Perjalanan Spiritual Dian Sastrowardoyo, Sempat Pelajari Banyak Agama dan Mantap Masuk Islam

Perjalanan Spiritual Dian Sastrowardoyo, Sempat Pelajari Banyak Agama dan Mantap Masuk Islam

Perjalanan Spiritual Dian Sastrowardoyo, Sempat Pelajari Banyak Agama dan Mantap Masuk Islam

Kolase Foto Dian Sastrowardoyo, Aktris Cantik yang ungkap perjalanan spiritualnya (Foto: YouTube Daniel Mananta Network)


Belum lama ini, aktris terkenal Dian Sastrowardoyo mengungkap perjalanan spiritualnya saat diwawancarai Daniel Mananta. Ia mengaku sempat mempelajari banyak agama dan akhirnya mantap masuk Islam. 

Perjalanan spiritual Dian Sastrowardoyo terungkap dalam video YouTube yang diunggah oleh kanal Daniel Mananta Network pada 1 Mei 2021 lalu. Dalam video tersebut, Dian menceritakan bagaimana awal mulanya ia mencari 'sang pencipta'.

BACA JUGA: Foto-foto BTS Dian Sastrowardoyo saat Jadi Sutradara Film, Pengalaman Pertama Lho

Dian menyebut dirinya 'spiritual tourist' karena mempelajari banyak kepercayaan, agama, hingga aliran.

"Gue lumayan pernah jadi spiritual tourist sih. Soalnya gue sempet mempelajari banyak agama, aliran," ungkap Dian. 

Tumbuh di keluarga yang beragam

Dian sendiri tumbuh di dalam keluarga yang penuh keragaman. Ayahnya memeluk agama Buddha. Sementara itu sang Ibu adalah pemeluk taat agama Katolik. 

"Gue dibesarkan kan secara Katolik, nyokap masih Katolik, dan taat banget yang kalo berdoanya kuat banget," kata Dian. 

"Trus bokap, bokap Buddha gitu," tambahnya lagi. 

Mulai mencari tahu dan belajar banyak agama

Pemeran Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta ini pun akhirnya berusaha mencari tahu dan mulai belajar banyak agama. Ia juga diketahui mulai belajar filsafat pada usianya yang menginjak 17 tahun. 

"Gue di umur 17 tuh gue pengen cari gitu. Bersamaan dengan gue tertarik banget sama Filsafat, gue merasa gue pengen punya kebebasan untuk bener-bener nyari and finding, kalo gue tuh apa ya?" kata Dian. 

"Bokap kan dulu sempet nyari tuh dan nemuin di Buddha. Mungkin nggak sih gue juga kayak gitu, atau gue punya cara gue sendiri, jalan sendiri?" tambahnya lagi. 

BACA JUGA: Biodata HERJUNOT ALI Lengkap Agama, Umur, Mantan Pacar dan Fakta Gak Mau Pacaran

Akhirnya mantep masuk Islam

Setelah berusaha mencari dan mempelajari banyak aliran dan agama, Dian akhirnya mantep memutuskan untuk masuk ke Islam. Ia menemukan jalannya di Islam dan didukung oleh orang tuanya, terutama sang Ibu. 

"Dan akhirnya gue ketemunya di Islam. Dan I'm so greatful bahwa nyokap gue punya keterbukaan pikiran yang sangat supportif, tetep 'yang penting kamu taat yah, jangan karena orang'" kata Dian. 

Sebelum menikah, Dian memiliki pencapaian khusus yang harus ia wujudkan, yaitu khatam Al-Quran. Menurutnya, ketika sudah menikah ia tentu akan fokus pada keluarganya bukan lagi ke pencapaian hidup yang belum pernah ia lakukan. Akhirnya ia bisa khatam Al-Quran untuk pertama kali sebelum menikah. 

"Gue pengen ada pencapaian satu hal secara spiritual sebelum gua menikah. Karena kalau gue udah menikah biasanya prioritas hidup akan lo fokusin ke keluarga. Sebelum gue mulai chapter yang itu, gue pengen udah nyampe satu stage dulu nih, walaupun nanti akan mendalami lagi cuma at least udah sampe sini dulu," Kata Dian.

"Gua waktu itu belum pernah khatamin Quran. Jadi, sebelum nikah itu gue khatamin Quran untuk pertama kalinya," tambahnya lagi.

Ungkap keluarga yang penuh toleransi

Dian juga mengungkap bahwa keluarganya memang penuh toleransi. Ibunya misalnya sangat mendukungnya ketika masuk Islam. Ibunya bahkan sempat menangis melihat Dian bisa Khataman Al-Quran. 

Hingga kini, Dian dan ibunya pun tinggal serumah. Toleransi yang tinggi itu nampak sekali terlihat ketika Dian atau Ibunya sedang merayakan hari besar agamanya masing-masing. 

Mereka kerap saling membantu menyiapkan beragam keperluan di hari besar. Misalnya saja saat Dian sedang ada pengajian, ibunya akan membantunya menyiapkan masakan atau makanan. 

Begitu pula saat Ibunya sedang merayakan paskah, Dian membantu ibunya membuat makanan dan lain sebagainya. 

BACA JUGA: 9 Potret Jadul Dian Sastro Jadi Covergirl, Pesonanya Gak Berubah Gaes

Nah itu dia gaes perjalanan spiritual Dian Sastrowardoyo yang sempat mempelajari banyak agama dan aliran. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk masuk Islam.




Dian SastrowardoyoPerjalanan Spiritual Dian SastrowardoyoDian Sastrowardoyo Belajar banyak AgamaDian Sastrowardoyo Masuk IslamAgama Dian SastrowardoyoKeluarga Dian Sastrowardoyo

Share to: