Survei Pilpres 2024, Ganjar-Erick Thohir Lebih Disukai Ketimbang Ridwan Kamil-Erick Thohir, Ini Datanya Gaes

Survei Pilpres 2024, Ganjar-Erick Thohir Lebih Disukai Ketimbang Ridwan Kamil-Erick Thohir, Ini Datanya Gaes

Foto

Kolase Foto dan Hasil Survei Pilpres 2024, Ganjar-Erick Thohir Lebih Disukai Ketimbang Ridwan Kamil-Erick Thohir (Foto: Berbagai sumber)


Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research akhirnya merilis survei elektabilitas pasangan calon Pilpres 2024 gaes. 

Berdasarkan survei tersebut, pasangan capres cawapres Ganjar Pranowo dan Erick Thohir muncul sebagai kandidat yang dinilai membawa energi dan aroma baru sebagai tokoh yang merakyat dan berprestasi.

Sekedar informasi aja gaes, survei yang dilakukan mulai tanggal 21 hingga 30 Mei 2021 ini mengambil responden sebanyak 1.200 mewakili seluruh provinsi di Indonesia. 

Survei ini dilakukan melalui telepon kepada para responden yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Sementara itu Margin of Eror kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Dalam survei ini, IndEX Research mensimulasikan pasangan capres dan cawapres yang diduga memiliki elektabilitas tinggi. Sebanyak 5 model simulasi dilakukan, dengan memasangkan Capres dengan Erick Thohir. Diantaranya:

- Ganjar Pranowo & Erick Thohir

- Ridwan Kamil & Erick Thohir

- Prabowo Subianto & Erick Thohir

- Anies Baswedan & Erick Thohir

- Sisanya menjawab tidak tahu/tidak jawab

Kelima tokoh tersebut selalu muncul dalam berbagai survei dengan elektabilitas di bawah empat besar dan punya keunggulan masing-masing. 

Pasangan Ganjar Pranowo - Erick Thohir unggul 

Pada simulasi capres yang dipasangkan dengan Erick Thohir, hasilnya menunjukkan bahwa pasangan Ganjar-Erick unggul cukup tinggi, yaitu di angka 37,8 persen. 

Penliti indEX Research, Hendri Kurniawan kepada KUYOU.ID mengungkapkan cukup terkejut dimana dukungan terhadap Ganjar-Erick Thohir lebih tinggi dibandingkan Anies-AHY.

"Cukup mengejutkan, di mana dukungan terhadap Ganjar-Erick lebih tinggi dibandingkan Anies-AHY,” ujar Hendri melalui keterangan yang diterima KUYOU.ID pada 8 Juni 2021.

Menurut Hendri, Erick Thohir memiliki peluang lebih kuat sebagai Cawapres dibandingkan Sandiaga Uno dan Airlangga Hartarto.

Pasangan RK - Erick Thohir

Sementara itu, pada posisi kedua disusul Ridwan Kamil-Erick sebesar 30,3 persen. Sementara itu Prabowo-Erick menunjukkan angka 17,6 persen, dan Anies-Erick 10,6 persen. Serta sisanya tidak tahu/tidak jawab 3,7 persen.

Nah itu dia gaes hasil survei elektabilitas pasangan capres cawapres 2024 yang dilakukan oleh Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research.  Hasil sirvei menunjukkan Ganjar-Erick Thohir lebih disukai ketimbang Ridwan Kamil-Erick Thohir. Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research membagikan hasil risetnya kepada KUYOU ID gaes.




survei Pilpres 2024Hasil survei Pilpres 2024Ridwan Kamil-Erick ThohirGanjar-Erick ThohirGanjar-Erick Thohir DisukaiElektabilitas Ganjar-Erick ThohirElektabilitas Ridwan Kamil-Erick Thohir

Share to: