8 Masjid Tertua yang Jadi Wisata Religi di Indonesia, Ramai Pengunjung saat Lebaran Gaes

8 Masjid Tertua yang Jadi Wisata Religi di Indonesia, Ramai Pengunjung saat Lebaran Gaes

8 Masjid Tertua yang Jadi Wisata Religi di Indonesia, Ramai Pengunjung saat Lebaran Gaes

Masjid Tertua yang Jadi Wisata Religi di Indonesia (Foto: Istimewa)


Berikut ini adalah daftar masjid tertua yang jadi tujuan wisata religi di Indonesia dan selalu ramai pengunjung saat Lebaran gaes.

Tak terasa, kita sekarang sudah dipenghujung bulan Ramadhan, yang artinya puasa Ramadhan akan segera berakhir gaes. Satu bulan penuh kita sudah menahan rasa lapar, haus dan hawa nafsu. Pada akhirya perjuangan ini pun terbayarkan dengan datangnya Hari Raya Idul Fitri

Seluruh umat Muslin di dunia selalu menyambut hari yang fitrah ini dengan penuh suka cita. Bahkan, di Indonesia sendiri masyarakat memiliki beberapa tradisi saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. 

Tapi, karena pandemi COVID19 yang masih belum selesai, tradisi itu terpaksa harus ditunda untuk mengurangi menyebaran virus COVID19 gaes.

Beberapa tradisi itu mulai dari mudik, kumpul bersama sanak keluarga, bersilaturahmi ke tetangga, dan  berziarah ke makan orang tua.

Selain itu, momen Lebaran juga biasanya digunakan untuk wisata religi gaes. Salah satunya adalah dengan berkunjung ke beberapa masjid tertua yang ada di Indonesia.

BACA JUGA: Resep dan Cara Membuat Gulai Nangka, Menu Hidangan Pendamping Ketupat saat Lebaran

Nah, berikut ini adalah beberapa masjid tertua yang jadi tujuan wisata religi di Indonesia dan selalu ramai pengunjung saat lebaran, yang sudah dihimpun oleh Tim KUYOU.id dari berbagai sumber untuk kamu.

1. Masjid Agung Banten

Pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin tahun 1522 awal mula dibangunnya Masjid Agung Banten dan kini menjadi salah satu masjid tertua yang jadi wisata religi di Indonesia gaes.

Sebelum pandemi COVID19, masjid yang terletak di Desa Banten Lama ini selalu ramai pengunjung lho gaes!

2. Masjid Tua Al- Hilal Katangka 

Kedua adalah Masjid Tua Al- Hilal Katangka gaes. Masjid ini dibangun pada tahun 1603 bertepatan pada pemerintahan raja Gowa XIV.

Masjid yang terletak di Katangka, Gowa, Sulawesi Selatan ini merupakan peninggalan Kesultanan Gowa. 

Nama Katangka sendiri berasal dari nama daerah tempat dibangunnya masjid ini dan berasal dari satu jenis pohon gaes.

3. Masjid Tuo Kayu Jao

Masjid Tuo Kayu Jao merupakan masjid tertua di Indonesia yang terletak di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat gaes. 

Masjid ini dibangun pada tahun 1599 dan memiliki gaya arsitektur Minagkabau. 

4. Masjid Mantingan  

Masjid tertua yang jadi wisata religi berikutnya adalah Masjid Mantingan. Masjid Mantingan dibuka pada tahun 1559 Masehi. 

BACA JUGA: Download Sticker WhatsApp Selamat Hari Raya Idul Fitri Lebaran 2021

Masjid yang terletak di desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara ini memiliki gaya arsitektur Tajung campuran dan merupakan masjid yang menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di pesisir utara Pulau Jawa gaes. 

5. Masjid Menara Kudus 

Masjid Menara Kudus juga termasuk salah satu masjid tertua yang menjadi tujuan wisata di Indonesia gaes. 

Masjid ini terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa tengah. Asal tahu saja, kalau masjid ini memiliki gaya arsitektur perpaduan budaya Islam dan Hindu yang menarik. Masjid Menara Kudus dibagun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi.

6. Masjid Agung Demak 

Selanjutnya adalah Masjid Agung Demak nih gaes. Masjid tertua ini dibangun oleh Raden Patah pada tahun 1474.

Masjid yang terletak di Kota Demak ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para wali yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa lho gaes. 

7. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah adalah masjid bersejarah di Kota Banjarmasin. 

Selain itu, masjid ini juga termasuk salah satu masjid kuno atau tertua yang ada di Indonesia dan sering digunakan sebagai wisata religi gaes. 

Masjid Sultan Suriansyah terletak di Kuin Utara, Kota Banjarmasin dan dibangun oleh Sultan Suriansyah pada tahun 1529 dengan gaya arsitektur Banjar.

8. Masjid Sunan Ampel

Masjid tertua yang jadi wisata religi terakhir adalah Masjid Sultan Suriansyah nih gaes. 

Masjid tertua ini dibangun pada tahun 1421 dan berlokasi di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

BACA JUGA: Bacaan Takbiran Pada Malam Idul Fitri, Lengkap dengan Lafal Latin dan Artinya Gaes

Nah, itu dia 8 masjid tertua yang menjadi wisata religi di Indinesia, dimana masjid-masjid ini selalu ramai pengunjung saat lebaran sebelum pandemi COVID19 gaes. 




Masjid Tertua Religi di IndonesiaMasjid Tertua Jadi Wisata di IndonesiaMasjid Tertua di IndonesiaDaftar Masjid Tertua di IndonesiaMasjid Tertua Wisata ReligiMasjid Tertua Ramai Pengunjung LebaranLebaran 2021

Share to: