Jokowi Beri Bantuan Listrik ke Papua Nugini, Adrian Zakhary: Perkuat Posisi Indonesia di Dunia

Jokowi Beri Bantuan Listrik ke Papua Nugini, Adrian Zakhary: Perkuat Posisi Indonesia di Dunia

Jokowi Beri Bantuan Listrik ke Papua Nugini, Adrian Zakhary: Perkuat Posisi Indonesia di Dunia

Adrian Zakhary Tanggapi Presiden Jokowi Beri Bantuan Listrik ke Papua Nugini (Foto: Istimewa)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan PLN untuk menyalakan listrik di Wutung, daerah Papua Nugini yang berbatasan dengan Papua.

Perintah itu diumumkan setelah Jokowi menjamu Perdana Menteri Papua Nugini James Marape, baru-baru ini.

Baca Juga: Jokowi Luncurkan Layanan Perizinan Digital, Adrian Zakhary: Sangat Dibutuhkan Industri Kreatif

"Terkait pembangunan jaringan listrik oleh PLN di perbatasan Skouw-Wutung, dapat saya disampaikan bahwa kerja sama ini dimulai hari ini dan listrik sudah menyala di Wutung pada hari ini," kata Jokowi dalam jumpa pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (15/7).

Jokowi menyatakan Indonesia berkomitmen mendukung pembangunan Papua Nugini dan negara-negara Pasifik. Komitmen itu telah dituangkan ke dalam sejumlah bantuan, seperti membantu renovasi rumah sakit di Port Moresby dan pembangunan fasilitas publik di West Sepik.

Direktur Strategis Pusat Penerangan Politik (Puspenpol), Adrian Zakhary mengapresiasi langkah Presiden Jokowi yang memberikan bantuan listrik ke Papua Nugini. Menurutnya, hal ini bisa memperkuat posisi Indonesia di mata dunia.

"Langkah ini memperkuat posisi Indonesia di mata internasional sebagai negara yang peduli terhadap pembangunan global dan siap membantu negara-negara tetangga untuk mencapai kemajuan bersama. Ini meningkatkan citra Indonesia sebagai mitra yang dapat diandalkan," ungkap Adrian Zakhary.

Secara personal, Adrian juga mengapresiasi Presiden Jokowi, dirinya berharap presiden selanjutnya bisa meneruskan hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara tetangga.

"Inisiatif ini mengukuhkan kepemimpinan Jokowi sebagai presiden yang visioner dan proaktif dalam membangun hubungan internasional yang kuat dan saling menguntungkan. Ini adalah contoh kepemimpinan yang inspiratif dan layak diikuti," ujar Adrian.

Baca Juga: Golkar Sodorkan Kaesang-Jusuf Hamka di Pilgub Jakarta, Adrian Zakhary Ungkap Plus Minus

Sementara itu, James Marape berterima kasih atas berbagai bantuan Indonesia. Dia menyebut Indonesia terus membantu Papua Nugini meskipun sedang dalam keadaan sulit. Dia berterima kasih kepada Jokowi yang membantu pembangunan di perbatasan Papua Nugini, terutama listrik untuk Wutung.




JokowiPapua NuginiJames MarapeBantuan listrik ke Papua NuginiPuspenpolAdrian Zakhary

Share to:



Modal Video 01