Sejarah 8 Juni Hari Laut Sedunia Dan Tujuannya!

Sejarah 8 Juni Hari Laut Sedunia Dan Tujuannya!

Sejarah 8 Juni Hari Laut Sedunia Dan Tujuannya!

Hari Laut Sedunia (Foto: ilustrasi Pixabay)


Informasi Sejarah Hari Besar Nasional dan Internasional yang kami sampaikan dalam artikel ini kami kutip dari website yang khusus membahas mengenai Sejarah Hari Besar www.enkosa.com. Selamat membaca!

8 Juni, Hari Laut Sedunia. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang dikelilingi oleh lautan. Dimana luas wilayah laut Indonesia sekitar 96.075,15 km2 . Dengan luas laut itulah dimana Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai  negara kepulauan terbesar di dunia. 

Namun, Indonesia tentu bukan satu-satunya negara yang memiliki wilayah laut yang begitu luas, ada beberapa negara di dunia lainnya yang memiliki wilayah laut yang luas juga walaupun memang tidak seluas Indonesia. 

Dengan wilayah laut yang luas inilah, tidak sedikit masyarakat menggantungkan hidupnya dari hasil laut. Banyak diantaranya masyarakat yang menjadikan laut sebagai sumber mata pencaharian. Terlepas dari itu semua, laut juga merupakan paru-paru bumi yang menyediakan sebagian besar oksigen yang kita hirup. Selain itu, laut juga menjadi sumber utama makanan serta obat-obatan, dan merupakan bagian penting dari biosfer. Mengingat begitu pentingnya peran laut, maka dunia selalu memperingati Hari Laut Sedunia setiap tanggal 8 Juni. 

Sejarah 8 Juni Dijadikan Sebagai Hari Laut Sedunia  

Setiap tanggal 8 Juni hampir seluruh negara di dunia memperingati Hari Laut Sedunia “World Oceans Day”. Hari Laut Sedunia ini merupakan perayaan tahunan yang bertujuan untuk mengingatkan semua masyarakat dunia bahwa laut perlu kita jaga karena merupakan salah satu kekayaan alam yang tidak ternilai harganya. 

Hari Laut Sedunia diperingati setiap 8 Juni, bertepatan sejak pengajuan pertama kalinya pada tahun 1992 yang dilakukan negara Kanada pada Earth Summit di Rio de Janeiro Brasil. Hari peringatan tersebut kemudian di sahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008.

Baca Juga: Deddy Corbuzier dan Faiz Rahman Bongkar Fakta Kapal Selam Pasca Tenggelamnya Nanggala 402 Gaes

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, perayaan Hari Laut Sedunia ini merupakan sebuah perayaan yang didedikasikan untuk menghargai laut-laut yang ada di dunia. Dengan merayakan hari tersebut maka kita telah menghargai setiap hasil laut seperti binatang yang kita jadikan makanan, hewan peliharaan, obat-obatan dan lain sebagainya. 

Peringatan itu juga menjadi salah satu cara untuk meluangkan waktu agar bisa menghargai nilai intrinsik dimana laut menyediakan jalur pelayaran untuk perdagangan internasional. 

Terlepas dari berbagai perayaan peringatan Hari Laut Sedunia yang selalu dirayakan setiap tahunnya oleh hampir semua negara di dunia. Jauh sebelum adanya hari peringatan tersebut, polusi global serta konsumsi ikan yang berlebihan oleh manusia telah membuat populasi ikan berkurang drastis. 

Selain itu ada banyak sekali pembajakan liar, tentu sangat merugikan negara yang memiliki wilayah laut tersebut. Tak hanya itu, ulah-ulah tangan manusia tidak bertanggung jawab menjadi salah satu penyebab biota laut dan terumbu karang menjadi punah serta rusak. Hal ini tentu saja harus menjadi perhatian dunia mengingat laut menjadi sumber kekayaan alam yang sangat melimpah dan tak ternilai harganya. 

Dikarenakan adanya berbagai hal tersebut maka hal itulah yang menjadi alasan Kanada mengajukan konsep tentang Hari Laut Sedunia. Sebelum PBB menetapkan 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia, tentu proses pengajuan dan promosi yang dilakukan cukuplah panjang. Pada tahun 2002 The Ocean Project mulai melakukan promosi serta koordinasi secara global terkait Hari Laut Sedunia. Setahun berlalu tepatnya pada tahun 2003 situs web “WordOceanDay.org” diluncurkan.

Peluncuran ini bertujuan untuk mendukung berbagai kegiatan di seluruh dunia, yang mana pada saat itu sebanyak 25 acara telah dilakukan di 15 negara. Sampai akhirnya PBB menetapkan Hari Laut Sedunia pada  tahun 2008 dengan memilih 8 Juni bertepatan dengan tanggal dimana Kanada mengajukan konsep pada awalnya. 

Tujuan Memperingati Hari Laut Sedunia 8 Juni 

Setelah kita mengetahui bagaimana sejarah dari Hari Laut Sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Juni, sedikit banyaknya kita tentu sudah tahu bagaimana awal mula terbentuknya Hari Laut Sedunia bukan? Nah, lalu apa tujuan memperingati Hari Laut Sedunia? Berikut beberapa tujuannya: 

1. Untuk mengingatkan kita tentang dampak tindakan manusia terhadap lautan. 

2. Sebagai pendorong gerakan masyarakat dunia agar lebih peduli kepada lautan. 

3. Memobilisasi serta menyatukan populasi dunia dalam sebuah proyek untuk pengelolaan lautan dunia secara berkelanjutan.

Nah itulah sejarah 8 Juni, Hari Laut Sedunia dan tujuan kita memperingatinya. Setiap tahunnya berbagai negara mengusung tema yang berbeda-beda dalam memperingati Hari Laut Sedunia ini. Misalnya saja pada tahun 2020, Indonesia mengusung tema “Gender and Oceans”. Di tahun 2021 ini tema apa yang akan diusung? Tentu kita belum tahu dan pastinya kita sudah tidak sabar ingin segera memperingatinya. 

Nah itulah sedikit informasi singkat tentang Hari Laut Sedunia yang belum banyak orang tahu. Dengan mengetahui sejarah ditetapkannya Hari Laut Sedunia setiap 8 Juni diharapkan kita dapat lebih peduli lagi terhadap laut dan selalu menjaganya agar selalu bersih dengan cara tidak membuat sampah atau limbah ke laut ataupun ke sungai.

Baca juga: Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni

Mudah-mudahan dengan informasi di atas dapat menambah wawasan kita dan juga bisa menjadi referensi untuk kita selalu menjaga kebersihan lingkungan dan lautan. Semoga Bermanfaat!




Hari Laut Sedunia8 JuniKapan Hari Laut SeduniaApa Itu Hari Laut SeduniaTujuan Hari Laut SeduniaManfaat Hari Laut SeduniaLaut IndonesiaEnkosaSejarah Hari BesarEnkosa Sejarah Hari Besar

Share to: