Semakin Berkah, Ini 5 Amalan Sebelum dan Sesudah Shalat Idul Fitri yang Bisa Kamu Lakukan

Semakin Berkah, Ini 5 Amalan Sebelum dan Sesudah Shalat Idul Fitri yang Bisa Kamu Lakukan

Semakin Berkah, Ini 5 Amalan Sebelum dan Sesudah Shalat Idul Fitri yang Bisa Kamu Lakukan

Ilustrasi Amalan Sebelum dan Sesudah Shalat Idul Fitri (Foto: Pexels)


Shalat Idul Fitri merupakan sunnah yang bisa dilakukan umat muslim saat Hari Raya Idul Fitri. Simak yuk 5 amalan lain yang bisa dilakukan sebelum dan sesudah Shalat Idul Fitri agar Hari raya Idul Fitri semakin berkah. 

Pemerintah melalui Kementrian Agama telah menetapkan Idul Fitri jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Pada hari itu, umat muslim akan melakukan sholat sunnah Idul Fitri.

Selain melaksanakan sholat sunnah Idul Fitri, umat muslim juga dianjurkan melakukan amalan lain sebelum dan sesudah shalat Idul Firi gaes. Dengan begitu Idul Fitri jadi lebih berkah lagi gaes.

BACA JUGA: Terjebak Lockdown, Krisdayanti Ungkap Lebaran Pertama Tanpa Kehadiran Raul Lemos

Ini dia 5 amalan yang bisa dilakukan sebelum dan sesudah shalat Idul Fitri

1. Mandi dan memotong kuku sebelum sholat ied

Sebelum berangkat sholat idul fitri, kita disunnahkan untuk memotong kuku gaes. Lalu setelah itu kita mandi untuk membersihkan diri dari hadas kecil maupun besar. 

Hal itu juga sesuai dengan hadist riwayat ibnu Majah, Nabi Muhammad SAW bersabda: 

"Dan dari Abdullah bin Abbas Radiyallau Anhuma, ia berkata, Bahwasanya Nabi Sllallahu Alaihi Wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."

2. Memakai wewangian dan pakaian terbaik

Saat berangkat menuju masjid, umat muslim juga disarankan untuk memakai pakaian terbaiknya. Selain itu juga, terdapat sunnah untuk memakai wewangian.

Hal tersebut tertera dalam hadist riwayat Al Hakim dalam Al Mustadrak. 

"Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu 'anhu, bahwa: Rasulullah Shallallu 'alaihi wa sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal dan kami punya."

3. Makan terlebih dahulu sebelum sholat Idul Fitri

Makan sebelum sholat Idul Fitri merupakan sebuah pertanda bahwa ibadan puasa sudah berakhir. Hal itu tertuang dalam hadist riwayat Bukhari berikut. 

"Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fitri hingga beliau memakan beberapa kurma."

BACA JUGA: 8 Masjid Tertua yang Jadi Wisata Religi di Indonesia, Ramai Pengunjung saat Lebaran Gaes

4. Mengumandangkan takbir

Salah satu amalan yang bisa dilakukan umat muslim lainnya adalah mengumandangkan takbir. Biasanya hal ini dilakukan dari malam hingga menjelang pelaksanaan Sholat Idul Fitri.

5. Memperbanyak ibadah

Malam menjelang hari raya Idul Fitri menjadi malam yang begitu spesial. Untuk itulah umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. 

Biasanya umat muslim bisa mengumandangkan takbir dan membaca Al Quran pada malam Idul Fitri. Amalan memperbanyak ibadah pun bisa dilakukan setelah sholat Idul Fitri agar umat muslim terhindar dari dosa.

BACA JUGA: Fakta Unik Ria Ricis Bagikan Hampers Mewah Untuk Karyawan, Ada Buket Uang Sampai Perhiasan Gaes

Nah itu dia gaes 5 amalan yang bisa dilakukan sebelum dan sesudah shalat Idul Fitri biar semakin berkah. Jangan lupa melakukan 5 amalan tersebut ya gaes. 




Amalan Idul FitriShalat Idul FitriAmalan Sebelum Shalat Idul FitriAmalan sesudah shalat Idul FitriBerkah Idul Fitri

Share to: