Fakta-fakta Kapal Ever Given yang Terjebak di Terusan Suez, Punya Teknologi Canggih Gaes

Fakta-fakta Kapal Ever Given yang Terjebak di Terusan Suez, Punya Teknologi Canggih Gaes

Fakta-fakta Kapal Ever Given yang Terjebak di Terusan Suez, Punya Teknologi Canggih Gaes

Kolase foto kapal Ever Given, informasi seputar fakta-faktanya di KUYOU.id (Foto: Istimewa)


Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai kapal Ever Given yang terjebak di Terusan Suez gaes. 

Diketahui, terjebaknya kapal kontainer ini ternyata menghambat perdagangan Internasional gaes. Pasalnya, kapal ini mengakibatkan berhentinya akses kapal kargo lainnya yang juga melewati kanal Sues sejak Selasa 23 Maret 2021. 

Sebagai informasi aja nih, kanal ini menjadi salah satu jalur yang penting banget di dunia karena menghubungkan Laut Maditerania ke Laut Merah yang juga merupakan jalur pendek munuju Eropa dan Asia tanpa harus melakukan perjalanan lewat Samudera Atlantik, Tanjung Harapan dan menuju Samudera Hindia yang sekarang ini mencakup sekitar sepersepuluh dari angkutan laut di dunia gaes. 

Berdasarkan informasi yang beredar, kapal Ever Given mulai mengapung lagi tadi pagi jam 5.42 waktu Mesir, setelah terjebak selama 6 haru gaes. Oleh karena itu, Kelapa Otoritas Transportasi Terusan Suez Mesir, Letnan Jenderal Osama Rabie mengatakan para pekerjanya menggunakan 'manuver tarik' buat mengapungkan lagi kapal kontener itu gaes. 

BACA JUGA: Fakta-fakta Jurnalrisa Penelusuran Taman Bermain Terbengkalai Bandung Part 2, Makin Mencekam!

Buat kamu yang mau tahu lebih lanjut tentang kapal Ever Given yang terjebak di Terusan Suez ini, yuk simak fakta-faktanya yang sudah dirangkum Tim KUYOU.id dari berbagai sumber berikut ini. 

Dimiliki Jepang dan dioperasikan oleh Taiwan

Kapal Ever Given dirakit pada 25 Desember 2015 oleh Pembuatan Kapal Imabari Jepang tepatnya dimiliki oleh Shoei Kisen Kaisha Ltd gaes. Kapal ini adalah kapal kargo yang membawa ratusan kontainer barang dari seluruh dunia. 

Tapi walaupun Ever Given ini dimiliki oleh Jepang, tapi kapal ini dioperasikan oleh pengiriman terbesar di Taiwan lho, yaitu Evergreen dan terdaftar di Pelabuhan Penama gaes. 

Disebut Megaship karena ukuran dan beratnya besar

Kenapa bisa dikatakan Megashif, karena Ever Given ini punya panjang 400 meter dengan lebar 59 meter atau hampir seperempat mil gaes. Woww!

BACA JUGA: Fakta-Fakta Prilly Latuconsina Bareng Boy William, Ngaku Ingin Pacaran Sama Reza Rahadian Gaes!

 

Gak cuma itu aja, bobot yang dimiliki kapal ini juga nggak main-main lho, yaitu mencapai lebih dari 200.000 ton gaes. 

Makanya, hal ini menunjukan kalau kapal ini 15 kali lebih berat dari Jembatan Brooklyn di New York dan kira-kira lebih berat dari Menara Eiffel di Paris gaes. 

Bahkan mesinnya pun memiliki berat 2.300 ton atau setara 328 gajah Afrika lho. Untuk kapasitasnya sendiri, kapal Ever Given bisa mengangkut 20.124 unit kontainer berukuran 6.096 meter gaes.

Oleh karena itu, Ever Given pun dikategorikan termasuk dalam kapal terbesar di dunia gaes.

Memiliki Torsion Box

Kapan ini juga memiliki  onderdil yang disebut Torsion Box gaes. Torsion Box ini merupakan onderdil pelek yang diperkuat di sekitar tepi kapal dan berfungsi untuk menjaga kontaniner angkutannya yang ada di permukaan kapal tetap kokoh dan kuat gaes. Tak hanya itu, Torsion Box juga berfungsi sebagai koridor yang bisa digunakan kru untuk berjalan di sekitar kapal gaes. 

Memiliki teknologi yang canggih

Selain memiliki Torsion Box, kapal Ever Given juga memiliki teknologi yang canggih lho gaes. 

Hal ini tentunya sudah nggak asing lagi buat kapal kargo yang mengangkut kontainer. Mengingat kompartemen ini memungkinkan pemuatan atau pembongkaran kargo yang mengangkut kontainer, pasir, batu, dan juga balok besi. 

Menimbulkan polusi minim

Kalau diibaratkan seperti negara, kapal Ever Given ini bisa termasuk sebagai negara yang minim polusi karena lebih banyak menghasilkan emisi gas karbon gaes. 

BACA JUGA: Misteri Fakta Masalembo Segitiga Bermuda Indonesia, Lokasi Jatuhnya Pesawat dan Kapal Laut Gaes

Nah, itu dia fakta-fakta tentang kapal Ever Given yang terjebak di Terusan Suez gaes. Dimana salah salah satu kelebihannya adalah memiliki teknologi yang canggih.




Ever GivenKapal Ever GivenKapal Ever Given Terjebak di Terusan SuezFakta fakta Kapal Ever GivenFakta Kapal Ever GivenEver Given Terjebak di Terusan

Share to: