Apa Itu Bipang? Makanan Khas Ambawang yang Dipromosikan Jokowi Sebagai Kuliner Lebaran Hingga Trending Twitter

Apa Itu Bipang? Makanan Khas Ambawang yang Dipromosikan Jokowi Sebagai Kuliner Lebaran Hingga Trending Twitter

Foto

Bipang Makanan Khas Ambawang


Bipang yang merupakan babi panggang adalah makanan khas Ambawang Kalimantan Barat. Bipang Ambawang tercatat juga sebagai usaha kuliner tidak dengan olahan babi saja, namun ada juga yang dijualnya seperti kue bipang yang terbuat dari beras, keripik sayuran dan makanan ringan daging sapi.

BACA JUGA: Fakta Suara Desahan Video Skandal BTR Branz, Diduga Rekaman Video Porno Gaes

Bipang sendiri memang lebih dikenal dengan babi panggang, sehingga membuat heboh ketika Presiden Jokowi menyebutkan Bipang menjadi makanan untuk lebaran.

Bipang juga menjadi viral di media sosial pasca diucapkan Presiden Jokowi. Hingga Sabtu, 8 Mei pada pukul 16.24 WIB pun kata Bipang menduduki trending teratas di Indonesia.

Juru bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman pun ikut memberikan klarifikasi bahwa Bipang adalah kue beras yang dia juga suka.

"ini Bipang atau Bepang atau Jipang, yang saya kenal di kampung saya Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bipang Kalimantan makanan dari beras dengan gula, makanan saya dari kecil hingga sekarang kalau pulang kampung," tulis Fadjroel Rachman.

Video promosi Bipang Ambawang yang dikeluarkan Presiden Jokowi sendiri adalah promosi hari bangga buatan Indonesia yang diunggah akun Kementerian Perdagangan pada 5 Mei 2021.

BACA JUGA: Kolaborasi Tahilalats dan Coldplay Promosikan Lagu Baru Higher Power Gaes

Tak hanya Bipang Ambawang, Jokowi juga menyebutkan berbagai kuliner khas daerah yang bisa mengobati rindu mudik dan bisa dipesan secara online karena Pemerintah pada tahun ini melarang warga untuk mudik. Hal ini dilakukan pemerintah untuk menekan melonjaknya angka positif dan kematian yang disebabkan virus Covid-19.




bipangbipang ambawangbipang ambawang jokowipresiden jokowibipang ambawang presiden jokowibipang ambawang khas kalbarbipang babi panggang

Share to: