Jadwal Nuzulul Quran 17 Ramadhan, Ini Amalan dan Doa yang Bisa Kamu Panjatkan

Jadwal Nuzulul Quran 17 Ramadhan, Ini Amalan dan Doa yang Bisa Kamu Panjatkan

Jadwal Nuzulul Quran 17 Ramadhan, Ini Amalan dan Doa yang Bisa Kamu Panjatkan

Ilustrasi orang sedang melakukan amalan dan doa Nuzulul Quran (Foto: Pexels)


Tak terasa bulan Ramdhan 1442 Hijriah sudah memasuki minggu kedua. Salah satu momen yang banyak ditunggu kaum muslim biasanya adalah malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan. Ini dia jadwal Nuzulul Quran 17 Ramadhan dan amalan doa yang bisa kamu panjatkan. 

Malam Nuzulul Quran ini jatuh pada tanggal 29 April 2021. Di malam Nuzulul Quran ini terjadi salah satu peristiwa bersejarah bagi umat muslim. 

Pada malam 17 ramadhan inilah ayat Al-Quran untuk pertama kali menjadi wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW. 

Saat peristiwa ini, Nabi Muhammad SAW sedang berada di dalam Gua Hira. Saat menerima wahyu tersebut, Nabi Muhammad berusia 60 tahun, saat itu malaikat Jibril menghampirinya dan menurunkan wahyu pertama yaitu Surah Al Alaq ayat 1-5.

Surah Al Alaq ayat 1-5 yang diturunkan pada 17 Ramadhan tersebut menjadi momen pengangkatan Muhammad sebagai nabi dan rasul. Hal tersebut juga menandai kelahiran Islam di tanah Arab. 

Sejak saat itulah Nabi Muhammad diwajibkan untuk mendakwahkan Islam, baik secara diam-diam maupun secara terang-terangan.

Untuk memperingati malam Nuzulul Quran, terdapat amalan-amalan baik dan doa yang bisa kamu bacakan. Berikut adalah amalan dan doa untuk Nuzulul Quran.

Amalan Nuzulul Quran

Terdapat tiga cara atau amalan baik yang bisa dilakukan untuk mengisi malam Nuzulul Quran, diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Istiqomah membaca AlQuran.

2. Memperbanyak itikaf yang bisa dilakukan sambil membaca Alquran atau dzikir lainnya. 

3. Perbanyak salat malam dan doa.

Doa yang bisa dipanjatkan di malam Nuzulul Quran

Berikut adalah doa yang selalu dipanjatkan di malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan. 

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til quraan.

Artinya:

"Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Alquran."

Itulah amalan Nuzulul Quran yang bisa dilakukan. Tujuan amalan ini, tentu saja agar kita bisa lebih menghayati betapa sakral dan pentingnya peristiwa turunnya kitab yang menjadi pedoman seumur hidup bagi umat Islam.




Malam Nuzulul QuranNuzulul QuranNuzulul Quran 17 RamadhanKapan Nuzulul QuranJadwal Nuzulul QuranAmalan Nuzulul QuranDoa di malam Nuzulul Quran

Share to: