Biografi Lia Eden, Lengkap Umur dan Agama, Penemu Ajaran Salamullah Meninggal Dunia Di Usia 73 Tahun

Biografi Lia Eden, Lengkap Umur dan Agama, Penemu Ajaran Salamullah Meninggal Dunia Di Usia 73 Tahun

Biografi Lia Eden, Lengkap Umur dan Agama, Penemu Ajaran Salamullah Meninggal Dunia Di Usia 73 Tahun

Kolase Foto dan Biografi Lia Eden, Penemu Ajaran Salamullah Meninggal Dunia (Foto: Berbagai sumber)


Berikut biografi Lia Eden, penemu ajaran Salamullah yang meninggal dunia di usianya yang ke 73 tahun pada Jumat, 9 April 2021. 

Kabar meninggalnya Lia Eden pertama kali diketahui dari Instagram Kabar Sejuk (Serikat Jurnalis Untuk Keberagaman) pada Minggu, 11 April 2021. 

Sekedar informasi aja, Lia Eden merupakan perempuan kelahiran 21 Agustus 1947. Perempuan berusia 73 tahun ini diketahui merupakan sosok yang mengaku mendapat wahyu dari malaikat Jibril untuk mendakwahkan aliran kepercayaan baru.

Perempuan bernama lengkap Lia Aminuddin tersebut mendeklarasikan kepercayaan baru bernama Salamullah pada tahun 2000. Kepercayaan atau agama baru ini merupakan penyatuan agama-agama yang ada. 

Untuk mengenalnya lebih lanjut lagi, ini dia biografi Lia Eden, lengkap dengan umur dan agama yang berhasil dirangkum KUYOU buat kamu. 

Profil dan biodata 

-Nama lengkap: Lia Aminuddin

-Nama panggilan: Lia Eden

-Tempat asal: Jakarta

-Tanggal Lahir: 21 Agustus 1947

-Umur: 73 tahun

-Kepercayaan/Agama: salamullah

Meninggal dunia di usia 73 tahun

Lia Eden meninggal dunia pada usianya yang menginjak angka 73 tahun. Lia meninggal pada Jumat, 9 April 2021 lalu. Kabar tersebut diunggah melalui Instagram Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) pada Minggu, 11 April 2021. Namun hingga kini, penyebab meninggalnya Lia belum diketahui secara pasti. 

"Selamat jalan, Lia Eden. Beristirahatlah dalam kemenangan yang mahadamai. Estafet perjuanganmu berlanjut senantiasa: urusan setiap warga dengan Tuhannya tidak bisa dibatasi dan dikurangi oleh negara, apalagi dipenjara," tulis @kabarsejuk dalam Instagramnya. 

Sempat menggegerkan karena mengaku mendapat wahyu Jibril

Kemunculan Lia pada 2005 sempat menggegerkan publik karena mengaku mendapat wahyu Malikat Jibril. Sebenarnya, sepak terjang Lia sudah dimulai sejak tahun 1997. 

Berdasarkan wahyu malaikat Jibril yang ia yakini, Lia berkembang menjadi aliran paranealis atau lintas agama. Ia pun mulai mempelajari beberapa agama seperti Kristen, Islam hingga Hindu. Ia juga melakoni beberapa bagian dair ajaran Buddha. 

Mendeklarasaikan agama salamullah

Pada pertengahan tahun 2000, Lia mendeklarasikan agama atau aliran kepercayaan baru bernama Salamullah. Salamullah sendiri merupakan gabungan dari agama-agama yang ada dan sudah diyakini banyak orang. 

Karena kayakinan barunya tersebut, Lia dan pengikutnya sempat diusir warga Cisarua, Bogor. Ia akhirnya pinda ke Jalan Mahoni. Tepat pada Desember 2005 rumah itu lalu dideklarasikan menjadi Itana Tahta Kerajaan Tuhan sekaligus kilat spiritual dunia. 

Dipenjara atas tuduhan penodaan agama 

Pada tahun 2005, MUI menilai ajaran Salamullah yang disebarkan Lia tak sesuai dan menodai agama. Pasalnya, Lia menyebut dirinya sebagai reinkarnasi Bunda Maria, ia juga menyebut dirinya sebagai Imam Mahdi yang muncul sebelum kiamat. Akibatnya, ia pun dihukum penjara. 

Pada 2008, ia kembali ditangkap dengan tuduhan yang sama dan dipenjara selama 2,5 tahun penjara dan bebas pada 15 April 2011. 

Nah itu dia gaes biografi Lia Eden, penemu kepercayaan Salamullah yang meninggal pada usianya yang 73 tahun. Lia Eden sempat menggegerkan publik karena mengaku mendapat wahyu dari malaikat Jibril hingga mengklaim bahwa dirinya adalah reinkarnasi Bunda Maria.




Lia EdenLia Eden Meninggal DuniaProfil Lia EdenBiografi Lia EdenBiodata Lia EdenUmur Lia EdenAgama Lia EdenSiapa Lia EdenPenemu ajaran Salamullah

Share to: