribu ini adalah sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia yang berpegang teguh pada kebinekaan dan menyosong masa depan Indonesia yang gemilang.

Satu KTP Bisa Ditukar 100 Lembar Uang Rp 75 Ribu

Awalnya, saat penerbitan uang Rp 75 itu hanya boleh ditukar dengan menunjukkan satu KTP untu satu lebar saja gaes. Tapi pada 22 Maret 2021, BI menerapkan kebijakan berbeda lho. Pasalnya, BI membuka kesempatan buat masyarakat untuk memiliki sebanyak-banyaknya uang edisi khusus itu dengan syarat satu KTP berlaku untuk penukaran maksimal 100 lembar gaes. 

"Bank Indonesia membuka kesempatan bagi masyarakat memiliki sebanyak-banyaknya uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia dengan penerapan syarat satu KTP berlaku untuk penukaran maksiamal 100 lembar," jelas Erwin. 

Maka dari itu, masyarakat yang pernah melakukan penukaran uang Rp 75 ribu, bisa melakukannya lagi. Erwin juga bilang, masyarakat bisa melakukan pemesanan individu terlebih dahulu lewat laman pintar.bi.go.id dan memilih tanggal penukaran yang sama dengan tanggal pemesanan. 

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat yang mau melakukan penukaran uang agar selalu menjalankan protokol kesehatan yang berlaku. 

"BI mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam rangka mitigasi penyebaran COVID19," kata Erwin mengimbau. 

BACA JUGA: Fakta Dibalik Uang Rp 75 Ribu Nyanyi Ternyata Bukan Keluaran Bank Indonesia, Simak Disini

Nah, itu dia gaes fakta-fakta tukar uang Rp 75 ribu 100 lembar viral TikTok yang ternyata bisa dipakai buat alat transaksi yang sah. Jadi buat yang mau memakai uangnnya buat transaksi jual beli diperbolehkan ya gaes!




uang rp 75 ribu bisa Buat transaksifakta fakta uang rp 75 ribu bisa transaksiuang rp 75 ribu bisa tukar 100 lembaruang rp 75 ribu viral tiktokuang hut rp 75 ribu alat pembayaran sahfakta uang rp 75 ribu

Share to: