5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa, Bisa Berdampak Buruk Gaes

5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa, Bisa Berdampak Buruk Gaes

Foto

Kolase Foto 5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa (Berbagai sumber)


Simak nih 5 jenis makanan yang harus dihindari saat puasa Ramadhan. Kalau terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan ini bisa berdampak buruk untuk keluarga lho.

Biar puasa tetap berjalan lancar dan sehat, kamu perlu memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. 

Mengonsumsi makanan gizi seimbang dan lengkap penting dilakukan untuk mendukung daya tahan tubuh yang prima dan menunjang puasamu agar tetap lancar.

Meskipun banyak hidangan enak dan menggugah selera, ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan selama berpuasa. 

Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari selama puasa.

1. Gorengan

Siapa sih yang nggak suka makan gorengan? Mengonsumsi gorengan saat berbuka gak akan jadi masalah, asalkan gak berlebihan. Tapi, cobalah sebisa mungkin kamu batasi konsumsi gorengan, terutama makanan yang digoreng dengan minyak yang sudah dipakai berulang kali. 

Pasalnya, gorengan mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko obesitas dan kolesterol jahat dalam tubuh. Gorengan juga dapat melambatkan pengosongan lambung. Kamu nggak mau kan asam lambung akan naik dan tenggorokan menjadi panas setelah berbuka puasa? 

2. Makanan tinggi gula

'Berbukalah dengan yang manis' itu emang enak dan disarankan gaes. Tapi, cobalah perhatikan porsinya karena bisa meningkatkan resiko obesitas. 

Kalau  kamu ingin mengonsumsi makanan yang manis, cobalah makan buah seperti kurma. Karena kurma mengandung glukosa, sukrosa, fruktosa, kalium, dan serat potasium hingga vitamin A yang baik untuk tubuh. 

kamu juga bisa lho konsumsi aneka ragam jus tapi dengan catatan tak ditambah pemanis lebih ya gaes.

3.Makanan yang Mengandung Gas

Beberapa makanan yang mengandung gas adalah nangka, kol, durian, dan kedondong. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung gula tersebut bisa merangsang peningkatan asam lambung di dalam tubuh lho gaes.

 

Dampaknya, kamu akan rentan mengalami gejala sakit maag seperti kembung, mual, perih, dan nyeri yang bisa mengganggu aktivitas berpuasa. 

4. Makanan Terlalu asam atau pedas

Makanan yang terlalu asam atau pedas bisa memicu maag atau gastritis. Pasalnya, makanan pedas ketika masuk ke saluran pencernaan bisa membuat iritasi pada lapisan lambung. Terlebih lagi jika makanan pedas dikonsumsi dengan makanan asam. 

5. Minuman bersoda

Meskipun nampak menyegarkan, coba hindari minuman bersoda saat berbuka puasa ya gaes. Minuman jenis ini mengandung gelembung udara dengan karbon dioksida yang akan dilepaskan dari cairan ketika mencapai lambung.

Konsumsi minuman ini dapat dapat menyebabkan meningkatnya produksi gas di saluran cerna. Anda pun akan merasa lebih begah, rasa tidak nyaman di perut dan sering bersendawa.

Nah itu dia gaes beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari saat kamu berpuasa. Meski terlihat enak dan menggugah selera, tetap perhatikan ya konsumsi beberapa makanan dan minuman tersebut.




Ramadhan 2021makanan yang harus dihindarimakanan ramadhan 2021Makanan berdampak buruk

Share to: